Ciri Gejala Tanda Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Campak Tradisional

Ciri Gejala Tanda Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Campak Tradisional




Ciri Ciri Sakit Campak - Campak atau di dalam istilah latinnya diketahui dengan nama morbili atau morbillia & rubeola adalah penyakit yg dikarenakan oleh virus campak berasal dari golongan paramixzovirus anggota genus morbilivirus yg dapat diderita oleh siapa saja apalagi di usia anak-anak.

Penyakit ini terbilang ke dalam penyakit menular yg dapat ditularkan lewat media udara. Saat penderita campak bersin ataupun berludah yg kemudian tersentuh oleh orang yg sehat maka bisa jadi orang yg sehat tadi bisa terkena campak. Penularannya juga bisa melalui sentuhan langsung dari si penderita.

Gejala Campak & Penyebabnya

Sebelum munculnya ruam di kulit, diperlukan waktu sekitar 10 sampai 14 hari bagi virus buat menginfeksi hingga munculnya beberapa tanda-tanda seperti kulit memerah atau ruam, suhu tubuh meningkat disertai dengan batuk & pilek. Adapun gejala penyakit campak yang lain adalah sebagai berikut :

  1. Mengalami nyeri otot
  2. Mata memerah & terasa panas
  3. Batuk diikuti dengan pilek & hidung tersumbat
  4. Ada bercak merah atau bintik merah alias ruam di tubuh
  5. Panas dalam & nyeri tenggorokan
  6. Demam
  7. Hilang nafsu makan
  8. Adanya bercak ataupun bintik-bintik bewarna keabu-abuan di mulut & tenggorokan
  9. Penglihatan sensitif kepada cahaya

Penyakit campak ataupun tampek adalah penyakit menular yg pada biasanya terjadi pada anak-anak. Kenali tanda-tanda campak, penyebab & cara mengobati campak disini.

Untuk mengetahui lebih lanjut siklus penyakit campak yg menyerang tubuh berdasarkan penyebarannya & tingkat keparahan yg diderita, terbagi menjadi 3 (tiga) stadium :

Stadium Prodormall (Kataral) : Memasuki stadium ini apabila sudah menunjukkan gejala demam yg berangsur selama 4 atau 5 hari lamanya disertai dengan munculnya batuk-batuk & pilek sehingga di awal mulanya sering dianggap sebagai penyakit influenza biasa saja. Tapi, setelah memasuki hari ke 4 ataupun lima selama demam, mulai tampaklah bercak putih kelabu yg muncul.

Stadium Erupsi : di dalam masa ini bisa berlangsung selama 4 - 7 hari seusai munculnya bercak putih kelabu & ditambah dengan batuk. Timbulnya ruam dibagian tubuh mulai tersebar yg pada mulanya terlihat di telinga, wajah serta dibagian atas tengkuk lalu menyebar menuju ke bagian dada. Rasa gatal juga sudah dirasakan.

Stadium Konvlesensi : Pada stadium ini erupsi mulai melemah & suhu tubuh perlahan menurun. Pada keadaan ini sudah dimulai tahap penyembuhan.

Pengobatan yg lambat setelah stadium erupsi bila dibiarkan akan berdampak ke komplikasi serius misal penurunan imunitas, menyerang saluran pernafasan (Bronchopnemonia), Enteritis (mengalami muntah & mencret) atau sakit telinga karena serangan virus.

Campak sebetulnya bisa diderita oleh siapa saja tidak terkecuali orang dewasa sekalipun. Tetapi, biasanya menyerang anak-anak di usia 12 bulan & anak usia 1 - 4 tahun. Bayi & anak-anak yg ada diantara usia 12 bulan & usia 1 - 4 tahun mempunyai resiko tinggi terkena virus campak. Anak-anak yg mempunyai kondisi kesehatan yg buruk. Siapa saja yg mempunyai sistem daya tahan tubuh yg lemah akan mudah terkena penyakit campak

Cara Mengobati Campak

Pengobatan yg dijalankan untuk anak diawali dengan istrirahat yg cukup, memperbanyak minum, menjauhkan diri dari sinar matahari yg terik & untuk menurunkan demam yg tinggi dengan meyodorkan obat penurun panas yakni ibuprofen dalam waktu 1x24 jam dengan dosis 2x minum.

Apabila keadaan kurang membaik seperti mulai terlihat ruam & bercak dibeberapa bagian tubuh, segera bawa ke rumah sakit sakit agar dirawat lebih lanjut & akan diberikan antibiotik khusus untuk menghambat infeksi virus.

Cara tradisional untuk mengobati campak ialah dengan melakukan sejumlah langkah di bawah ini :

Baca juga ciri ciri penyakit lainnya :

ciri ciri penyakit hepatitis a
ciri ciri penyakit diabetes
ciri ciri penyakit kanker mulut
ciri ciri penyakit asam lambung
ciri ciri penyakit kanker rahim
ciri ciri penyakit jantung
ciri ciri penyakit hiv aids
ciri ciri penyakit ginjal

  • Untuk menurunkan demam tingginya berikan air kelapa muda sampai panas menurun
  • Siapkan jagung muda secukupnya, lalu parut & peras. Ambil ampas sari perasan yg kemudian dioleskan keseluruh bagian tubuh yg mulai muncul ruam.
  • Siapkan 3 siung kencur, 1 genggam tepung beras & asam jawa 1 sendok teh. Haluskan kencur lalu tambahkan tepung terigu & asam jawa, aduk rata. Balurkan ke seluruh bagian tubuh yang mempunyai ruam sampai sembuh
  • Sediakan 1 sendok makan bubuk kunyit & madu murni. Buatlah 1 gelas susu & tambahkan kunyit & madu tadi. Minum 2x sehari selama dua minggu.
  • Memakan buah jeruk sangat dianjurkan.



Share this: