Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 16 Bulan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 16 Bulan




Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 16 Bulan - Melihat anak makan dengan begitu lahap adalah kebahagiaan tersendiri untuk kalian para Ibu. Terlebih bayi yg sudah mulai menjalankan program Mpasi-nya. Tapi sebaliknya, kalian akan sangat khawatir saat bayi tiba- tiba susah makan. Atau bahkan makanan kesukaannya pun juga diabaikan. Bukan hanya khawatir akan kesehatan si kecil, kalian pasti juga khawatir apabila nantinya berat badan bayi akan menurun.

Bayi yg belum dapat mengkomunikasikan keinginannya secara langsung tersebut tentu menambah rasa khawatir bagi kalian. Yang kalian tahu biasanya bayi makan makanan jenis tersebut dengan lahap sampai akhirnya menyimpulkan bahwa makanan tersebut adalah makanan yg menjadi favorit si kecil. & ketika si kecil tiba-tiba mogok makan, sebaiknya kalian tenang dulu & coba pikirkan solusinya.

Bagi kalian yang tengah bingung bagaimana mengatasi anak yg susah makan, berikut ini akan saya berikan ulasan mengenai cara mudah atasi anak yang susah makan.

Hidangkan dalam porsi kecil

Kalian harus selalu ingat apabila lambung si kecil tidaklah sama seperti lambung orang dewasa. Dalam hal ini terletak di ukurannya, karena bayi masih kecil, dengan begitu lambungnya pun masih kecil. Maka dari itu sajikanlah makanan untuk bayi dalam jumlah yg kecil. Dan kalian bisa menyuapinya sedikit demi sedikit. Betul akan membutuhkan waktu yg lama, tapi itu lebih baik ketimbang bayi tidak mau makan sama sekali.

Buat variasi makanan

Meskipun bayi belum bisa berbicara secara langsung manakah makanan yg jadi favoritnya, tetapi setidaknya dari respon yg diberikan bayi kalian sudah bisa menyimpulkannya. Ketika bayi susah makan, coba siapkanlah beberapa variasi makanan kemudian suapilah anak kalian, lalu perhatikan respon yg diberikannya, dari sini kalian bisa melihat manakah makanan yg paling disukai anak.

Sajian yg menarik

Anak kecil bisa juga merasa bosan, jadi kalian pun harus bisa memberikan sajian yg menarik untuk si kecil. Terutama seiring petumbuhannya, si kecil akan mulai bisa bicara untuk menyatakan kebosanannya. Maka dari itu pintar – pintarlah menyajikan menu dengan sajian yg menarik. Kalian bisa membentuk makanan jadi tokoh kartun favorit si kecil atau lainnya.

Jadikan waktu makan sebagai waktu yg menyenangkan

Selama ini banyak dijumpai kejadian dimana ibu kerapkali mengancam anak dengan itu ini supaya anak mau makan banyak. Mulai sekarang ada baiknya hentikan kebiasaan tersebut. Hal seperti itu justru membuat anak merasa tak nyaman ketika waktu makan datang. Bahkan lama kelamaan waktu makan menjadi saat – saat yg mengerikan bagi anak lantaran anak akan ditakuti dengan itu ini supaya mau makan.

Selingi bersama camilan

Ternyata bukan cuma orang dewasa saja yg suka ngemil, bahkan anak bayi juga suka mengemil. Tapi bedanya terletak pada menu & porsinya. Untuk anak yg masih bayi, camilan yg disarankan adalah camilan seperti biskuit ataupun buah – buahan. Tetapi sesuaikan porsinya, jangan terlalu banyak supaya anak tidak kekenyangan sebelum makanan utamanya.

Mengingat anak lagi tidak nafsu makan, paling tidak dengan memberikan selingan dalam bentuk camilan akan menambah jumlah makanan yg dikonsumsi anak.

Sekian beberapa cara mudah agar mengatasi anak atau bayi yg susah makan. Pastikan kalian tenang dahulu, jangan langsung khawatir apabila anak susah makan. Jika kalian tenang, maka akan lebih mudah buat menemukan solusinya. Perbanyak referensi bacaan kalian agar hal – hal seperti itu bisa segera diatasi jadinya ketika nafsu makan anak ataupun bayi stabil, dengan begitu berat badan bayi pun akan berada di titik idealnya.



Share this: