Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah




Tenggorokan sakit saat menelan ludah - suka sakit tenggorokan? Harus tahu penyebabnya supaya bisa diobati. Satu dari beberapa penyebab sulit menelan ialah karena adanya rasa sakit ataupun tidak nyaman saat menelan. Sejumlah penyebab sulit menelan diantaranya karena penyakit radang seperti radang amandel (tonsillitis), radang tenggorokan (faringitis), ataupun radang disekitar amandel (abses peritonsil).

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

Ada cara gampang untuk membedakan ketiga penyakit tersebut. Untuk radang tenggorokan, sakit biasanya dirasakan ketika kalian menelan ludah. Sebab otot-otot tenggorokan berkontraksi ketika menelan jadinya terasa sakit meskipun cuma menelan ludah. Untuk radang amandel, sakit dirasakan ketika makan. Ini dikarenakan akibat sentuhan makanan ke amandel yg lagi mengalami peradangan. Jika radang disekitar amandel, tidak menelan ludah atau makan juga terasa sakit, sebab adanya peradangan hebat pada sekitar amandel.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Berkumur Air Garam
Beberapa penelitian membuktikan berkumur dengan air asin hangat (air putih tambah garam) beberapa kali dalam satu hari bisa meredakan pembengkakan ataupun radang tenggorokan, iritan, membuang dahak, & bakteri.

Cara membuatnya :
Sediakan air hangat 1 gelas belimbing ( 250 milliliter ) lalu tambahkan garam dapur 1 sdt (sendok kecil) kemudian aduk hingga merata.

Cara menggunakannya :
Berkumurlah selama 30-60 detik, dengan kepala mencongak ke atas supaya mengenai tenggorokan, kemudian dengan perlahan semburkan udara dari tenggorokan sampai berbunyi "ghrook, ghrook" menyerupai orang ngorok. (hati-hati melakukannya janganlah sampai masuk ke sluran nafas, kalau cuma tertelan tidak mengapa.) Berkumurlah 3x dalam sehari.

Perbanyak Minum
Menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi dengan baik amatlah penting, apalagi lagi sakit radang tenggorokan. Minumlah yang cukup sehingga air seni kalian berwarna kuning jernih ataupun bening. Hal tersebut akan membuat selaput mukosa di tenggorokan & sekitarnya selalu lembab, & lebih mudah melawan bakteri & iritan. Selain itu membuat badan lebih bisa melawan gejala flu, batuk, ataupun demam yg mungkin menyertai.

Minum tak selalu dengan air putih tapi juga bisa berupa air teh, jus buah, atau yg terasa sedikit asin misalnya sop ayam.

Minum Teh
Segelas teh hangat bisa dengan cepat meredakan rasa tidak nyaman akibat radang tenggorokan. Teh diyakini mengandung banyak antioksidan yg berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh jadinya membantu melawan infeksi. Teh itu boleh dicampur bersama lemon & madu. Kesemuanya juga baik buat mengobati radang tenggorokan.

Sup Ayam
Sup ayam seperti makanan biasa, tapi sup ayam ternyata mempunyai manfaat membantu menenangkan radang tenggorokan, sebab kaldu di dalam sup ayam mengandung natrium yg mempunyai sifat anti-inflamasi sehingga bisa mengurangi radang tenggorokan.

Bukan hanya itu, saat radang tenggorokan menyerang akan ada rasa sakit ketika menelan makanan maka dari itu makanan cair misalnya sup ayam ini akan mudah di telan tanpa memperparah radang, jadi asupan nutrisi juga bisa tercukupi yg membuat daya tahan tubuh jadi kuat guna melawan infeksi radang tenggorokan.

Madu
Madu terbukti mempunyai sifat antibakteri, antivirus, & antijamur. Juga, karena kekuatan madu, sangat menenangkan buat sakit tenggorokan, batuk & penyakit bronkial. Madu sudah digunakan selama berabad-abad sama orang-orang terdahulu. Jadi madu buat radang tenggorokan bukanlah ajaran baru.

Campurkanlah 1 sdm madu ke dalam air hangat lalu diminum selagi hangat. Tak cuma akan menenangkan tenggorokan, namun juga akan membantu melapisi tenggorokan & melawan bakteri tertentu yg mungkin bersembunyi.

Obat radang tenggorokan yg alami tersebut memang sangat manjur, namun bila radang tenggorokan parah & ada tanda-tanda berikut ini ada baiknya berobatlah ke dokter.

  • Susah menelan.
  • Darah di dalam air liur atau dahak.
  • Ada benjolan di leher.
  • Air liur berlebih, karena tidak bisa menelan.
  • Radang tenggorokan selalu berulang.
  • Kesulitan untuk buka mulut.
  • Bintik-bintik pada kulit.
  • Radang tenggorokan yg parah atau berlangsung cukup lama lebih dari seminggu.
  • Susah bernapas.
  • Sakit telinga.
  • Nyeri sendi.
  • Demam tinggi lebih dari 38 derajat celcius.
  • Suara serak yg berlangsung lebih dari 2 minggu.

Baca Juga :
Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Dan Pinggang

Mencegah Supaya Radang Tenggorokan Tidak Datang Kembali

  1. Menggunakan masker apabila lingkungan berdebu ataupun ketika membersihkan rumah.
  2. Jaangan berbagi makanan, gelas minum ataupun peralatan lainnya dengan penderita.
  3. Batuk ataupun bersin ke tisu lalu membuangnya. Jika tak ada tisu, bersinlah ke ketiak kalian.
  4. Jauhi paparan asap rokok, & berhenti lah merokok jika kalian seorang perokok.
  5. Cuci tangan dengan menggunakan sabun & air mengalir secara menyeluruh & sering, terutama sehabis menggunakan toilet, sebelum makan, & setelah bersin ataupun batuk.



Share this: