Ciri Ciri Pubertas Pada Laki Laki Dan Perempuan

Ciri Ciri Pubertas Pada Laki Laki Dan Perempuan




Ciri Ciri Pubertas Pada Laki Laki Dan Perempuan - Perubahan fisik manusia paling banyak terjadi ketika masa remaja. Masa tersebut disebut juga dengan masa pubertas. Masa tersebut ditandai dengan perubahan fisik, serta aktifnya alat perkembangbiakan, psikologis (emosi). Perubahan yg terjadi pada masa pubertas perempuan berbeda dengan laki-laki.

Ciri-Ciri Pubertas Laki-Laki & Perempuan

Pubertas pada Laki-Laki

Untuk masa pubertas pada laki-laki akan mengalami perubahan sebagai berikut:
Timbulnya tulang yg menonjol di tengah-tengah leher. Tulang tersebut disebut jakun. Timbulnya jakun itu diikuti dengan membesarnya suara.
Tumbuhnya rambut-rambut di sejumlah bagian tubuh, diantaranya kumis, jenggot, rambut di ketiak, & rambut di sekitar alat kelam in.
Dada akan lebih membidang.
Bukan hanya perubahan fisik, alat perkembangbiakan laki-laki juga mulai aktif dalam menghasilkan benih mani.
Dan juga, perubahan psikologis yg terjadi adalah mulai tertariknya kepada lawan jenis.

Pubertas pada Perempuan

Perubahan fisik perempuan ketika pubertas akan terlihat lebi jelas dibanding dengan laki-laki.
Perubahan yg dialami adalah sebagai berikut:
- Tumbuhnya buah da da
- Pinggul melebar sehingga bentuk tubuh juga akan terlihat semakin melekuk.
- Tumbuhnya rambut di ketiak & di sekitar alat kelam in.
- Selain ciri-ciri fisik, perubahan lainnya adalah alat perkembangbiakan perempuan yg mulai berfungsi. Hal tersebut ditandai dengan datang bulan.
- Datang bulan adalah keluarnya darah dari kelam in wanita. Hal tersebut dikarenakan oleh terjadinya peluruhan dinding rahim sebab tak terjadi pembuahan pada sel telur wanita. Kejadian ini terjadi secara bersiklus. Siklusnya yakni kurang lebih 28 hari.

Jika kalian mengalami perubahan-perubahan tersebut, kalian tidak perlu takut. Komunikasikanlah dengan orangtua kalian (anak laki-laki kepada ayah ataupun kakak laki-lakinya & anak perempuan kepada ibu atau kakak perempuannya). Hal itu merupakan hal yg wajar & normal (alami). Setiap orang pasti bakal mengalaminya.

Cara Menghadapi Masa Pubertas

Di dalam masa pubertas, banyak perubahan yg terjadi pada diri kalian yg tidak kalian duga. Di masa pubertas tersebut akan terjadi ketidakstabilan emosi. Beberapa hal yg perlu dilakukan untuk menghadapinya adalah sebagai berikut:
- Bersikap tenang & percaya diri.
- Bersikap jujur & terbuka kepada orang yg kalian percayai ketika terjadi perasaan yg tidak enak. Hal tersebut akan membantu memberi ketenangan & jalan keluar.
- Selalu jaga kebersihan seluruh tubuh & alat
- Seusai masa pubertas, alat perkembangbiakan atau juga disebut alat reproduksi laki-laki & perempuan sudah bisa berfungsi untuk berkembangbiak. Alat reproduksi itu harus dijaga kebersihan & kesehatannya.



Share this: