Cara Mengobati Mata Rabun Jauh Secara Alami Dan Cepat

Cara Mengobati Mata Rabun Jauh Secara Alami Dan Cepat



Cara Mengobati Mata Rabun Jauh Secara Alami Dan Cepat - mempunyai mata minus atau rabun tentu sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Seringkali kalian kesulitan untuk melihat objek yg jauh jika tidak memakai bantuan kacamata. Jika kalian berpikir bahwa mata minus tidak bisa disembuhkan, kalian salah. Pasalnya, ada beberapa cara mengurangi mata minus yg cukup efektif & layak untuk dicoba.

Mata minus sendiri adalah sebuah penyakit mata yg dikenal dengan istilah rabun. Mata rabun dibagi atas rabun jauh & rabun dekat. Rabun jauh adalah kelainan mata dimana tidak bisa melihat benda atau objek secara jelas dengan jarak yg jauh. Sedangkan rabun dekat adalah kebalikan dari rabun jauh. Umumnya rabun dekat ini diderita oleh orang yg sudah lanjut usia.

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami

Berikut dibawah ini adalah sejumlah cara alami untuk mengurangi mata minus.

Makan Makanan Yang Baik Untuk Mata

Dengan mengonsumsi sayuran ataupun buah-buahan yg banyak mengandung vitamin A bisa membantu mengatasi mata minus. Beberapa makanan yg bisa menjadi obat mata minus tersebut diantaranya adalah apel, alpukat, telur, ikan salmon, & juga berbagai sayuran yg berwarna hijau.

Lepaskan Kacamata
Menggunakan kacamata ternyata tidak bisa membantu mengurangi mata minus kalian. Gunakan kacamata yg ukuran minusnya setingkat lebih rendah dari minus kalian, supaya mata kalian terlatih untuk mengembalikan fokus mata. Apabila dirasa jarak yg kalian pandang masih terlihat jelas, lepaskan kacamata kalian.

Senam Mata

Untuk mata kalian yg terasa lelah, kalian bisa melakukan senam mata guna melatih otot mata kalian. Caranya pertama-tama percikan air bersih secara lembut ke mata kalian. Setelah itu putar kepala kalian searah jarum jam tanpa menutup mata kalian 10 hitungan sebanyak 3 kali putaran. Lalu lakukan dengan arah yg berlawanan.

Dalam keadaan tegak lurus, miringkanlah badan ke kanan & ke kiri masing-masing 11 hitungan sebanyak 4 kali. Lalu gelengkan kepala ke kiri, kanan, & depan sebanyak 11 kali hitungan. Setelah itu lirikkan bola mata kalian ke bawah, atas, kiri, kanan, sambil melirik benda untuk melatih fokusnya. Kemudian lakukan pijatan ringan disekitar mata kalian, dengan arah memutar. Terakhir, kedipkan mata kalian secara normal.

Latihan Melihat Objek yang Jauh
Tanpa memakai kacamata, cobalah untuk melatih mata kalian melihat benda-benda dengan jarak yg jauh. Latihan tersebut berguna untuk melatih otot-otot mata kalian supaya mengembalikan fokusnya. Cobalah juga melihat pemandangan yg hijau, seperti pergi ke bukit, gunung, melihat sawah ataupun pohon-pohonan. Lakukanlah setidaknya 5 hingga 10 menit untuk melatih otot mata kalian.

Gunakan Pelindung Layar Anti-Radiasi
Jika kalian bekerja di depan layar laptop atau komputer, gunakan layar anti radiasi agar mengurangi paparan dari sinar layar laptop, komputer, atau televisi.

Tatap & Ikuti Objek Bergerak
Jika kalian lagi ada di jalan raya, cobalah mengamati benda-benda ataupun orang-orang yg berlalu lalang. Perhatikan & upayakan supaya penglihatan kalian fokus & yg tentunya tanpa menggunakan kacamata. Latihan tersebut juga cukup ampuh sebagai bagian dari cara untuk mengurangi minus mata.

Jaga Kebersihan Mata
Cara atasi mata minus yg selanjutnya ialah dengan menjaga kebersihan mata. Untuk membersihkan mata, kalian bisa menggunakan tetes mata apabila memang dirasa perlu. Hal itu ditujukan agar mata kalian terhindar dari bakteri ataupun kotoran.

Istirahat Setiap 29 Menit dari Depan Layar
Jika pekerjaan kalian menuntut kalian untuk ada di depan layar monitor dari komputer ataupun laptop, upayakan luangkan waktu kalian setiap 29 menit. Gunakanlah waktu tersebut buat melihat ke arah lain misalnya melihat pemandangan yang ada di luar, atau hanya untuk sekedar mengambil air.

Keluarkan Air Mata
Rupanya dengan mengeluarkan air mata, membantu untuk membersihkan mata kalian secara alami. Jika mau memaksanya keluar, kalian bisa melakukannya dengan menatap lilin yg dinyalakan & diletakkan di depan mata kalian. Semakin banyak air mata yg keluar, maka semakin baik, tapi jangan berlebihan.

Menggunakan Kacamata atau Helm Saat Berkendara
Cara mengobati mata minus juga bisa dimulai dengan selalu menggunakan kacamata & helm ketika lagi mengendarai kendaraan bermotor. Keduanya mempunyai fungsi agar melindungi mata kalian dari masuknya debu ke dalam mata kalian.

Lakukan Eye Palming
Eye palming adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan mata kalian yg lelah. Caranya, gosokkan kedua telapak tangan kalian sampai terasa hangat. Setelah itu pejamkan mata kalian & tempelkan kedua telapak tangan tersebut tapi jangan sampai bola mata kalian tertekan.

Tutuplah dengan rapat supaya tidak ada cahaya yg masuk. Ulangilah langkah-langkah itu sampai mata kalian terasa rileks & santai. Kalian bisa melakukan trik tersebut kapan saja setiap mata kalian mulai terasa lelah.

Kompres Air Hangat
Trik ini tak jauh beda dengan trik eye palming diatas, tapi kali ini memakai kompresan air hangat. Caranya celupkan kain ataupun handuk kecil ke dalam air hangat lalu kompreskan ke area kelopak mata kalian sambil berbaring. Lakukan beberapa kali sampai mata kalian kembali terasa segar.

Jangan Makan Makanan yang Kurang Sehat
Selain menambah asupan nutrisi dengan makanan yg kaya vitamin, kalian juga harus mengurangi masukan makanan yg kurang sehat untuk mata. Sejumlah makanan tersebut diantaranya adalah kafein, gula, alkohol, gorengan, & juga rokok.

Itu dia beberapa cara mengurangi mata minus yg bisa kalian coba praktekkan. Langkah-langkah tersebut cuma akan membuahkan hasil apabila kalian sabar & tekun dalam menjalaninya. Semoga bermanfaat


Share this: