Ciri-Ciri Kelenjar Getah Bening Di Leher

Ciri-Ciri Kelenjar Getah Bening Di Leher




Ciri ciri kelenjar getah bening di leher - Kanker kelenjar getah bening alias limfoma adalah kanker ganas yg berkaitan dengan sistem limfatik yakni sejenis kanker di sistem limfatik yg tumbuh karena mutasi (terjadinya perubahan) sel limfositt (sejenis sel darah putih) yg sebelumnya normal menjadi abnormal & ganas.

Yang dimaksud kanker kelenjar getah bening alias limfoma adalah kanker yg menyerang sel darah putih ataw mutasi sel limfosit (sejenis dari sel darah putih) & mengumpul di dalam kelenjar getah bening di mana sel-sel tersebut cepat berkembang biak & tidak terkontrol, jadinya mengakibatkan sel limposit tersebut berkembang ke berbagai organ di dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, sum-sum tulang, limpa, darah ataupun organ yang lain.

Sistem limfatik adalah bagian penting dari sistem imun & bertugas dalam membentuk pertahanan alamia tubuh untuk melawan infeksi & kanker. Cairan limfatik merupakan cairan putih menyerupai susu yg mengandung protein lemak & limfosit yg semuanya mengalir ke semua tubuh melalui pembuluh limfatik. Ada 2 macam sel limfosit yakni sel B & T. Sel B berperan membantu melindungi fisik melawan bakteri dengan membuat antibody yg memusnahkan bakteri.

Tipe Dari Kanker Kelenjar Getah Bening

Tipe kanker kelenjar getah bening terbagi jadi 2 yakni :

Non Hodgkin Lymphoma (NHL)

Jenis limfoma yg paling banyak diketemukan ialah Limfoma NonHodgkin (LNH). LNH adalah keganasan yg menyebabkan terjadinya perkembangan sel kelenjar getah bening secara tak terkontrol. Kanker ganas yg asalnya dari limfonodus & jaringan limfa lainnya.

Gejala-gejala umum LNH diantaranya ialah diketemukannya benjolan pada leher, ketiak & selangkangan, demam tanpa penyebab, berkeringat pada malam hari, berat badan turun mencolok tanpa penyebab yg jelas & rasa lelah yg terus menerus.
Limfoma jenis ini jauh lebih sering terjadi ke pria apalagi di usia di atas lima puluh tahun. Makin tua usia seseorang makin tinggi risiko terkena limfoma.

Kanker kelenjar getah bening tipe NonHodgkin (NHL) 5x lebih banyak ketimbang kanker kelenjar getah bening type HL. Sekitar 95% dari Kanker klenjar getah bening tipe NHL terjadi ke orang dewasa & 5% kepada anak-anak.

Hodgkin Lymphoma (HL)

Kanker kelenjar getah bening type Hodgkin disebut juga Hodgkin Lymphoma merupakan kanker dari sistem limfatik yg asalnya dari limfosit sel B yg mengalami keganasan & bisa menyebar dari sistem limfatik ke semua tubuh.

Jenis limfoma yg dit andai dengan pembesaran kelenjar getah bening & limpa tanpa diikuti rasa sakit. Kanker ini begitu progresif di beberapa jaringan limfoid & pertumbuhan abnormal sel terbentuk dengan cepat.

Faktor risiko terkena kanker getah bening jenis Hodgkins

Laki-laki atau perempuan usia 15-38 tahun & usia diatas 50 tahun
Memiliki kelainan dalam fungsi system kekebalan seluler tubuh (sel-T) walaupun produksi antibodinya normal

Gejala kanker kelenjar getah bening type Hodgkin (Hodgkin Lymphoma) biasanya menyerupai influenza atau sering tidak bergejala. Ciri-ciri yg sangat khas untuk membantu diagnosa limfoma Hodgkin yakni sifatnya yg menyebar secara terstruktur, dengan pembengkakan yg berkembang dari 1 kelompok kelenjar getah benig ke kelenjar getah bening selanjutnya. Kelenjar getah bening di leher, di bawah lengan, di atas tulang selangka, atau di dada & di atas diafragma mungkin saja terlibat .

Gejala

Secara fisik, tanda ataupun gejala dari penderita limfoma bisa timbul benjolan yg kenyal, tidak terasa nyeri, gampang digerakkan, & tidak ada tanda-tanda radang. Hal itu bisa secepatnya dicurigai sebagai limfonia NonHodgkin. Tapi, tidak semua benjolan yg terjadi di sistem limfatik adalah limfoma. Bisa saja benjolan itu hasil perlawanan keelenjar limfa dengan sejenis virus atau bisa jadi tuberkulosis limfa.

Gejala umum yg dirasakan pengidap kanker kelenjar getah bening ialah

  1. Demam tanpa penyebab
  2. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak ataupun pangkal paha
  3. Batuk-batuk & sesak napas
  4. Selera makan menghilang
  5. Keringat dingin di malam hari
  6. Gatal-gatal
  7. Suhu tubuh yg terus meningkat sampai 38 derahjat celcius
  8. Penurunan berat badan secara mencolok
  9. Rasa lelah yg terus menerus

Kerapkali pengidap tidak menunjukkan gejala khas hanya mempunyai semacam benjolan ataupun pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Karena tak ada keluhan kas banyak pasien baru pengobatan ketika masuk stadium lanjut jadinya sel kanker sudah menyebar & susah diangkat dengan cara operasi.

Tanda mula dari gejala kanker kelenjar getah bening bisa diketahui dengan mudah, gejala dari kanker kelenjar getah bening tersebut ialah sebagai berikut:
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di satu tempat (misal leher atau selangkangan) atau juga di seluruh tubuh
  • Kelenjar membesar dengan perlahan & biasanya tak menyebabkan nyeri.
  • Kadang pembengkakan kelenjar getah bening ditonsil (amandel) menyebabkan masalah menelan.

Pembengkakan kelenjar getah bening jauh didalam dada atau perut dapat menekan berbagai organ & menyebabkan :
  1. Sembelit Berat
  2. Nyeri
  3. Pembengkakan Kaki
  4. Gangguan Pernafasan
  5. Kurangnya Selera Untuk Makan
  6. Nyeri Perut

Gejala Kanker Kelenjar Getah bening untuk anak-anak, mulanya ialah

  • Masuknya sel-sel limfoma kedalam sumsum tulang, kulit, darah, otak, usus & tulang belakang; 'bukan pembesaran kelenjar getah bening'.
  • Masuknya sel limfoma tersebut mengakibatkan anemeia, ruam kulit & gejala neurologis (ketika kelemahan & sensasi yg abnormal).

Biasanya yg membesar ialah kelenjar getah bening didalam, yg menyebabkan:
  • Penyumbatan kelenjar getah bening sampai terjadi penumpukan cairan
  • Pengumpulan cairan disekitar paru-paru sampai timbul sesak nafas
  • Penekanan usus sampai terjadi penurunan nafsu makan atau mual muntah

Penyebab dari penyakit kanker kelenjar getah bening

Penyebab dari penyakit kanker kelenjar getah bening biasanya dikarenakan dari infeksi berbagai organisme yakni bakteri, virus, protozoa, riketsia & jamur. Secara khusus infeksi itu menyebar pada kelenjar getah bening dari infeksi kulit, hidung, telinga atau mata. Penyebab pasti tak diketahui, namun bukti-bukti menunjukan adanya hubungan sama virus yg masih belum bisa dikenali.

Baca Juga :
Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal

Ada 4 kemungkinan penyebabnya yakni
  1. Faktor keturunan,
  2. Infeksi virus ataupun bakteri
  3. Kelainan di sistem kekebalan,
  4. Toksin lingkungan (pengawet, herbisida, pewarna kimia).



Share this: