Bintitan Pada Anak Usia 2 Tahun

Bintitan Pada Anak Usia 2 Tahun




Bintitan adalah infeksi yg terjadi akibat adanya bibit penyakit yg memasuki liang kelenjar di tepi kelopak mata. Akibat kelenjar terinfeksi, akhirnya timbul bisul. Bisul kelenjar tersebutlah yg dikenal dengan bintitan.

Bintitan Pada Anak

Siapa pun bisa terkena bintitan bila mata sering dipegang, kalau bukan dibiarkan kotor bisa terkena debu yg mengandung bibit penyakit. Terlebih jika tangannya kotor dibiasakan memegang mata. Mengucek-ucek mata ketika gatal, kebiasaan tersebut menjadi ajang pencemaran mata oleh bibit penyakit.

Bintitan Anak Usia 2 Tahun

Maka dari itu sebaiknya sejak kecil anak di didik supaya tidak sembarang menyentuh matanya. Jika lagi terasa gatal, atau terasa tak enak di mata, biasakan pakai sapu tangan atau tisu bersih & bukan dengan tangan kosong. Walaupun tampak jemari tangan bersih, tetapi belum tentu terbebas dari bibit penyakit.

Bisul kelenjar yg telanjur terbentuk & tidak segera diobati, bisa pecah sendiri & mengeluarkan nanah yg berpotensi mencemari bola mata. Kita tau nanah mengandung bibit penyakit. Jadi jangan biarkan bisul bintit pecah sendiri, maka dari itu harus segera diobati.

Untuk infeksi pada kelopak mata biasanya dokter memberikan antibiotika dalam bentuk salep. Maksudnya supaya lebih lama melekat pada daerah yg terinfeksi. Obat tetes mata lebih cepat menghilang efeknya karna langsung terlarut airmata.

Selain antibiotika salep mata, jika dokter memandang perlu juga akan diberikan antibiotika minum, supaya bisul batal timbul, atau jika sudah telanjur timbul bisul bisa lebih cepat mereda. Prinsipnya jangan menyentuh bisul matanya, apalagi  memijitnya.

Bolamata sebenarnya dilindungi oleh air mata yg mengandung zat anti terhadap semua jenis bibit penyakit. Artinya tidak mudah terinfeksi. Tapi jika serangan kuman bertubi-tubi & jumlahnya melebihi kemampuan pelindung mata buat melawannya akhirnya bisa kalah juga. Ketika pelindung mata dikalahkan oleh bibit penyakit itulah dengan begitu infeksi mata terjadi.

Bintitan tidak membuat bola mata jadi merah, karena penyakitnya bukan mengenai bola mata, tetapi di kelopak mata. Namun jika bolamata sampai tercemar oleh infeksi yang ada di kelopak mata, bisa saja infeksinya menjalar jadi penyakit mata merah.

Jangan lupa. Bukan hanya jemari tangan kotor yg bisa bikin bintitan, air kotor juga bisa mencemari bola mata selain kelenjar kelopak mata. Setelah berenang, terlebih di dalam air kotor, atau mandi dengan air yg tidak bersih, beresiko terkena infeksi mata, termasuk bintitan.



Share this: