Cara Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh Lagi

Cara Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh Lagi



Cara Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh Lagi - Maag merupakan penyakit yg terjadi karena peningkatan asam lambung. Di dalam keadaan normal asam lambung berperan untuk membantu pencernaan makanan. Tapi jika asam lambung meningkat dapat menyebabkan perlukaan di dinding lambung.

Meningkatnya asam lambung dikarenakan dari beberapa hal, seperti waktu makan yg tidak teratur, ataupun mengkonsumsi jenis makanan tertentu misalnya kopi, nangka, & masih banyak lagi lainnya. Mengatur pola makan sangat membantu untuk penyembuhan sakit maag ini.

Sakit maag kebanyakan bisa sembuh sendiri dengan cara pola makan yg sehat, tapi sakit maag biasanya bisa berkembang menjadi maag kronis jika tidak ditangani dengan benar. Mengatur pola makan merupakan pilihat tepat untuk kesembuhan penyakit maag & mencegah penyakit maag agar tidak kambuh kembali. Berikut dibawah ini adalah hal-hal yg harus dilakukan.

Cara Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh Lagi

Makan teratur
Makanlah sesuai jadwal, sarapan pagi, makan siangg, & makan malam. Jangan pernah menunda makan, atau menunggu hingga perut kosong. Jika sedang dalam perjalanan jauh ataupun tidak sempat makan seperti biasanya, usahakanalah untuk mengonsumsi kue ataupun makanan ringan lainnya.

Jangan makan yg mengandung gas
Mengkonsumsi makanan yg banyak mengandung gas bakal membuat perut terasa penuh. Jika perut di ketuk pakai jari terdengar seperti suara udara. Rasa penuh itu akan bertahan lama hingga diberikan obat. Makanan yg banyak mengandung gas diantaranya nangka, kol, sawi, cempedak, durian.

Makan sedikit tetapi sering
Dengan makan sedikit tetapi sering membuat lambung tidak menjadi penuh tapi masih ada makanan di dalam lambung. Jika lambung kosong dan produksi asam lambung terus berjalan dengan begitu asam lambung akan mengiritasi dinding lambung. Dengan terdapatnya makanan di dalam lambung, asam lambung akan mencerna makanan tersebut.

Jauhi soda, kopi & teh.
Jangan mengonsumsi minuman yg mengandung soda & mempunyai asam tinggi seperti kopi & teh. Selain tidak bagus buat kesehatan lambung, minuman bersoda juga bisa menyebabkan diabetes lantaran banyak mengandung gula.

Penyakit maag yg belum parah akan membaik dengan cara mengatur pola makannya. Jika sudah terjadi maag kronis perlu berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengobatan. Penyakit maag dapat menyerang siapa saja, mengatur pola makan sehat bisa terhindar dari penyakit maag. Selalu aplikasikan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi sesuai kebutuhan, olahraga & istirahat yg cukup.
    Baca Juga :


Share this: