Penyebab Telat Datang Bulan Selama 2 Bulan

Penyebab Telat Datang Bulan Selama 2 Bulan



Penyebab telat datang bulan selama 2 bulan - Banyak wanita mengira bila datang bulan datang terlambat, mereka kemungkinan besar lagi hamil. Padahal kenyataannya tak semua seperti itu. Ada banyak alasan mengapa datang bulan bisa terlambat, mari simak selengkapnya berikut dibawah ini.

Ketidakseimbangan hormon
Hormon memegang peranan penting di dalam siklus datang bulan wanita. Jika terbentuk ketidakseimbangan, wanita pun cenderung terlambat ataupun bahkan terlalu cepat mengalami datang bulan.

Pengobatan
Alasan lain mengapa datang bulan datang terlambat ialah karena efek dari obat-obatan yg dikonsumsi. Pengobatan tersebut mengakibatkan hormon tidak seimbang & membuat datang bulan datang terlambat.

Hypothyroid
Hypothyroid adalah kondisi keterlambatan haid yg dikarenakan kelenjar tiroid yg tidak memproduksi hormon thyroid dengan cukup. Akhirnya, ia akan menghambat siklus datang bulan wanita.

Olahraga
Wanita yg melakukan aktivitas fisik ataupun berolahraga terlalu berat rata-rata juga bermasalah dengan siklus datang bulannya. Badan yang kelelahan, stres, & tenaga yang terkuras habis membuat datang bulan menjadi datang terlambat.

Pil KB
Tidak jarang pil KB yg dikonsumsi juga membuat datang bulan datangnya terlambat. Wanita perlu berkonsultasi dengan dokter bila tidak ingin kondisi itu berlanjut terus-menerus.

Stres
Stres bisa memberi dampak tidak baik bagi fungsi tubuh. Apapun karena dari stres, hormon ikut terpengaruh & membuat datang bulan wanita datang terhambat.

Terlalu kurus ataupun olahraga berlebihan
Wanita yang terlalu kurus ataupun yang melakukan olahraga berlebihan condong mempunyai siklus datang bulan yang kacau & terlambat. Hal ini dikarenakan akibat tubuh terlalu lelah dan juga stres, dan hormon yang ada di dalam tubuh tak seimbang.

Menyusui
bisa jadi penyebab seorang wanita tak lagi mendapatkan datang bulan. Para perempuan yang terus menyusui hingga lebih dari 1 tahun setelah kelahiran bayinya, cenderung tak rutin mendapatkan datang bulan. Tetapi hal ini bukan berarti kalian tidak bisa hamil selama tidak memperoleh datang bulan.

Salah hitungan
Kebanyakan wanita mempunyai siklus datang bulan 28 hari. Tapi, faktor lingkungan kerapkali membuat siklus datang bulan dapat berubah dengan kisaran 22 hingga 36 hari. Siklus di hitung dari hari pertama datang bulan hingga hari terakhir sebelum datang bulan pada bulan berikutnya. Jadi pastikan hitungan kalian.

Hamil
Ya, haid yang telat datang merupakan salah satu ciri wanita lagi hamil. Untuk memastikan kehamilan itu perlu dilakukan tes, bisa memakai testpack ataupun USG ke dokter kandungan.
Bila memang kalian mengalami keterlambatan haid yg lebih dari 2-3 bulan padahal tak hamil, jangan sepelekan hal tersebut. segera cek kondisi kesehatan kalian pada dokter agar kamu tahu Penyebab Terlambat datang bulan secara pasti, apakah ada penyakit ataukah memang normal saja.

Pituitary tumors
Kelenjar pituitary besarnya sebutir kacang & berada di dalam otak. Fungsinya ialah untuk memproduksi sejumlah jenis hormon. Jika ada tumor yang tumbuh di organ tersebut, maka dia akan menunda datang bulan sampai beberapa waktu lamanya. Pun demikian, kasus tersebut sangat langka terjadi. Dan diperlukan operasi otak bila memang menyerang wanita.

Polycystic ovary syndrome
Keadaan terhentinya datang bulan ini juga dikenal dengan sebutan Polycystic ovary syndrome. Sebuah keadaan dimana tubuh memproduksi hormon estrogen & androgen secara berlebihan, alhasil proses ovulasi gagal terjadi.

Demikianlah berbagai alasan mengapa wanita terlambat datang bulan, selain karena hamil.


Share this: