Kenapa Bayi Menangis Tengah Malam

Kenapa Bayi Menangis Tengah Malam




Kenapa bayi menangis tengah malam - Anak saya saat ini sudah berusia enam belas bulan & di usia tersebut pola tidurnya sudah bisa dikatakan normal. Ya normal dalam artian mengikuti pola tidur orangtuanya. Karena dahulu ketika anak usia dibawah 10 bulan, pola tidurnya kerapkali berubah dan terutama sering terbangun ketika tengah malam.

Bila bayi hanya terbangun ketika tengah malam tentu orangtua tidak perlu khawatir, namun yg terjadi adalah ia bangun tengah malam sambil menangis & susah untuk balik tidur. Belum lagi tangisannya tersebut selalu mengganggu tetangga sebelah rumah & terdengar sampai luar. Ketika menangis tengah malam tidak jarang dia ingin bermain keluar rumah! Sesekali saya coba untuk menggendong & menenangkan namun tidak berhasil.

Saya sempat terpikir sejumlah penyebab bayi menangis & terbangun tengah malam seperti lagi bermimpi buruk atau terkena gangguan makhluk halus karena dahulu hampir setiap hari anak nangis & terbangun tengah malam. Namun meski saya sudah berikan doa-doa tetap saja tidak mempan, dia terus menangis. Hingga akhirnya setelah kini pola tidurnya membaik/normal, saya tahu lima penyebab bayi menangis malam hari & terbangun dari tidurnya dengan alasan yg lebih logis, diantaranya :

  1. Mungkin lagi terkena mimpi buruk bisa dilihat dari raut mukanya yang mengerenyitkan dahi atau alis seperti sedang dikejar sesuatu.
  2. Haus atau lapar.
  3. Suasana tidak nyaman ataupun ruangan tempat tidur berisik yg mengakibatkan tidur bayi jadi terganggu.
  4. Tidak dipeluk / didekap ibu sehingga merasa sendirian atau kesepian.
  5. Tidur terlalu cepat misalnya jika sore hari jam 16.00-17.00 sudah tertidur, kemungkinan besarnya bayi akan terbangun ditengah malam.

Cara Mengatasi Tangisan Bayi di Malam Hari

Meredakan tangisan bayi di malam hari sangatlah berbeda lantaran lebih rewel serta sulit untuk membuat bayi kembali tidur. Berikut dibawah ini beberapa langkah ataupun solusi meredakan tangisan bayi ketika malam hari yg sering istri saya kerjakan :

  • Saat terbangun dari tidur & menangis, sesegera mungkin untuk memeluk bayi & menepuk-nepuk pundak atau daerah paha. Sambil memberikan doa atau nyanyian biasanya akan membuai si bayi & menidurkannya kembali.
  • Mungkin dia haus atau lapar. Sebab bayi kurang dari sepuluh bulan biasanya belum bisa mengisyaratkan keinginannya, cobalah berikan ia makanan seperti roti atau biskuit karena bisa jadi dia lapar. Apabila tidak mempan juga, coba berikan minum barangkali dia haus apalagi kalau bayi tidur di ruangan ber AC, kemungkinan kehausan atau dehidrasi sangatlah besar.
  • Jangan berbicara terlalu keras sehingga membuat berisik di ruang tempat tidur bayi. Keadaan berisik bisa mengganggu tidur bayi yg butuh ketenangan & kenyamanan ketika tidur.
  • Terkadang bayi mau diajak jalan keluar untuk menghirup udara segar walau itu di tengah malam!. Ya mau tidak mau kita ikuti keinginan dia umumnya setelah diajak keluar sebentar, tidak lama dia mau kembali kerumah.

  • Sedapat mungkin coba agar bayi tidurnya malam hari seperti jam 19.00-20.00. Yang dilakukan istri umumnya mengajak anak bermain terlebih dahulu walau anak sudah mengantuk di jam 17.00. Hingga anak merasa sangat kelelahan sekitar jam 20.00 barulah ia tertidur pulas.



Share this: