Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah Tanda Hamil

Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah Tanda Hamil



sakit perut sebelah kanan bawah tanda hamil sakit perut sebelah kanan bawah apakah tanda hamil perut sebelah kanan atas sakit tanda hamil

Sakit perut sebelah kanan bawah tanda hamil - Hampir setiap ibu memiliki beberapa keluhan ketika kehamilan, termasuk sakit perut bawah. Sakit perut merupakan hal yang lumrah terjadi untuk ibu hamil baik diawal kehamilan ataupun dibulan-bulan terakhir sebelum persalinan. Ada sejumlah faktor munculnya sakit perut bawah ketika kehamilan berlangusng. Kenali gejala & penyebabnya sehingga kalian akan dapat menemui solusi untuk mengurangi rasa sakit & mengobatinya.

Sakit perut bawah yang normal & tidak berbahaya untuk ibu hamil serta janinnya ialah sakit perut yang tidak diikuti oleh flek, pendarahan atau keluarnya air ketuban. Ketika masa awal kehamilan, sakit perut yg dirasakan mirip dengan masa menjelang haid;  sakit, sedikit pegal & berat. Meningkatnya hormon progresteron & relaxin menjadi penyebab utama sakit di perut bawah ini, sehingga tulang disekitar rahim merenggang & menimbulkan rasa sakit.

Saat kehamilan makin membesar, sakit perut bawah masih kemungkinan terjadi & bahkan nyerinya akan semakin bertambah. Hal tersebut karena ligamentum dimana rahim menggantung yg semakin melar & tertarik. Selain itu, sakit perut bawah juga bisa dikarenakan oleh tekanan rahim yg semakin membesar di kandung kemih. Sakit perut ini selalu dibarengi dengan keluhan anyang-anyangan, nyeri yg terasa sampai ke punggung, atau bahkan kontraksi. Saat bayi semakin membesar, sakit perut bawah ini juga mungkin terjadi karena tendangan atau sundulan kepalanya hingga terjadi kontraksi tetapi tidak berbahaya.

Sakit perut di bawah yang tidak normal & berbahaya
satu contoh sakit perut bawah yg tidak normal dan juga berbahaya ialah sakit perut yang disarakan di salah satu sisi perut dalam kasus kehamilan ektopik atau kehamilan diluar rahim. Gejala sakitnya diikuti pendarahan atau flek, terasa sakit ketika behubungan badan, atau sakit perut yg juga menjalar sampai bahu di sisi yang sama. Sakit perut di bawah ini biasanya terjadi pada usia kandung 1-3 bulan karena embrio yg tumbuh disaluran fallopi.

Sakit perut bawah berbahaya lainnya ialah kram perut yg terasa seperti datang bulan selama beberapa jam. Umumnya, sakit perut ini adalah tanda-tanda akan keguguran; diikuti dengan pendarahan & kontraksi kuat yg teratur serta terasa sakit. Meski kemungkinan janin tak bisa terselamatkan, secepatnya hubungi dokter kandungan untuk mendapatkan tindakan medis.

Baca Juga :
Tanda Tanda Mau Melahirkan Bayi Perempuan

Sementara itu, apabila kalian merasakan sakit perut bawah di bulan akhir kehamilan & terjadi terus menerus meskipun sudah beristirahat, mungkin saja plasenta kalian terlepas dari dinding rahim. Sakit perut tersebut bisa juga disertai dengan pendarahan. Kalian harus segera menghubungi dokter akan menangani sakit perut dibawah tersebut.


Share this: