Artikel Obat Kuku Jempol Kaki Rusak

Artikel Obat Kuku Jempol Kaki Rusak




Cantengan atau juga disebut paronychia adalah sebuah infeksi yg mempengaruhi bagian kulit sekitar kuku, bisa itu terjadi di bagian jari kuku di tangan atau di bagian jari kuku di kaki. Kuku yg terkena cantengan biasanya masuk kedalam & menusuk kedalam daging serta sering terjadi di jempol kaki atau ibu jari kaki & ibu jari tangan.

Kuku Jempol Kaki Rusak

Gangguan kuku cantengan tersebut sering kali dialami oleh banyak orang bisa anak-anak, dewasa, atau orang tua. Penyakit yg cukup umum ini barangkali terlihat sederhana, tapi jika dibiarkan saja bisa menjadi sebuah biters, sehingga muncul penyakit kuku kronis yg tentu saja akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Gejala yg timbul dari cantengan cukup banyak, tapi yg pasti kita yg mengalaminya akan merasakan rasa nyeri, linu & perih yg cukup parah. Dan juga, terkadang ada pendarahan & peradangan.

Penyebab Jempol Kaki Rusak

Ada banyak penyebab kenapa kita bisa mengalami kuku cantengan. Diantara yg paling umum adalah karena terjadinya cedera di bagian sekitar kuku & ini biasanya hasil dari pemaksaan, menggunakan sepatu yg terlalu sempit, tertimpa sesuatu, menendang sesuatu dengan sangat keras, tumbuhnya jamur di kuku, gigitan atau juga kliping. Ketika terjadi cidera, maka kulit di sisi-sisi kuku tersebut mengalami infeksi. Nantinya infeksi itu bisa diperparah dengan adanya jamur atau bakteri, bahkan terkadang jamur & bakteri bekerjasama untuk menginfeksi kulit kuku kita tersebut. Pada keadaan yg sangat parah, cantengan mengeluarkan nanah & bagian kuku mengeluarkan aroma atau bau yg sangat menyengat.

Cara Mengobati Jempol Kaki Yang Rusak

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus melakukan beberapa penanggulangan dini. Tapi jika cantengan sudah mengalami peningkatan yg cukup parah, seperti pembengkakan, kemerahan atau penyebaran luka luar, maka hal itu adalah tanda bahwa infeksi meningkat menjadi lebih serius & parah. Jika terjadi seperti itu, penanggulangannya harus di dasari oleh konsultasi dengan dokter supaya segera mendapatkan pengobatan yg tepat sehingga cantengan bisa dengan cepat segera sembuh, tapi biasanya dokter akan menganjurkan untuk mencabut kuku. Meski begitu, Ada beberapa cara yg mungkin ampuh & bisa kalian lakukan untuk mengobati cantengan di bagian kuku kalian tanpa dilakukan pencabutan ataupun operasi. Dibawah ini dijelaskan beberapa cara untuk mengobati kuku cantengan.

Artikel Obat Kuku Jempol Kaki Rusak

1.) Perlindungan
Cara mengobati cantengan atau paronychia yg pertama adalah dengan melakukan perlindungan terhadap luka tersebut. Saat ingin menyentuh daerah yg sakit, kita harus menggunakan sarung tangan yg bisa bekerja dengan air ataupun bahan-bahan kimia. Selanjutnya kalian bisa mengoleskan krim penghalang atau barrier creams buat menjaga kelembapan di daerah yg luka.

2.) Garam & air hangat
Kalian bisa merendam jari ataupun kuku yg terkena cantengan dengan menggunakan air panas yg dicampur dengan beberapa sendok garam. Lakukanlah cara ini selama 15 menit & diulang selama 2 sampai 3 kali setiap hari. Dengan menggunakan cara ini, nantinya air garam hangat itu akan membuat rasa sakit mereda, dan juga mengecilkan pembengkakan yg mungkin terjadi. Selain itu, air garam juga diyakini bisa menghilangkan lecet serta nanah karena cantengan.

3.) Lemon
Kuku cantengan bisa juga diobati dengan menggunakan lemon. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengikat lemon yg sudah diiris tipis di bagian kuku yg cantengan dengan menggunakan perban & diamkan. Lemon mempunyai sifat asam yg bisa membantu untuk menyembuhkan infeksi yg terjadi.

4.) Pergi ke dokter
Tidak semua cara menyembuhkan cantengan diatas bisa mengobati penyakit kalian tersebut dengan baik. Maka dari itu, dalam beberapa keadaan, kita membutuhkan perawatan medis atau sekedar konsultasi kepada dokter. Terlebih jika cantengan yg kita derita dibarengi dengan beberapa keadaan, seperti kalian mempunyai penyakit diabetes, terjadi bercak nanah di dekat kuku, mengalami demam, kemerahan di dekat kuku & mulai menyebar ke jari, nyeri atau terjadi pembengkakan yg berlangsung selama tujuh hari atau lebih.

Terkadang kita tidak terlalu memikirkan tentang penyakit yg satu ini. Biasanya yg kita lakukan hanyalah mendiamkannya saja & berharap sakit tersebut menghilang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, artikel tentang penyebab & cara mengobati kuku cantengan di atas semoga bisa membuka mata kita bahwa penyakit kecil tidak boleh diremehkan & harus segera dilakukan langkah pengobatan supaya cantengan bisa cepat sembuh.



Share this: