Beda Baking Soda Dan Baking Powder

Beda Baking Soda Dan Baking Powder




Beda baking soda dan baking powder - Mungkin kalian sudah sering memasak kue & roti, namun belum betul-betul mengenal bedanya fungsi Baking Soda & Baking Powder. Jadi, di artikel ini saya coba mengupas sedikit mengenai perbedaan & peran baking soda & baking powder dalam pembuatan kue & roti. Satu lagi, akan ada sebagian bahan pengembang kue yg akan diulas pada artikel ini.

Dibawah ini adalah sejumlah bahan yg paling sering dipakai untuk membuat kue atau roti, termasuk baking soda & baking powder.

1. Baking Soda / Soda Kue

Adalah komponen baking powder, kandungannya merupakan sodium bicarbonat. Sifat bahan tersebut mengeluarkan gas (CO2) jadinya kue akan mengembang. Dan untuk membuat cake, pemakaiannya biasanya bersamaan dengan baking powder. Dan untuk kue kering, soda kue akan memberikan efek tekstur kering, garing, & renyah. Jika untuk membuat cake, gunakan baking powder saja sebetulnya sudah cukup.

Merk dipasaran yg biasa kalian jumpai adalah Koepoe-Koepoe, Pesawat Angkasa & Arm n Hammer. Ada lagi fungsi lainnya dari baking soda ini, bisa dipakai buat membersihkan kerak di barang-barang alumunium misalnya kitchen sink/tempat cuci piring ataupun untuk mencuci sayuran dan buah. Karena kerak yg terbentuk biasanya akibat penumpukkan sisa makanan & bersifat asam dengan ini baking soda bakal membersihkannya dengan mudah!

2. Baking Powder

Baking powder adalah bahan pengembang (leavening agent), yg terdiri dari campuran sodium alumunium fosfat, sodium bicarbonat & monocalcium fosfat. Sifat zat tersebut apabila bertemu dengan cairan/air & terkena panas akan menciptakan karbondioksida. Karbondioksida inilah yg membuat adonan menjadi mengembang. Untuk efek yg maksimal, gunakanlah double acting baking powder. Baking powder berperan untuk mengembangkan cake atau kue.

Baking powder yg ada di pasaran terdiri atas 2 jenis yakni single-acting baking powder & double-acting baking powder.

SingleActing baking powder diaktifkan oleh cecairan, jadi kalian harus segera memanggang atau mengukus adonan segera selepas bahan-bahan dicampurkan jika memakai jenis baking powder yg ini karena begitu berjumpa dengan adonan akan langsung merespon dengan membentuk gelembung gas.

DoubleActing baking powder bereaksi dalam 2 tahap & bisa betahan untuk beberapa saat, menunggu adonan sampai di panggang atau di kukus. Dengan memakai double-acting baking powder, gas karbondioksida dilepaskan pada suhu ruang saat baking powder ditambahkan ke dalam adonan, tapi sebagian besar gas dilepaskan sesudah suhu adonan meningkat yakni ketika cake kalian panggang atau kukus.

Jadi jika oven atau kukusan kalian terbatas tempatnya sementara kalian harus memanggang ataupun mengukus cake dalam jumlah yg banyak, maka gunakanlah double-acting baking powder supaya kue ataupun roti kalian tetap mengembang dengan baik walau masih banyak antrian loyang yg harus masuk ke dalam oven.

Merk yg biasa kalian jumpai di pasaran untuk single-acting baking powder misal Koepoe-Koepoe, Pesawat Angkasa. Dan untuk merk double-acting baking powder yaitu Hercules.

Catatan:

Kalian bisa mengganti baking soda sama baking powder (tetapi takaran baking powder mesti lebih banyak, dan itu akan mempengaruhi rasa kue atau cake). Tidak sebaliknya, kalian tidak bisa memakai baking soda buat menggantikan baking powder. Baking soda sendiri tidak menggunakan campuran bahan asam jadi tidak akan membuat kue mengembang. Jika kalian tidak mempunyai baking powder di rumah, kalian bisa membuatnya sendiri dengan cara mencampurkan baking soda bersama cream of tartar. Porsinya, dua bagian cream of tartar untuk satu bagian baking soda.

3. Ovalet dan TBM

Ovalet, TBM, & SP adalah merek dagang. Pada dasarnya mempunyai fungsi yg sama, yakni sebagai bahan pelembut ataupun emulsifier di dalam membuat cake, sehingga fungsinya dapat saling menggantikan di dalam adonan cake. Tapi, yg membedakan bahan pengemulsi ini letaknya pada kualitasnya, karena dihasilkan dari perusahaan yg berbeda. Fungsinya sebagai emulsifier jadinya adonan akan lebih lembut. Bila hasil pengocokkan adonan kue dengan menambahkan ovalet ataupun TBM kurang stabil, maka kue yg dihasilkan jadi kurang lembut & kurang maksimal.

 4. SP

Sifatnya melembutkan tekstur kue & membuat adonan lebih menyatuu. Kandungan SP ialah gula ester. Esternya merupakan asam lemak seperti asam steart, palmitik, & oleic. Pemakaian SP lebih direkomendasikan jadi pembuatan kue, karena hasil pengocokkan adonan dapat lebih stabil, jadi hasilnya lebih maksimal.

 5. Cream of TarTar

Krim ini membantu mengeluarkan gas di dalam adonan kue, supaya lebih mengembang. Biasanya dipakai ketika mengocok putih telur supaya lebih kaku. Kandungannya adalah garam potassium (kalium) & asam tartaric.

6. VX

Bahan tambahan makanan yg sifatnya melembutkan iini tidak mengembangkan. Komposisi nya sodium acid picorofosfat, sodium bicarbonat, & sari pati jagung. VX biasanya dipakai untuk mengembangkan adonan cake & melembutkan secara maksimal.

7. Ragi Instan/Biang Donat/Yeast

Adalah 1 bahan dengan nama yg berbeda. Ragi isinya merupakan mahluk hidup golongan khamir, yakni saccaromyces cerevisiae. Mikro organisme bersel satu inilah yg selama proses fermentasi di adonan roti mengubah karbohidrat jadi gas karbondioksida. Zat ini yg membuat adonan roti, donat, ataupun bakpau menjadi mengembang. Hanya bisa dipakai untuk adonan roti, bukan kue, ataupun kue kering. Di jual dengan merek dagang, contohnya Fermipan.

Baca Juga :
Pasangan Sayur Dan Lauk Yang Cocok

8. Bread Improver

Bahan ini ditambahkan ke dalam adonan agar meningkatkan kualitas roti. Roti menjadi lebih lembap, lebih empuk, fermentasi makin singkat, seratnya lebih halus serta memperpanjang daya simpan. Dibuat dari bebagai macam campuran bahan aktif, berupa pelunak gluten, enzim, makanan ragi & emulsifier. Di pasaran di jual dengan salah satu merk dagang Unipan.



Share this: