Badan Bayi Dingin Tapi Kepala Berkeringat

Badan Bayi Dingin Tapi Kepala Berkeringat




Merawat bayi kadang membuat new Moms bingung. Salah satu yg sering menjadi pertanyaan adalah mengapa bayi sering berkeringat? Kemungkinan pertama penyebab dari bayi berkeringat terus menerus adalah suhu ruangan terlalu panas baginya. Periksalah kondisi badan bayi ketika mengeluarkan keringat. Jika keringat hanya di bagian kepala ketika menyusui atau tidur kalian tak perlu terlalu khawatir asalkan suhu badan bayi normal.

Bayi Berkeringat

Berikut dibawah ini penyebab bayi berkeringat :

Demam
Apabila bayi mengalami keringat yg terus menerus periksalah suhu badannya. Jika suhu badan bayi tinggi, bisa jadi keringat yg keluar dikarenakan demam. Kalian bisa mengecek suhu tubuh bayi dengan menggunakan termometer badan. Jika kalian tidak mempunyai termometer bisa melakukan pengecekan secara manual. Kalian bisa memeriksa suhu tubuh bayi dibagian pipi atau dagu bagian bawah.

Kelenjar keringat
Bagian tubuh bayi yg sering berkeringat adalah kepala. Kelenjar keringat yg aktif pada bayi hanya di bagian kepala sehingga bayi sering berkeringat di bagian kepala. Jika bayi mengalami keringat di bagian kepala tanpa disertai demam kalian tidak perlu khawatir karena itu memberitahukan bahwa suhu disekitar terlalu panas.

Suhu ruangan
Di malam hari bayi mudah berkeringat bisa disebabkan karena suhu ruangan di dalam kamar terlalu panas. Bayi tidur dalam keadaan kepala sama dengan posisi pada saat pertama kali ia mulai terlelap. Posisi ini bisa menyebabkan kepala bayi memiliki suhu yg panas sehingga mudah berkeringat di malam hari. Untuk mengatasinya kalian boleh menyesuaikan suhu kamar supaya nyaman untuk bayi.

Ketika minum ASI
Ketika minum ASI juga bisa menyebabkan bayi berkeringat. Keringat tersebut keluar dikarenakan sistem pencernaan bekerja hingga menimbulkan keringat keluar.

Itu dia beberapa penyebab bayi berkeringat. Kalian bisa mengatur suhu ruangan 26 derajat celcius guna mengetahui keluarnya keringat bayi dalam kondisi normal. Jika bayi mengeluarkan keringat saat suhu ruangan diatas 26 derajat celcius itu berarti bisa dikatakan masih normal.

Badan Bayi Dingin Tapi Kepala Berkeringat

Kalian harus waspada apabila bayi masih berkeringat saat :

Dalam keadaan suhu dingin tapi tetap keluar banyak keringat
Keringat yg dikarenakan demam
Bayi tidak sehat
Bayi berkeringat dan menggigil
Berkeringat tanpa ditandai oleh penyebab yg sudah disebutkan diatas.

Kalian bisa segera memeriksakan kondisi bayi jika mengalami 5 tanda diatas. Yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi keringat yg keluar diantaranya :

Gunakan pakaian yg longgar & tipis pada bayi
Gunakanlah sabun khusus untuk bayi
Jagalah kebersihan & kesehatan bayi
Aturlah suhu ruangan
Jika sakit berlanjut kalian bisa segera memeriksakan pada dokter yg terdekat. Penanganan yg cepat bisa membuat bayi kembali sehat & normal.



Share this: