Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 1 Tahun

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 1 Tahun



Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 1 Tahun - Bagaimana supaya anak mau makan dengan lahap? Untuk dasarnya setiap anak membutuhkan pendekatan berbeda tapi konsepnya sama. Yakni para ibu harus lebih kreatif & tentu saja banyak bersabar. Mencoba bersabar sungguh tidak mudah karena biasanya orangtua lebih gampang merasa kesal & putus asa menghadapi anak yg tidak lagi kooperatif. Tapi demikian, ibu tetap tak boleh kalah cerdik dengan si anak.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 1 Tahun

Perkenalkan makanan baru secara pelan-pelan
Secara alami anak-anak akan takut terhadap makanan yg baru mereka kenal, & mengkonsumsi makanan padat merupakan hal baru bagi mereka. Oleh karena itu perkenalkan makanan yg baru dengan pelan-pelan karena memang dibutuhkan waktu supaya mereka terbiasa dengan ragam warna, rasa & tekstur dari makanan yg disajikan (disabilan).

MIsalnya: Sayuran adalah salah satu jenis makanan yg kerap ditolak anak. Maka dari itu, hidangkan 1 jenis sayuran saja terlebih dulu, supaya anak tidak kebingungan.

Jangan terlalu memaksa agar mencoba makanan tertentu
Jika anak menolak makan makanan tertentu karena munculnya sikap Negativistik, sebaiknya kalian sebagai orangtua jangan memaksa anak meskipun hanya sekedar untuk mencicipinya. Sebab semakin anak dipaksa buat mencoba makanan tertentu, maka mereka bakal semakin keras menolaknya. Tentu saja hal itu bisa memicu suasana yg tidak menyenangkan & penuh tekanan untuk kedua belah pihak. Maka dari itu, niat orangtua dalam memberikan nutrisi terbaik, perlu diiringi dengan ketepatan melihat kondisi anak.

Jadi, jangan sampai anak menjadi trauma dengan makanan tertentu (misal sampai dewasa tak mau makan sayuran, tak mau makan daging, atau tak mau makan buah-buahan) karena dari kecil mereka selalu dipaksa buat mencobanya.

Namun demikian, ketika anak menolak hari ini, bukan artinya mereka tidak suka selamanya. Tetap tawarkan makanan yg ditolak anak di hari-hari berikutnya. Atau juga bisa melakukan siasat lain, misalnya contoh: jika anak menolak minum susu, ada baiknya orang tua memberikan asupan gizi yg mengandung susu, misalnya yogurt atau keju. Atau jika anak menolak sayur, seimbangkan masukan nutrisi (serat) dari buah-buahan yg mereka sukai untuk sementara.

Hidangkan makanan dengan menarik & bervariasi
Untuk mencegah anak cuma mau makan yg itu itu saja, ibu dapat membuat beberapa pilihan menu makanan, kemudian biarkan anak memilih makanan yg mereka sukai. Karena biasanya anak lebih suka dengan makanan dari pilihannya sendiri.

Usahakan menu makanan yg dikasih bervariasi setiap minggu. Walaupun menu makanan tersebut dinilai ibu yg paling baik, namun jangan memberi makanan yg itu-itu saja. Kalian saja bosan, apalagi mereka.

Itu dia beberapa cara yg bisa kalian lakukan untuk mengatasi anak yang susah makan.
    Baca Juga :


Share this: