Awal Berdirinya Jumlah Anggota Asean Adalah

Awal Berdirinya Jumlah Anggota Asean Adalah




Berdirinya ASEAN karena dilatarbelakangi oleh faktor-faktor berikut ini.

Karena Persamaan Letak Geografis
Seluruh negara-negara yang ada di Asia Tenggara terletak di antara 2 benua, yaitu Benua Asia & Benua Australia & di antara 2 samudera yakni Samudra Hindia & Samudra Pasifik. Jadi, berdasarkan letak geografis, negara-negara ini adalah 1 regional atau 1 kesatuan wilayah.

Karena Persamaan Dasar Kebudayaan
Kawasan Asia Tenggara memiliki dasar kebudayaan atas bahasa serta tata kehidupan & pergaulan yg hampir sama, karna mereka sebagai pewaris dari peradaban rumpun Melayu Austronesia.

Karena Persamaan Nasib
Negara-negara yang ada di Asia Tenggara sama-sama pernah dijajah oleh bangsa Barat, kecuali Thailand. Itulah yg menumbuhkan rasa kesetia kawanan antara bangsa-bangsa yang ada di Asia Tenggara.

Karena Persamaan Kepentingan
Negara-negara yang ada di Asia Tenggara butuh daerah perairan laut, terutama Selat Malaka & Selat Sunda yg merupakan pintu gerbang di sebelah barat & menjadi jalan utama bagi lalu lintas juga perdagangan dunia. Dan juga, adanya kepentingan bersama baik pada bidang ekonomi, sosial-budaya, ataupun keamanan & stabilitas politik kawasan, adalah latar belakang dari dibentuknya ASEAN.

Terbentuknya ASEAN

Association of South East Asian Nations (ASEAN) berdiri sesuai Deklarasi Bangkok pada tanggal 08 Agustus 1967 yg ditandatangani oleh 5 menteri luar negeri negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Kelima menteri luar negeri tersebut adalah: Adam Malik dari Indonesia, S. Rajaratnam dari Singapura, Thanat Khoman dari Thailand, Narsisco Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak dari Malaysia.

Tujuan ASEAN

Didalam Deklarasi Bangkok tercantum maksud & tujuan organisasi ASEAN, diantaranya adalah sebagai berikut :
Mengadakan kerja sama di dalam bidang pertanian, industri, perdagangan & komunikasi. Meningkatkan ekonomi, sosial, & kebudayaan yang ada di kawasan Asia Tenggara. Meningkatkan perdamaian & stabilitas keamanan yang ada di kawasan Asia Tenggara. Menyediakan fasilitas latihan & penelitian untuk negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Meningkatkan kerja sama di dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi & ilmu pengetahuan untuk negara-negara anggota ASEAN.

Keanggotaan ASEAN

Keanggotaan Asean terbuka untuk negara-negara Asia Tenggara lainnya dengan persyaratan bahwa negara calon anggota bisa menyetujui dasar & tujuan organisasi Asean seperti yg tercantum di dalam Deklarasi Bangkok. Disamping itu mengenai anggota baru harus adanya kesepakatan oleh kelima negara dari pendiri ASEAN. Anggota ASEAN sampai sekarang ini berjumlah 11 negara, yaitu: Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, Laos (23 Juli 1997), Myanmar (23 Juli 1997), Timor Leste, Thailand, Kamboja (16 Desember 1998), Vietnam (28 Juli 1995), Brunei Darussalam ( tanggal 7 Januari 1984).

Awal Berdirinya Jumlah Anggota Asean

Arti Lambang ASEAN

Lambang ASEAN memiliki arti sebagai berikut.

Arti lambang Secara Umum

1. Melambangkan kesetiaan ASEAN untuk perdamaian & stabilitas kawasan pada khususnya, & dunia pada umumnya.
1. Melambangkan solidaritas, kesepakatan atas keterikatan kerja sama untuk kemakmuran rakyat yang ada di negara-negara ASEAN.

Arti Bagian-Bagian Lambang

1. Lingkaran keliling & tulisan ASEAN berwarna biru, melambangkan persahabatan.
(pada awal berdirinya ASEAN itu jumlah batang padinya ada 5).
2. Batang padi berwarna cokelat, melambangkan kekuatan & stabilitas ASEAN.
3. Warna dasarnya kuning, melambangkan kemakmuran.
4. Batang padi tegak berjumlah 10, melambangkan jumlah anggota negara ASEAN



Share this: