Bayi Rewel Tidak Mau Tidur

Bayi Rewel Tidak Mau Tidur




Bayi Rewel Tidak Mau Tidur


Anak kalian sulit untuk tidur? Adanya perbedaan individual di dalam pola & proses tidur di setiap anak. Ada yg mudah tidur & bisa tidur dengan panjang, ada yg sebentar-sebentar terbangun & gelisah & ada juga yg butuh distimulasi berlebihan supaya bisa tertidur.

Penyebab Bayi Rewel Tidak Mau Tidur

1. Kolik

Sekitar 19% bayi sehat pernah mengalami kolik. Keadaan ini biasanya terjadi antara minggu ke-2 & ke-4 setelah lahir. Jika kalian sedang menyusui, sebaiknya kalian menghindari produk susu olahan dan makanan yg menimbulkan gas, seperti kubis, bawang, atau bawang putih. Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan mengenai cara menangani alergi dengan makanan tertentu.

2. Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi bagi bayi itu menyakitkan & tidak nyaman. Ketika hal itu terjadi, buah hati kalian akan sulit ditidurkan di malam hari & sudah bisa dipastikan rewel sampai pagi

3. Waktunya Ganti Popok

Popoknya basah ataupun kotor seringkali akan membangunkan buah hati kalian yg tadinya sudah enak-enak tidur. Karena bayi belum bisa menahan rasa ingin buang air seperti halnya orang yg sudah dewasa, kejadian seperti ini pasti akan sering terjadi.

4. Haus atau Lapar

Bayi yg rewel & susah ditidurkan, baik di siang hari ataupun di malam hari bisa dikarenakan akibat lapar. Coba susui si Kecil jika dia sulit ditidurkan. Selain itu, bayi yg sudah mendapatkan MPASI juga bisa diberi makan terlebih dahulu agar perutnya tidak lapar & mau tidur, tapi sebaiknya berikan anak makanan 1-2 jam sebelum tidur.

5. Terlalu Banyak Bermain

Jika kalian mengajak si kecil bermain terus, maka dia akan semakin enggan untuk tidur. Apalagi, kalau kalian mengajaknya bermain menjelang waktu mau tidurnya.

6. Terbiasa Dibantu Tidur

Membantu bayi buat tidur setiap malam akan membuat ia tak bisa belajar untuk tertidur sendiri. Sebaliknya dia akan menangis untuk mendapatkan apa yg membantu dia untuk bisa tidur. Cobalah menempatkan bayi ke tempat tidur ketika dia mengantuk, namun tidak menungguinya sampai tertidur. Kalian bisa memberikan beberapa hal yg bisa membuat dia tenang & bisa membantu belajar tertidur sendiri, bahkan jika dia terbangun di tengah malam.

7. Merasakan Kecemasan

Cemas itu normal bagi anak kalian untuk melalui fase ini. Cobalah agar tidak mendorong dengan banyak berbicara, goyang, bernyanyi, ataupun menyusui tambahan. Di usia sekitar 6 bulan, kalian bisa membantu bayi untuk tidur sendiri. Selama dia tidak terlihat sakit, berbicara dengan lembut & mengusap punggungnya. Menghiburnya, tapi jangan membuatnya terlalu bermanfaat & tergantung pada kalian dengan memeluknya. Sebuah lampu malam dapat menghibur balita yg takut gelap.

8.Tidak ada Waktu Tidur Rutin

Melakukan hal yg sama setiap malam sebelum tidur membantu anak kalian tahu sudah waktunya untuk tidur. Misal, setiap malam anak kalian mendengarkan kalian membaca cerita mereka, memiliki camilan & kemudian itu mematikan lampu utama. Melakukan rutinitas yg sama setiap malam & selalu berakhir di kamar anak kalian. Hal terbaik untuk memulai rutinitas awal ketika anak berusia empat bulan.

9. Terlambat Tidur

Beberapa anak-anak dapat mengalami keterlambatan tidur. Mereka membuat alasan agar tetap terjaga ataupun meminta lebih banyak cerita, minum, ataupun perjalanan ke toilet. Pergilah ke kamar anak kalian untuk merespon hal ini. Jadilah baik & tegas. Membuat kunjungan kalian lebih pendek setiap kali. Biarkan anak kalian tau bahwa itu adalah benar-benar waktunya buat tidur.

10. Kurang Tidur Siang

Jika mereka tak cukup tidur di siang hari, anak-anak kalian mungkin mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Kebanyakan bayi membutuhkan 2 atau 3 jam tidur siang hari. Balita butuh setidaknya 1x tidur siang. Kalau anak kalian rewel & mengantuk, biarkan ia tidur siang, asalkan itu tidak terlalu dekat sama waktu tidur dimalam hari.

11. Mengalami gangguan tidur

Alasan lainnya anak sulit tidur karena mengalami gangguan tidur

12. Hidung Tersumbat

Pada bulan-bulan pertama, terkadang sistem pernafasan di bagian atas dari buah hati kalian belum cukup bersih. Hidung tersumbat seperti ini sangat biasa terjadi & ketika terjadi, buah hati kalian akan kesulitan tidur dan rewel.

16. Tidak Ada Boneka

Terkadang mempunyai objek khusus didekat mereka bisa membantu anak kecil untuk tertidur.

17. Suasana Ruangan

Untuk menciptakan ruang yg tepat untuk tidur, buatlah gelap kamar anak kalian pada malam hari dengan sebuah lampu malam kecil. Suhu kamar yg terlalu panas atau terlalu dingin dapat membuatnya tidak mau tidur.

18. Baju yg dikenakan tidak nyaman

Bayi bisa saja sulit tidur karena baju yg dikenakannya tidak nyaman. Gunakan pakaian bayi yg berbahan lembut, nyaman digunakan & tidak membuat bayi gerah. Perhatikan juga ukuran bajunya, jangan pakaikan baju yg terlalu sempit ataupun kedodoran karena akan membuat anak tidak bebas untuk bergerak.

19. Peralatan Elektronik di Kamar Tidur

Kecilkan suara TV atau apapun yg membuat berisik rumah kalian.



Share this: