Bronkitis Pada Anak Apakah Menular

Bronkitis Pada Anak Apakah Menular




Bronkitis adalah suatu kondisi yg timbul jika dinding di bagian dalam saluran pernapasan utama paru terinfeksi & meradang. Saluran pernapasan merupakan saluran yg terdapat di dalam paru-paru yg merupakan tempat aliran udara. Kalau saluran pernapasan itu mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yg tebal didalamnya.

Lendir tersebut bisa menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Oleh sebab itu, gejala yg bisa terjadi berupa batuk berdahak yg banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas & dada terasa sesak. Bronkitis terbagi menjadi 2 yaitu bronkitis akut & kronis. Bronkitis akut seringkali dikarenakan dari infeksi virus.

Virus yg menyerang biasanya adalah virus yg sering menimbulkan flu yg menyebar sampai ke saluran napas yg lebih dalam sehingga menimbulkan bronkitis. Disamping karena infeksi virus, sebagian kecil kasus bronkhitis akut juga bisa dikarenakan oleh infeksi bakteri atau akibat paparan terhadap asap rokok disekitar kalian.

Penyebab-penyebab yg bisa menimbulkan penyakit bronkitis, diantaranya :

Merokok. Merokok adalah penyebab utama dari penyakit bronkitis. Seseorang yg mempunyai kebiasaan merokok atau tinggal pada lingkungan orang-orang yg merokok (perokok pasif) sangat rentan buat menderita bronkitis. Bisa dikatakan kebanyakan pengidap bronkitis awalnya adalah perokok baik aktif ataupun pasif.

Infeksi virus & bakteri. Bronkitis bisa dikarenakan oleh infeksi virus & bakteri. Adapun virus yg menyebabkan bronkitis tersebut adalah virus yg sering menyebabkan flu & juga pilek. Pada beberapa kasus yg tergolong jarang, bronkitis bisa juga dikarenakan oleh infeksi bakteri.

Lingkungan kerja. Selain infeksi & juga merokok, bronkitis bisa juga dikarenakan oleh lingkungan kerja yg tidak sehat. Keadaan seperti ini sering disebut dengan bronkitis okupasi. Bronkitis okupasi dikarenakan oleh unsur iritasi yang ada di lingkungan kerja misalnya serat kain, serpihan debu, amonia & juga klorin.

Gejala-gejala yg timbul jika seseorang menderita bronkitis adalah :

– Batuk
– Lelah
– Sesak nafas
– Nafas pendek, yg memburuk bahkan ketika mengerahkan sedikit tenaga
– Adanya lendir, baik yg tidak berwarna, putih ataupun berwarna kuning kehijauan
– Demam ringan & menggigil
– Rasa tidak nyaman di dada.

Apakah penyakit bronkitis ini bisa menular?

Seperti yg sudah kalian ketahui diatas bahwa penyakit bronkitis ini adalah salah satu penyakit yg dikarenakan oleh serangan virus yg kemudian meradang karena dibiarkan terlalu lama & juga biasanya penyakit yg disebabkan oleh virus membutuhkan waktu yg lama untuk menyembuhkannya.

Harus kalian ketahui bahwa penyakit yg disebabkan oleh serangan virus biasanya menular & salah satunya adalah penyakit bronkitis akut tapi kalau penyakit bronkitis biasa tidak menular, maka dari itu kalian harus tetap waspada supaya tidak terkena penyakit bronkitis.

Dan untuk penularan penyakit bronkitis akut sendiri hampir seperti di kebanyakan penyakit yg dikarenakan oleh virus lainnya, berikut dibawah ini cara penularan penyakit bronkitis:

– Lewat bersin atau batuk dari pengidap bronkitis
– Makanan ataupun minuman bekas pengidap bronkitis
– Lewat partikel kecil

Diatas adalah beberapa cara penularan penyakit bronkitis yg biasa dijumpai, untuk itu kalian harus selalu waspada terhadap apa yg ada disekitar kalian termasuk terhadap penderita penyakit bronkitis.



Share this: