Resep Makanan Bayi Usia 6 Bulan Untuk Menambah Berat Badan

Resep Makanan Bayi Usia 6 Bulan Untuk Menambah Berat Badan




Resep Makanan Bayi Usia 6 Bulan Untuk Menambah Berat Badan - Mpasi atau makanan pendamping ASI diberi pada bayi dengan tujuan untuk menambah kebutuhan nutrisi yg dibutuhkan. Mpasi harus bertekstur lembut, ketika awal pemberian harus cair. Normalnya mpasi diberi saat bayi berumur enam bulan. Apabila berat badan bayi kalian lamban dalam artikel ini kami akan mengulas tips membuat mpasi untuk menaikkan berat badan bayi.

Ketika memasuki usia 6 bulan ke atas bayi jadwal untuk minum ASI berkurang. Hal tersebut karena dia sudah mendapatkan asupan nutrisi dari mpasi. Jadwal pemberian mpasi yakni 2-3 kali dalam satu hari atau disesuaikan sama usia bayi. Tentukanlah menu pemberian mpasi dengan memilih makanan yg mempunyai kandungan gizi terutama yg mengandung kalori, misalnya keju, minyak sayur. Buat menu yg variatif supaya bayi tidak bosan.

Supaya berat badan bayi bertambah perhatikanlah komposisi & bahan mpasi yg akan digunakan. Kalian bisa memilih jenis makanan dengan campuran 50 : 50, karbohidrat dengan lauk & sayur. Contohnya nasi tim 3 sendok makan ditambah lauk sebanyak satu setengah sendok makan & satu setengah sendok makan sayuran.

Supaya berat badannya bertambah kasih camilan sehat sehari 2 kali ketika siang hari. Mirip dengan mpasi, cemilan untuk bayi harus dibuat dari bahan alami. Kalian bisa membuat sendiri dari rumah, misal agar-agar. Pilih jenis cemilan yg sesuai dengan umur & kemampuan makannya.

Pilihlah proses pengolahan yg tepat, apakah makanan harus direbus, dikukus, dipanggang, proses slow cooking, strewing, atau memasak dengan menggunakan microwave. Salah proses pengolahan bisa mengakibatkan berkurangnya nutrisi.

Resep Makanan Bayi Usia 6 Bulan Untuk Menambah Berat Badan

Salah satu tips Mpasi yg bisa membantu menaikkan berat badan bayi yaitu bubur daging. Bahan-bahan yg dibutuhkan:

50 gram daging sapi
Beras 1 cangkir kecil
Satu batang daun seledri
Satu buah wortel
Dua cangkir air putih matang.

Cara membuatnya:
Bersihkanlah beras sampai bersih.
Cuci bersih seledri kemudian potong kecil-kecil
Kupas kulit wortel, cuci sampai bersih lalu potong kecil-kecil.
Bersihkan daging sapi kemudian cincang & masak sampai empuk.
Campurkan semua bahan kemudian masak menjadi bubur.
Setelah masak haluskan pakai blender.

Catatan :
Cuci bersih sayuran pakai air yg mengalir langsung dari keran.
Pilihlah daging sapi yg tidak berlemak yakni bagian has dalam (sirloin) & has luar (tenderloin).
Jika mau tekstur makanan lebih halus & lembut, sebelum dicampurkan bisa terlebih dulu direbus sampai matang.
Ada banyak informasi tentang resep mpasi yg bisa kalian peroleh baik dari buku, majalah ataupun internet yg bisa kalian terapkan.



Share this: