Agar Cepat Kontraksi Dan Pembukaan

Agar Cepat Kontraksi Dan Pembukaan




Agar cepat kontraksi dan pembukaan - bukaan atau pembukaan persalinan akan menentukan cepat atau tidaknya proses persalinan. Bukaan tersebut menunjukkan seberapa lebar serviks membuka yg biasanya di hitung sebagai bukaan 1, 2, 3, hingga batas maksimal yakni bukaan 10.

Saat mendekati hari persalinan, bakal ada perubahan fisik yg dialami oleh wanita hamil. Perubahan penting yg dimaksud yaitu menjadi lunak & melebarnya serviks alias mulut rahim yg merupakan respon tubuh di dalam mempersiapkan kelahiran.

Masalahnya, tak semua ibu hamil dikasih kemudahan di dalam proses pembukaan ini. Bahkan di dalam beberapa kasus, tidak jarang menimbulkan stres saat bukaan serviks tidak kunjung tiba ke bukaan maksimalnya. Nah, disinilah mengapa kalian perlu tahu gimana cara mempercepat pembukaan persalinan supaya persalinan lancar.

Pelebaran serviks atau yg disebut pembukaan biasanya diukur dengan menggunakan jari pemeriksa, bukaan 1 berarti ketika bukaan masih 1 sentimeter sehingga hanya satu jari yg bisa masuk, bukaan 2 artinya 2 jari & seterusnya. Itulah hitungan kasarnya, hingga batas maksimal yakni bukaan 10, dimana kepala bayi suda siap 'nongol'.

Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan

Lamanya proses bukaan bervariasi, biasanya untuk wanita yg baru pertama kali melahirkan bukaan itu terjadi lebih lama. Berbeda dengan perempuan yg sudah pernah melahirkan sebelumnya. Kendati demikian, masih ada sejumlah cara yg bisa digunakan agar mempercepat proses pembukaan persalinan tersebut.

Bagaimana Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan

Pertama, kalian harus selalu berkonsultasi sama bidan ataupun dokter sehingga mereka tau prosedur apa yg tepat kalian jalani. Karena setiap persalinan mempunyai keunikan masing-masing & dalam beberapa kasus wanita hamil perlu mempersiapkan diri agar kondisi yg tidak biasa. Itulah kenapa, merencanakan cara mempersingkat pembukaan persalinan lebih awal akan amat membantu ibu hamil pada tahap selanjutnya.

Hal terpenting yang lain, gunakanlah cara alami terlebih dulu. Dengan menggunakan cara alami, serviks akan melebar dengan alami. Daripada menjalani cara mekanis ataupun medis yg tidak luput dari risiko, mulai dari risiko yg terkecil sampai risiko yg mengharuskan dilakukannya operasi caesar.

Hal tersebut sudah dipahami oleh profesional medis, jadinya kebanyakan dokter hanya akan menyarankan ibu hamil agar mempercepat proses pembukaan ataupun induksi persalinan ketika memang benar-benar dibutuhkan.

Berikut cara untuk mempercepat pembukaan persalinan secara alami

1. Sering Berjalan Kaki

Ketika kalian lagi dalam masa tunggu persalinan, maka usahakanalah untuk berjalan kaki sesering mungkin. Gabungan antara gerakan tubuh & gravitasi akan membantu bai turun ke jalan lahir. Bukan hanya itu, tekanan yg diberikan kepala bayi ke serviks bisa membantu mempercepat pembukaan & bahkan penipisan serviks.

Aktivitas itu juga bisa membantu mendorong kontraksi yg selanjutnya akan membantu proses pembukaan. Janganlah pernah berjalan sendiri, mintalah suami ataupun kerabat untuk menemani ketika perjalanan supaya lebih aman.

2. Gunakan Ball Birth

Berolahraga memakai ball birth alias bola melahirkan bisa membantu mengurangi rasa sakit di punggung & membantu mempersiapkan otot tubuh buat proses persalinan.

Bola tersebut bisa membantu mengurangi rasa sakit ketika kontraksi (terutama jika kalian menggunakannya selama sekian bulan sebelum melahirkan), dan juga akan mengurangi nyeri persalinan, mengurangi kecemasan & mempercepat pembukaan persalinan. Tetapi jika kalian merasa pusing ataupun sakit, jangan menggunakan ball birth ini.

Cara menggunakan ball birth sangat mudah yakni dengan duduk ataupun berjongkok di atasnya. Di posisi tersebut otot panggul akan rileks, & leher rahim melebar lebih cepat. Agar kenyamanan & efisiensi maksimal, duduklah diatas bola dengan kaki terbentang, & topang punggung kalian dengan dinding ataupun kursi.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Ada kalanya melakukan olahraga ringan misalnya berjalan dengan jarak dekat, seperti yg disebutkan di atas, dapat membantu mempercepat pembukaan persalinan. Pilihan lainnya ialah latihan naik turun tangga dengan menggunakan langkah panjang & pelan. Kegiatan tersebut akan membantu meregangkan & melebarkan serviks.

Berjalan lebih lebar & lebih lambat dari biasanya akan meningkatkan peregangan serviks, serta mendorong membukaan. Usahakanalah untuk tetap ada yg mengawasi kalian ketika melakukan olahraga ringan tersebut.

4. Mandi Air Hangat

Cobalah mandi dengan memakai air hangat agar membantu merilekskan tubuh & pikiran. Dengan bersikap lebih rileks, kalian bisa mencegah otot tegang yg akan membuat pekerjaan fisik jadi lebih sulit.

Memakai air hangat bisa mengurangi ketegangan dan juga mempercepat pembukaan persalinan atau kontraksi. Kalian bisa juga berbaring ke dalam bath tub air hangat, tetapi pastikan ada yg membantu proses masuk serta keluar dari bath tub ya.

Apabila mau mencari cara lain buat bersantai, cobalah mendengarkan musik yg menenangkan. Kalian bisa juga meminta seseorang agar memberikan pijatan lembut. Cara tersebut juga menghasilkan efek yg sama buat mempercepat pembukaan persalinan.

5. Buang Air Kecil Dengan Teratur

Pastikan untuk buang air kecil dengan teratur. Karena apabila kandung kemih penuh, bisa menghambat kontraksi jadinya akan ada sedikit tekanan di serviks yg bisa memperlambat pembukaan persalinan.

8. Akupresur

Akupresur ini seperti halnya akupunktur tetapi alih-alih menerapkan jarum pada titik tekanan, kalian cukup memberi tekanan dengan menggunakan ibu jari ke titik yg harus ditekan. Kalian hanya butuh memahami sedikit mengenai anatomi & tidak memerlukan latihan khusus agar melakukannya.

Titik tekanan yg paling penting buat pelebaran terletak pada tangan, khususnya sela diantara telunjuk atas ibu jari. Sela tersebut akan terasa sedikit empuk ketika ditekan. Tekan selama 1 menit atau kurang kemudian beristirahatlah selama 2 menit & ulangi kembali sampai dirasa cukup.

9. Memilih Metode Medis

Jika persalianan tidak maju-maju, biasanya dokter menganjurkan agar dilakukannya pemecahan kantung amnion, alias ketuban. Kontraksi yg meningkat bisa terjadi setelah kantung ketuban pecah, sehigga membantu mempercepat bukaan persalinan.

Pertimbangkan jua pilihan lain buat melebarkan serviks, misalnya penggunaan pil, penyisipan balon serviks atau gel pelunakan serviks, seperti yg disarankan dari dokter.

Obat-obatan berikut adalah metode medis yg dianjurkan dokter agar mempercepat persalinan

  • Misoprostol merupakan preparat prostaglandin yg bisa melembutkan leher rahim ketika diletakkan di dalam organ private wanita. Aman, relatif murah, & biasa disarankan oleh dokter.
  • Dinoprostone (preparat prostaglandin juga). Kalian bisa menggunakannya dengan cara di semprotkan ke dalam lubang leher rahim ataupun dimasukkan ke dalam organ private wanita dalam bentuk supositoria.
  • Enzim hyaluronidase. Dapat disuntikkan ke serviks agar membantu melembutkan & melebarkannya. Terkadang digunakan di dalam kasus saat serviks belum matang sama sekali.
  • Kalian juga bisa menanyakan pada dokter tentang kemungkinan pengobatan intravena (infus ataupun suntikan). Seperti paparan sebelumnya bahwa secara alami tubuh akan menghasilkan oksitosin, nah hormon tersebut juga bisa diberikan melalui infus. Tapi, selalu konsultasikan sama dokter tentang hal ini, sebab kadang-kadang bisa menyebabkan efek samping seperti kontraksi rahim yg sangat kuat & tidak terkendali.

10. Memilih Metode Mekanis

Memilih metode mekanis juga bisa dipertimbangkan, misalnya dengan metode kateter foley. Kateter foley yakni selang flesibel dengan balon diujungnya. Dokter akan memasukan kateter ini kedalam serviks & mengisinya dengan cairan, lalu balon membesar & memberikan tekanan terus menerus kepada serviks.

Selain cara itu, ada juga prosedur agar memisahkan selaput/membran ketuban, yg berakibat ke pelepasan prostaglandin & pembukaan serviks yg lebih cepat. Metode ini merupakan cara yg paling umum digunakan agar mempercepat pembukaan persalinan dengan cara mekanis.

Selain itu, diskusilah bersama dokter mengenai Laminaria. Laminaria adalah rumput laut yg dikeringkan & menjadi higroskopik, karena itulah dia akan menarik & menyimpan air. Ketika dokter memasukkan Laminaria kedalam serviks, dia akan menyerap air & menjadi besar. Dengan ukuran yg semakin membesar tersebut akan memberikan tekanan tambahan kepada serviks & tentu saja akan mendorong pembukaan.

Baca juga :
Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami Dan Permanen

Sekian sejumlah cara untuk memercepat pembukaan persalinan, bisa secara alami, medis atau juga mekanis. Selalu komunikasikan bersama keluarga mengenai rencana persalinan yg diinginkan & jangan lupa agar berkonsultasi bersama dokter kandungan ataupun bidan yg akan menanganinya. Semoga lancar, lahir selamat!



Share this: