Cara Menyembuhkan Pilek Dalam Sehari

Cara Menyembuhkan Pilek Dalam Sehari




Cara menyembuhkan pilek dalam sehari - Flu & pilek satu dari beberapa penyakit musiman yg senantiasa mengganggu aktivitas kita. Apalagi pada musim yg tidak menentu saat ini, kadang panas & tiba-tiba hujan yg lebih dikenal dengan musim pancaroba. Bukan hanya itu ketika beraktivitas ke luar banyaknya polusi juga jadi salah satu penyebab yg pada akhirnya kalian bisa terserang flu. Sebab virus & bakteri yg jadi penyebab flu sangat aktif berkembang pada cuaca seperti itu.

Bukan hanya itu flu & pilek juga sangat mudah menular, jadinya apabila orang di sekitar kalian terserang penyakit ini, akan amat rentan bagi kalian untuk tertular, baik lewat sentuhan ataupun udara. Secara tidak sadar kalian akan terkontaminasi flu & batuk walaupun biasanya kalian sudah mencoba buat mencegahnya. Bahkan untuk orang dewasa juga tak akan mudah terhindar dari penyebarannya karena bagi kalian yang mempunyai kekebalan tubuh yg rendah juga akan mudah ditulari.

Maka dari itu penting buat kita mengetahui cara pencegahan & mengatasi flu ataupun pilek, supaya aktivitas kita tetap lancar seperti biasanya. Sebelum mengetahui tips alami menanggulangi flu & pilek, sebaiknya kalian ketahui dahulu penyebab umum kenapa seseorang bisa terserang flu & pilek.

Penyebab Terjadinya Flu ataupun Pilek

1. Perubahan Musim
Seperti yg sudah dibahas secara singkat diatas bahwa umumnya dari flu & pilek yg menyerang seseorang dikarenakan oleh perubahan musim yg terjadi. Biasanya ketika pergantian musim panas menuju ke musim hujan ataupun sebaliknya cuaca berubah-ubah, atau biasa dikenal dengan sebutan pancaroba. Situasi seperti inilah yg bisa memberikan kelemahan untuk tubuh & tidak siap terhadap cuaca yg sedang berlangsung. Tubuh lalu sulit beradaptasi & bisa terserang flu.

2. Debu & bulu binatang
Sebagian orang akan alergii pada benda asing yg memasuki hidungnya. Debu & bulu binatang adalah 2 benda yg sangat sering membuat alergi. Bukan cuma itu, debu & bulu binatang ini bahkan dapat menyebabkan flu karena hidung yg gatal & tak mampu untuk beradaptasi.

3. Kelelehan
Bukan cuma benda dari luar saja yg bisa membuat seseorang terkena flu. Bahkan faktor dari dalam dari diri sendiri juga berpengaruh. Ketika mempunyai banyak aktifitas kalian akan sulit beristirahat & kelelahan. Sehingga faktor ini bisa juga memperngaruhi tubuh kalian mudah terserang flu. Bila ini terjadi sistem imun akan sangat lemah & membuat kalian cepat terserang flu.

4. Minuman dingin
Penyebab inilah satu dari beberapa faktor yg paling sering terjadi. Minumam dingin dapat membangkitkan lender terproduksi & menyebabkan kalian flu. Bukan hanya itu minuman dingin bahkan bisa membuat kalian batuk.

Cara Cepat Mengatasi Flu Dan Pilek

Buah & Sayur

Asupan vitamin & mineral sangat penting ketika keadaan badan sedang tidak bagus. Memakan buah & sayuran merupakan salah satu cara buat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kalian. Ketika sistem kekebalan tubuh baik dengan ini virus flu tidak akan mudah memasuki pertahanannya. Banyak sekali orang gampang terserang flu sebab tidak memperhatikan untuk memberikan asupan vitamin yg terkandung dalam buah & sayur.

Angin Melalui Lubang Hidung

Hidung yg tersumbat adalah sebuah penyiksaan yg terasa tiada akhir ketika flu menyerang. Ada baiknya saat hidung kalian mulai tersumbat, tutuplah 1 lubang hidung & hembuskan angin sekuat-kuatnya dari lubang hidung satunya, & lakukan ini secara bergantian sampai lender yg menyumbat bisa keluar. Tetapi hati-hati saat melakukannya, ya. Hembusan yg sangat kuat akan menyakiti hidung kalian.

Istirahat total

Flu bakal menyerang ketika sistem kekebalan di dalam tubuh melemah, maka dari itu kalian harus mengembalikan sistem kekebalan tubuh kalian dengan beristirahat total. Usahakanalah tubuh kalian tetap hangat dengan memoleskan minyak kayu putih & mengenakan selimut ketika kalian tidur.

Minuman Hangat

Saat flu menyerang, banyak cairan tubuh yg terbuang melalui ingus, ludah, & keringat. Untuk itu, amat disarankan bagi kalian untuk mengonsumsi banyak air. Air yg kalian konsumsi ini ada baiknya bersuhu hangat ataupun sedikit panas sebab cairan hangat bisa mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, serta melegakan tenggorokan yg mengalami radang. Dan juga, uap dari minuman panas bisa membantu mengencerkan lender.

Berkumur

Selain hidung, flu bukan hanya mengganggu tenggorokan. Untuk itu, cobalah kalian berkumur dengan menggunakan air hangat yg dicampur berbagai macam bahan rempah-rempah seperti garam mineral,  kunyit, jahe, cuka apel, atau kencur. Lakukanlah setidaknya 4x sehari, maka tenggorokan akan terasa semakin ringan. Hal ini bukan hanya bermanfaat membersihkan benda asing yg melekat pada mulut yg biasanya berkembang menjadi pemicu flu.

Aroma Mentol

Oleskan minyak kayu putih ataupun balsam yg mengandung menthol didekat lubang hidung. Hal itu akan terasa sedikit panas, tetapi mentol sangat membantu untuk mengobati hidung tersumbat & mencegah iritasi disekitar lubang hidung. Ketika flu hidung membutuhkan kesegaran supaya jalan nafas juga bisa baik. dengan aroma mentol hidung bisa lebih lega.

Terapi Uap

Penguapan adalah salah satu cara tradisional buat mengatasi flu. Masukanlah air panas kedalam baskom, kalungkan handuk menutupi kepala kalian, & tempatkan wajah diatas baskom. Bisa juga mencampurkan bahan rempah yg bisa membantu meringkankan flu misal miyak kayu putih, kunyit atau jahet untuk hasil yg lebih optimal.

Tinggikan Bantal

Saat tidur, posisikan kepala kalian lebih tinggi dari dada agar mengurangi pembentukan lender. Gunakan bantal ganda, & tidur dengan wajah menghadap kelangit-langit. Dengan meninggikan bantal dengan begitu jalan nafas dan tenggorokan akan mudah diproses. Dan juga akan melancarkan aliran darah jadinya bisa menambah kenyamanan kalian ketika berbaring.

Aroma Bawang

Bawang bisa berfungsi sebagai katalis di dalam mengeluarkan cairan & membersihkan hidung. Pegang bawang di bawah lubang hidung & hiruplah aromanya selama kurang lebih 5 menit. Meskipun banyak orang yg menangis ketika mencium aroma bawang hal itu tidak apa-apa. Biarkan kalian mengalirkan air mata untuk dijadikan pencuci benda asing pada mata serta hidung.

Konsumsi Cabai

Capsaicin, satu buah senyawa kimia yg ada di dalam cabai terbukti efektif untuk membantu membersihkan rongga hidung. Saat flu mulai menyerang, cobalah memakan sup dengan taburan lada ataupun makanan yg mengandung cabai.

Baca juga :
Cara Menghilangkan Telur Kutu Di Rambut Panjang

Setelah melihat tips mengatasinya sebaiknya yg kalian harus lakukan ialah dengan mencegahnya. Ingatlah agar mencuci tangan saat makan & aktifitas lainnya. Selain itu pakailah masker di tempat yg banyak debu dan hindari minuman yg dingin. Jangan lupa untuk senantiasa mengkonsumsi multivitamin sebagai penambah kekebalan tubuh kalian terhadap virus.



Share this: