Ciri Gejala Tanda Penyakit Penyebab Paru Paru Basah

Ciri Gejala Tanda Penyakit Penyebab Paru Paru Basah




Ciri Ciri Penyakit Paru Paru Basah - Salah satu fungsi dari paru-paru manusia ialah untuk menukar oksigen yang dihisap lewat hidung dengan karbon dioksida yang berada didalam darah (proses respirasi). Apa yang akan terjadi jika kita mengalami masalah pada pernafasan ?

Pneumonia merupakan istilah kesehatan dari penyakit paru-paru basah yang melibas paru-paru. Penyakit tersebut merupakan gangguan yang sangat serius yang terjadi di dalam organ paru-paru manusia yang bisa menghambat pemasokan oksigen masuk ke darah.

Penyebab Paru Paru Basah

Banyak faktor yang jadi penyebab dari penyakit paru-paru basah diantaranya ialah dikarenakan oleh bakteri, jamur, virus yang masuk kedalam paru-paru melalui proses bernafas yang menimbulkan peradangan di dalam paru-paru dan jika sudah dalam keadaan akut, akan ditemukan pada paru-paru terutama di alveoli (kantung udara) berupa cairan & nanah.

Kenali gejala serta penyebab penyakit paru-paru basah, bagaimana untuk mengenalinya jika kita ataupun seseorang menderita penyakit tersebut ?

Namun faktor lainya bisa dikarenakan dari bakteri Streptococcus Pneumoniae yang berada ditenggorokan. Bakteri ini bisa kapan saja masuk kedalam paru-paru apabila sistem kekebalan tubuh seseorang sedang menurun.

Penyebab lainnya juga dikarenakan akibat udara yang dingin, sering bepergian tidak menggunakan pelindung dada dan juga masker. Hal ini bisa terjadi dalam proses yang sangat panjang.

Beberapa Gejala Yang Muncul

Bagaimana mengenali apabila kita ataupun seseorang menderita penyakit Paru Paru Basah ini ? Untuk mengenalinya terkadang akan terbilang sulit mendeteksinya lantaran gejala awalnya hampir sama ketika kalian sedang mengalami flu ataupun batuk, namun kalian bisa melihatnya lebih lanjut perkembangannya.

  • Nyeri dibagian dada ketika bernafas terutama bila bernafas secara dalam-dalam
  • Sering mengalami bersin-bersin & selalu ingin bersin
  • Flu yang terus-menerus
  • Sesak nafas
  • Mengalami batuk berdahak yang bersuara grok-grok, mengeluarkan dahak bewarna kuning, hijau, coklat & merah. Warna dahak umumnya menunjukan tingkat keparahannya dari penyakit tersebut.
  • Mengalami masa Demam (panas ketika malam hari)
  • Perubahan yang terjadi di warna kulit dikarenakan kurangnya masukan oksigen yang masuk keseluruh tubuh
  • Telapak tangan dan juga kaki terasa dingin serta berkeringat, walaupun cuaca dalam keadaan panas, ini terjadi apalagi di malam hari

Meskipun terkadang tanda-tanda sakit paru-paru basah yang selama ini terjadi didalam diri seseorang dengan berbagai macam gejala, namun gejala umumnya ialah seperti yang sudah disebutkan diatas.

Baca juga ciri ciri penyakit lainnya :

Ciri Ciri Penyakit Maag
Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung
Ciri Ciri Penyakit Miom
Ciri Ciri Penyakit Virus Zika
Ciri Ciri Penyakit Tbc
Ciri Ciri Penyakit Vertigo
Ciri Ciri Penyakit Liver
Ciri Ciri Penyakit Kanker Paru Paru
Ciri Ciri Penyakit Kista Ovarium
Ciri Ciri Penyakit Kanker Tulang
Ciri Ciri Penyakit Kanker Otak
ciri ciri penyakit campak
Ciri Ciri Penyakit Hepatitis B

Untuk menguatkan apakah seseorang menderita sakit paru-paru basah, dokter biasanya memakai tindakan medis lebih jauh misal seperti mendengarkan irama nafas memakai stetoskop, melakukan tes darah (buat mendeteksi adanya virus pneumonia yang menyerang) sampai tindakan rontgen dada.



Share this: