Cara Memperbaiki Gigi Patah Setengah

Cara Memperbaiki Gigi Patah Setengah




Menurut data dari PDGI, 69,2% orang Indonesia yang mengeluh sakit gigi, mencoba untuk mengobati atau memperbaiki sendiri dengan cara yg belum tentu benar. Padahal perawatan & pengobatan yg tidak tepat bukannya hanya tidak menyembuhkan penyakitnya, tetapi juga bisa memicu penyakit lain yg lebih berbahaya.

Gigi Patah

Nah kalau ada gigi yg patah ataupun retak harus diapain sih? Jawabannya: Tergantung, patahan atau retaknya seperti apa..

Cara Memperbaiki Gigi Yang Patah

Kalau patahan retaknya sudah sampai ke dalam jaringan pulpa, berarti harus dijalani perawatan endodontik (rawat syaraf bahasa umumnya) dulu. Jika patah/retaknya cuma pada bagian permukaan gigi (email) & belum mengenai jaringan pulpa, masih dapat di tambal atau jaket.

Kalau sudah dirawat endodontik diapain dong? Kalau gigi depan, bisa dibuatkan mahkota gigi (jaket) atau juga disebut post core crown (pin). Jika gigi belakang (geraham) bisa di onlay ataupun di buat mahkota gigi juga kalau masih ada bagian gigi yg bisa dijadikan pegangan. Jika keretakan/patah giginya sudah meluas sampai ke dalam akar (gigi), ya mau tidak mau si gigi harus dicabut.

Kenapa gigi itu bisa retak atau patah? Selain karena kecelakaan, jatuh, kebentur atau adu jotos ketika bertarung.

Nah sebaiknya kalian  hindari mengonsumsi makanan/minuman yg terlalu dingin, terlalu panas ataupun terlalu asam, supaya gigi tidak mudah retak atau patah. Selain itu rajinlah mengonsumsi makanan yg mengandung kalsium agar menguatkan gigi.

Seperti itu bahasan mengenai cara memperbaiki gigi yang patah atau retak ini. Semoga bermanfaat.



Share this: