Apa Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

Apa Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid




Menstruasi atau datang bulan adalah hal yg biasa terjadi bagi perempuan. Setiap bulan wanita menstruasi sekitar tiga sampai enam hari. Tapi, di sisi lain tahukah kalian? ternyata banyak hal yg tak boleh dilakukan ketika datang bulan.

Selama ini kalian mungkin sering mendengar hal-hal yg tidak boleh dilakukan ketika kalian datang bulan atau haid, namun benarkah hal-hal larangan itu sudah terbukti ataukah hal-hal itu cuma mitos?

Berikut dibawah ini adalah 6 hal yg tidak boleh dilakukan ketika periode datang bulan terjadi, hal-hal yg tidak boleh dilakukan diantaranya adalah :

Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

1. Hindari mencukur

Saat kalian menstruasi atau haid dilarang mencukur bulu kaki ataupun waxing. Jika kalian melakukan hal ini ketika menstruasi maka rasa sakit yg dirasakan dua kali lipat. Hal ini terjadi karena kadar estrogen yg lebih rendah saat menstruasi. Estrogen yg rendah membuat rasa sakit fisik yg lebih karena tubuh kalian saat haid menjadi begitu sensitif.

2. Hindari keramas saat menstruasi

Saat kalian menstruasi hindarilah keramas, karena pori-pori kepala ketika haid sedang terbuka & hal itu dapat menyebabkan sakit kepala & melakukan keramas saat haid efeknya sangat berbahaya, hal itu dapat dirasakan saat kalian masih muda & saat kalian tua nanti.

3. Hindari berhubungan sek

Saat kalian haid & melakukan hubungan sek, maka hal tersebut berisiko tinggi untuk terkena infeksi atau penyakit lainnya yg berhubungan dengan organ intim. Kenapa hal itu bisa terjadi? karena, saat haid keadaan leher rahim terbuka & memungkinkan darah dari menstruasi bisa masuk ke dalam organ intim. Sebaiknya saat kalian haid hindari hubungan sek untuk menghindari infeksi apapun.

4. Jangan menggunakan sabun ataupun produk kebersihan organ intim

Organ intim mempunyai mekanisme pembersihan sendiri. Jika kalian mencuci organ intim kalian dengan sabun & produk lainnya tidak baik sama sekali. Gunakanlah sabun untuk bagian luar & untuk daerah organ intim kalian bisa dengan menggunakan air hangat.

5. Makanan & Minuman

Kalsium sangat bagus buat membantu meredakan nyeri haid, tetapi produk susu malah sebaliknya. Susu, keju, & yoghurt bisa menyebabkan kram bagi kalian yg sedang mempunyai periode datang bulan.

Dan juga para ahli menasihati agar menghindari makanan yg tinggi natrium. Peningkatan jumlah masukan natrium akan menyebabkan retensi cairan, kembung & kram yg berlebihan.

6. Berenang

Secara teori, pembuluh darah yg membuka bisa mengecil ketika kontak dengan air. Contohnya adalah, seorang anak yg jatuh & terluka dikompres dengan menggunakan es batu untuk menghentikan perdarahannya. Bedanya, walau darah yg dikeluarkan saat haid hanya sedikit, namun kontak dengan air tidak akan mengakibatkan darah tersebut terhenti.

Kontak dengan air yg dimaksud disini diantaranya adalah berenang, berendam di bath tub, menyelam, whirlpool & sejenisnya. Ini penting buat diketahui, karena banyak beredar anggapan yg salah, yaitu perempuan yg sedang haid darahnya akan berhenti ketika ada di dalam air.

Selain itu tidak ada yg bisa memastikan apakah air yg digunakan untuk berendam tersebut steril. Bisa jadi air kolam renang ataupun air laut mengandung banyak kuman yg bisa menyebabkan infeksi. Apalagi jika si perempuan ini berendam dalam waktu yg lama.

Sebetulnya masih banyak hal yg lainnya, namun itulah beberapa hal yg tidak boleh kalian lakukan ketika haid atau menstruasi, Semoga bermanfaat.



Share this: