Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil 6 Bulan

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil 6 Bulan



Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil 6 Bulan - Ketika hamil biasanya banyak yg menanyakan makanan apa saja yg sebaiknya dikonsumsi, termasuk apa saja buah yg baik untuk ibu hamil. Buah adalah makanan yg banyak mengandung vitamin & mineral yg sangat diperlukan bagi kesehatan ibu & perkembangan janin. Ketika hamil merupakan saat-saat dimana ibu sangat butuh tambahan suplemen supaya senantiasa mempunyai tubuh yg sehat, bugar, terhindar dari penyakit, & turut memperkuat ibu dalam mempersiapkan proses persalinan yg lancar. Sementara itu untuk janin juga sangat diperlukan tambahan nutrisi yg menunjang pertumbuhan & perkembangannya secara utuh baik untuk poses pembentukan di dalam rahim ataupun dampaknya ketika sudah dilahirkan.

Buah Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Jenis buah-buahan yg baik untuk ibu hamil & aman untuk dikonsumsi adalah berikut ini:

Kurma
Kurma merupakan buah yg baik buat ibu hamil karena buah tersebut kaya akan kalori. Walau buah ini bukan tanaman asli dari Indonesia, namun mudah ada di pasar swalayan ataupun pasar tradisional dengan harga yg terjangkau. Rasanya yg manis menunjukkan bahwa kurma menyimpan gula alami cukup tinggi yakni sekitar 70%. Dan juga kurma juga kaya akan asam folat, kalium, vitamin B, & zat besi. Mengkonsumsi kurma secara rutin bisa berkhasiat untuk mencegah kram selama hamil, meningkatkan stamina ibu hamil, menguatkan dinding rahim, & memacu perkembangan otak pada bayi.

Apel
Buah apel boleh apel merah atau hijau sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Buah tersebut mengandung banyak nutrisi penting, diantaranya vitamin B, vitamin K, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, omega 3, & zat antioksidan. Mengonsumsi buah apel bisa memberikan manfaat menjaga kestabilan berat badan pada ibu hamil, mempercantik kulit, & meningkatkan kekebalan tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Buah Naga
Buah yg baik untuk ibu hamil selanjutnya yakni buah naga. Buah tersebut sudah sangat dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. Buah naga menyimpan zat penting untuk ibu hamil, seperti protein, karbohidrat, vitamin, B1, B2, B3, B12, vitamin C, serat, fosfor, kalsium, zat besi, & antioksidan. Konsumsi buah naga bisa berkhasiat untuk memperkuat janin, melancarkan metabolisme, meningkatkan ketahanan tubuh, mengontrol tekanan darah & gula darah.

Stroberi
Konsumsi buah stoberi ketika kehamilan bisa bermanfaat untuk menjaga berat badan ibu hamil agar tetap stabil, mencegah bayi lahir prematur, menyegarkan kulit, & mencegah kecacatan pada janin. Stroberi banyak mengandung nutrisi, seperti vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B5, B6, omega 3, & magnesium.

Jambu Air
Jambu air juga merupakan buah yg baik untuk ibu hamil sebab mengandung berbagai nutrisi yg penting untuk kesehatan ibu & janin, seperti karbohidrat, fospor, kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, & zat besi. Mengkonsumsi jambu air sangat bermanfaat buat meningkatkan kinerja sel darah putih agar memerangi berbagai kuman penyakit. Jambu yg mengandung banyak air ini juga berguna untuk menjaga kesegaran & kebugaran tubuh ibu hamil.

Buah kersen
Buah kersen sangat mudah didapat di sekitar kita. Bahkan kalian bisa langsung memetik dari alam tanpa harus membelinya. Buah kersen rupanya juga mempunyai manfaat buat ibu hamil, seperti sebagai melancarkan pencernaan, anti peradangan, mengontrol gula darah, mengobati hipertensi, & menenangkan syaraf atau mencegah stress. Kandungan nutrisi jadi buah kersen diantaranya vitamin C, E, K, kalium, zat besi, mangan, tembaga, & sebagainya.

Kelapa
Kelapa juga merupakan buah yg baik buat ibu hamil karena kandungan airnya yg mengandung elektrolit yg sangat baik untuk meningkatkan stamina, mencegah dehidrasi, sekaligus bisa berfungsi sebagai penawar racun. Buah kelapa juga menyimpan kolesterol baik (HDL) yg berguna untuk memperlancar metabolisme protein & mencegah kecacatan janin atau bayi terlahir prematur.

Alpukat
Alpukat menyimpan berbagai zat penting diantaranya asam folat, zat besi, kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, B, & vitamin C. Mengkonsumsi alpukat ketika masa kehamilan sangat bermanfaat buat memperkuat tulang bayi, meningkatkan perkembangan otak bayi, sumber energi ibu hamil, dan bisa mencegah mual atau muntah ketika hamil.

Buah Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Selain buah yg baik untuk ibu hamil yg sudah dijelaskan di atas, ada sejumlah buah yg harus dijauhi selama kehamilan, yakni sebagai berikut:

Nanas
Nanas menyimpan zat yg bernama bromelain yg bisa menyebabkan leher rahim jadi lunak sehingga berpotensi menimbulkan bayi terlahir prematur. Sebaiknya engkau menjauhi buah tersebut selama kehamilan, apalagi di kehamilan awal (trimester I) karena akan beresiko memicu terjadinya keguguran.

Durian
Selama kehamilan, sebaiknya kalian juga menghindari mengkonsumsi buah durian. Karena kandungan alkohol yang ada di dalamnya tidak baik buat kesehatan ibu & janin. Kandungan alkohol tersebut bisa memicu tingginya kolesterol darah, mengganggu perkembangan janin, dan menaikkan tekanan darah ibu hamil. Durian juga menyimpan zat asam arachidonat yg mendorong pembentukan prostaglandin, dimana senyawa tersebut bisa memancing kontraksi rahim. Sehingga di kondisi tersebut bisa memicu terjadinya keguguran ataupun bayi terlahir prematur.

Pepaya muda
Pepaya yg tidak diperbolehkan dikonsumsi disini adalah pepaya muda atau yg masih mentah. Karena pepaya yg masih mentah menyimpan banyak lateks atau getah yg mempunyai efek memancing kontraksi rahim sehingga bisa menyebabkan keguguran. Sedangkan pada pepaya yg sudah masak & kulitnya sudah dibuang juga dicuci dengan baik, maka buah pepaya tersebut boleh dimakan & justru bermanfaat untuk ibu hamil apalagi untuk memperlancar pencernaan.

Di samping mengonsumsi buah, ada baiknya ibu hamil juga mengonsumsi banyak sayuran agar melengkapi nutrisinya yg sangat baik untuk kesehatan ibu & janin. Jenis sayuran yg bagus untuk ibu hamil diantaranya kangkung, bayam, brokoli, daun katuk, kedelai edamame,  daun singkong, & labu siam. Imbangi juga sama pola hidup sehat untuk ibu hamil yakni olahraga teratur (berupa senam hamil ataupun berjalan kaki), makan makanan & minuman yg benar-benar sudah dimasak sempurna, mengurangi konsumsi makanan yg berlemak, mengurangi mengomsumsi garam, istirahat cukup, & jangan lupa untuk senantiasa memeriksakan kehamilan kalian pada bidan atau dokter kandungan secara periodik.


Share this: