Cara Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan

Cara Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan



Cara Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan - mempunyai buah hati yg sehat & ceria merupakan dambaan setiap orang tua. Apapun keperluan buah hati, orang tua akan berusaha agar memenuhi dengan semaksimal mungkin. Mereka mau memastikan bahwa bayi kalian dalam keadaan sehat & terpenuhi segala kebutuhannya.

Cara Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan

Berat badan yg ideal adalah suatu hal yg menunjukkan bahwa bayi kalian sehat. Tapi jika bayi kalian mempunyai berat badan di bawah normal, kalian tidak usah khawatir, ada sejumlah jenis makanan penambah berat badan bayi yg disarankan untuk mendapatkan berat badan yg normal. Berikut dibawah ini adalah daftar makanan yg bisa kalian coba:

1. Buah pir

Buah pir merupakan salah satu jenis buah yg bisa kalian manfaatkan untuk mendatangkan berat badan bayi menjadi ideal sebab buah tersebut mengandung nutrisi yg dibutuhkan oleh anak seperti serat , vitamin, & zat besi. Anak kalian pasti menyukai rasa buah pir yg segar & manis. Hidangkan langsung sebagai cemilan ataupun bisa dengan dihaluskan terlebih dahulu.

2. Mangga

Siapa yg tak menyukai mangga? Anak kecil sampai dewasa tentu saja menyukai buah berwarna kekuningan dengan rasa yg nikmat ini. Bahkan buah mangga yg belum terlalu matang atau yg masih mentah seringkali digunakan untuk membuat rujak.

Di balik rasanya yg nikmat, mangga mengandung nutrisi yg diperlukan bayi dalam upaya untuk memberikan berat badan yg ideal di antaranya adalah serat & vitamin A. Vitamin A seperti kalian ketahui juga bermanfaat untuk kesehatan mata anak kalian.

3. Pisang

Dalam 1 buah pisang dapat diperoleh kalori sebanyak 105 kal yg pastinya sangat bermanfaat buat meningkatkan berat badan bayi. Pisang dapat disajikan begitu saja ataupun mencampurnya bersama susu, bisa juga diolah jadi puding lezat kesukaan si kecil.

Bukan hanya kandungan kalori, pisang juga mempunyai kandungan vitamin C buat mencegah sariawan juga karbohidrat yg membantu upaya untuk menaikkan berat badan. Tapi ingat, berikan buah pisang itu setelah bayi kalian berusia enam bulan ke atas.

4. Labu

Labu sering dipakai oleh ibu-ibu sebagai bahan makanan buat bayi mereka. Seringkali labu dihaluskan kemudian dicampur bersama sayuran ataupun buah lainnya. Labu memang sangat berguna untuk meningkatkan berat badan bayi sebab mengandung kalori yg cukup. Dan juga, labu banyak mengandung vitamin & antioksidan sebagai nutrisi buat mencegah radikal bebas.

5. Tahu

Selain buah-buahan diatas, sumber makanan lain buat menambah berat badan adalah tahu. Santapan olahan dari bahan dasar kedelai tersebut mengandung banyak sekali protein & kalsium untuk kesehatan tulang & gigi. Berikan sekitar tiga atau empat potong tahu kepada bayi buat menambah berat badan. Tahu itu bisa direbus ataupun digoreng tapi dengan minyak rendah lemak yg baik untuk kesehatan.

6. Jus buah

Buah memang merupakan makanan sehat alami yg bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikan jus buah yg segar pada anak sehingga akan membantu tercapainya berat badan ideal sesuai keinginan. Tapi jangan terlalu sering memberikannya jus, cukup 1 gelas per hari sebab bisa jadi anak bakal lebih memilih jus & tidak mau mengkonsumsi makanan lainnya, padahal tentu saja anak butuh sumber nutrisi dari bahan makanan yg lain.

Pastikan untuk kalian menyiapkan jus buah tersebut di rumah kalian sendiri karena meminum jus buatan pabrik bisa jadi melayangkan efek negatif dari pemanis buatan untuk anak kalian. Di samping itu, janganlah memberikan jus ketika perut kosong. Dikhawatirkan hal itu akan membuat perut anak akan mengalami masalah atau gangguan.

7. Kentang

Kentang memang enak untuk disajikan dengan cara digoreng ataupun mashed potato, yakni kentang yg sudah dihaluskan & dikasih bumbu serta susu agar mendapatkan rasa yg lezat. Nutrisi yg ada di dalam kentang bisa membantu menambah berat badan anak yakni karbohidrat. Kentang juga mempunyai kandungan mineral & vitamin yg baik buat tubuh.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun sering kali direkomendasikan untuk satu jenis minyak sehat yg baik bagi program diet & jantung kalian. Minyak zaitun mengandung lemak yg baik & bisa dimanfaatkan untuk memperoleh berat badan ideal yg sehat pada bayi. Minyak zaitun jua memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

9. Jagung

Direbus atau dipanggang, jagung begitu banyak digemari oleh orang-orang. Jagung mempunyai kemampuan untuk membantu menambah berat badan bayi atau anak kalian. Kalian bisa juga mendapatkan khasiat tersebut di dalam bentuk minyak jagung yg digunakan untuk makanan bayi kalian.

10. Telur

Dalam 100 gram telur, kalian bisa menemukan kurang lebih 13 gram protein. Protein tersebut bermanfaat untuk menambah berat badan anak kalian. Anak kalian juga membutuhkan vitamin A & sumber vitamin B12 agar membantu pertumbuhan. Mereka bisa mendapat nutrisi tersebut dengan mengkonsumsi telur. Untuk mencegah terjadinya alergi, ada beberapa aturan mengenai pemberian telur untuk anak. Jika anak kalian sudah berumur 8 bulan atau lebih, maka boleh untuknya mengkonsumsi kuning telur. Dan anak yg berumur 1 tahun atau lebih sudah diperbolehkan mengkonsumsi seluruh bagian telur baik kuning ataupun putih telur.

11. Susu almond

Almond sering disajikan dalam campuran dari beberapa jenis kue & makanan. Jika kalian sedang dalam upaya buat meningkatkan berat badan bayi, dengan almond ini , lebih tepatnya susu almond bisa kalian gunakan. Untuk hasil maksimal, berikanlah susu almond tersebut dengan rutin.

Di atas adalah sejumlah makanan yang bisa menambah berat badan bayi usia 9 bulan. Sebelum kalian mencoba untuk memberikan bahan makanan tersebut, ada baiknya kalian mengenal apakah bahan makanan tersebut mengakibatkan alergi atau tidak pada bayi kalian. Selain itu, perhatikan usia minimal dalam pemberian setiap jenis makanan tersebut.
    Baca Juga :


Share this: