Berapa Lama Penyakit Bronkitis Bisa Sembuh

Berapa Lama Penyakit Bronkitis Bisa Sembuh




Penyakit Bronkitis

Dari waktu berlangsungnya penyakit, Bronkitis akut berlangsung selama kurang dari 6 minggu dengan rata-rata 10 hingga 14 hari, sedangkan Bronkitis Kronis berlangsung selama lebih dari 6 minggu. Secara garis besar keluhan pada Bronkitis kronis & Bronkitis akut hampir sama. Hanya saja keluhan untuk Bronkitis kronis cenderung lebih berat & lebih lama. Hal itu dikarenakan untuk Bronkitis kronis terjadi penebalan (hipertrofi) otot-otot polos & kelenjar serta berbagai perubahan di dalam saluran pernapasan.

Penyakit Bronkitis Kronis

Secara klinis, Bronkitis kronis adalah penyakit saluran pernapasan yg ditandai dengan batuk berdahak sedikitnya tiga bulan dalam satu tahun selama dua tahun berturut-turut.

Bronkitis kronis bisa dialami oleh semua ras tanpa terkecuali. Frekuensi angka kesakitan Bronkitis kronis lebih sering terjadi pada pria dibanding wanita. Hanya saja sampai saat ini belum ada angka perbandingan yg pasti. Usia penderita Bronkitis kronis lebih sering ditemui di atas usia 50 tahun.

Faktor Penyebab Bronkitis Kronis

Faktor-fakor penyebab paling sering pada Bronkitis kronis adalah karena asap rokok (tembakau), debu & asap industri, serta polusi udara.

Disebutkan juga bahwa Bronkitis kronis bisa dipicu oleh paparan berbagai macam polusi industri & tambang, diantaranya adalah: batubara, gas, fiber, semen, asap las & lain-lain.

Gejala & Keluhan Bronkitis Kronis

Keluhan & gejala-gejala klinis dari Bronkitis Kronis adalah sebagai berikut :
  • Batuk yg disertai dahak atau batuk produktif dalam jumlah yg banyak. Dahak semakin banyak & berwarna kekuningan (purulen) pada serangan akut (eksaserbasi). Terkadang bisa dijumpai batuk darah.
  • Sesak napas. Sesak bersifat progresif (semakin berat) ketika beraktifitas.
  • Terkadang terdengar suara mengi (ngik-ngik).
  • Di pemeriksaan dengan stetoskop (auskultasi) terdengar ada suara krok-krok terutama saat inspirasi (menarik napas) yg menggambarkan adanya dahak di dalam saluran napas.

Secara klinis, Bronkitis kronis terbagi menjadi tiga jenis, yaitu :
  • Bronkitis kronis ringan (simple chronic bronchitis), yg ditandai dengan batuk berdahak & keluhan lain yg ringan.
  • Bronkitis kronis mukopurulen (chronic mucupurulent bronchitis), yg ditandai dengan batuk berdahak kental & purulen (berwarna kekuningan).
  • Bronkitis kronis dengan penyempitan pada saluran napas (chronic bronchitis with obstruction), yg ditandai dengan batuk berdahak dan disertai dengan sesak napas berat serta suara mengi.

Untuk membedakan ketiga penyakit Bronkitis Kronis diatas, bisa didasarkan pada riwayat penyakit & pemeriksaan klinis oleh dokter disertai dengan pemeriksaan penunjang (apabila diperlukan), yaitu radiologi (rontgen), EKG, faal paru, analisa gas darah.



Share this: