Cara Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari Agar Tidak Hitam

Cara Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari Agar Tidak Hitam




Cara Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari Agar Tidak Hitam - Sinar matahari memang baik untuk kulit. Tapi, jika kulit terlalu sering terkena sinar matahari juga berakibat tidak baik pada kulit. Apalagi ketika tengah hari, radiasi yg ada di UVA & UVB pada sinar matahari, bisa merusak jaringan DNA kulit. Bahkan hal itu juga mengakibatkan terjadinya kanker kulit. Ada banyak cara buat melindungi kulit dari efek tidak baik sinar matahari.

Cara Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari Agar Tidak Hitam

1. Penggunaan Tabir Surya

Upayakan setiap hari kalian menggunakan tabir surya ataupun pelembab, bahkan meskipun cuaca lagi mendung atau aktivitas kalian di dalam gedung. Pilih tabir surya ataupun pelembab dengan perlindungan UVA & UVB & minimal SPF 15. Ketika berjemur ke pantai sebaiknya gunakanlah sunblock. Adapun untuk aktivitas setiap hari, gunakanlah sunscreen.

2. Hindari ada di bawah sinar matahari langsung

Usahakan kalian tidak ada di luar ruangan di jam 10.00-16.00. Apabila terpaksa keluar ruangan di jam-jam tersebut, sebaiknya gunakanlah tabir surya tingkat tinggi (minimal SPF 30). Tak ada salahnya kalian menggunakan kacamata hitam & topi supaya kulit wajah tidak terbakar & bebas dari flek-flek hitam. Kalian juga butuh payung tidak hanya di musim hujan saja. Jangan juga membilas wajah dengan menggunakan air dingin sesudah ada di bawah sinar matahari. Wajah butuh adaptasi dengan suhu ruangan sebelum di bersihkan.

3. Banyak minum air

Bukan hanya perlindungan dari luar, lakukanlah juga perlindungan dari dalam. Hal itu penting untuk menjaga elastisitas kulit. Kulit bakal senantiasa terhidrasi dengan baik jika kalian mengonsumsi air minimal satu gelas setiap 30 menit. Kulit yg terhidrasi lebih tahan kepada efek sinar matahari ketimbang kulit yg kering.

4. Jauhi pantulan sinar matahari

Pantulan sinar matahari mempunyai 85% efektivitas seperti layaknya sinar matahari secara langsung. Obyek-obyek yg memantulkan sinar matahari awperti air, pasir, atau kaca. Itu dia mengapa ketika berada di pantai, kulit lebih mudah terbakar. Selain pantai, jalan raya yg lalu lintasnya padat & polusinya banyak juga mempunyai efek yg berbahaya untuk kulit.

5. Periksakan diri ke dokter kulit

Jika kulit kalian menunjukkan tanda-tanda yg sebelumnya tidak pernah ada, segera datangi dokter kulit supaya bisa diperiksa atau didiagnosa. Deteksi dini bisa membantu proses penyembuhan kulit yg bermasalah, bahkan untuk kanker kulit sekalipun.

Itu dia cara melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak hitam, Semoga bermanfaat.



Share this: