Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan



Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan - Pasti muncul ketakutan bagi para orang tua apabila barang yang dibeli akan kurang atau tidak sesuai dengan kebutuhan bayi. Hal ini karena mempersiapkan kebutuhan bayi tentu akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit.

Daftar Perlengkapan Untuk Bayi Baru Lahir

Perlengkapan bayi terdiri dari berbagai macam seperti perlengkapan mandi, perlengkapan pakaian, perlengkapan makan bayi, perlengkapan bepergian, dan sebagainya. Berikut adalah perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir.

1. Perlengkapan pakaian

- Baju bayi. Siapkan baju bayi dengan berbagai jenis dari lengan pendek maupun lengan panjang. Beli juga baju dengan ukuran yang tidak terlalu kecil karena bayi akan cepat besar dan pakaian tidak cukup lagi. Pilihlah bahan yang lembut dan bisa menyerap keringat. Pilih juga baju dengan kancing depan agar mudah untuk dipakaikan.

- Celana bayi dan popok. Siapkan celana bayi dengan bahan yang lembut. Namun bayi terkadang jarang dipakaikan celana karena akan sulit melepas pasang saat bayi buang air. Biasanya bayi baru lahir hanya dipakaikan popok lalu digedong. Gunakan popok kain yang bisa dicuci atau popok terkini yaitu clodi. Clodi berbentuk seperti pampers tapi terbuat dari kain dan bisa dicuci. Hindari pemakaian pampers terlalu sering karena mengakibatkan iritasi. Anda bisa menggunakan pampers saat sedang dalam perjalanan jauh.

- Kaos kaki. Peralatan ini digunakan untuk memberi kehangatan pada kaki bayi. Pilihlah kaos kaki berbahan yang lembut dan karet yang tidak terlalu ketat agar tidak menyakiti pergelangan kaki bayi.

- Sarung tangan. Tujuan pemakaian sarung tangan adalah untuk memberi kehangatan pada bayi. Pilihlah sarung tangan dengan karet yang tidak terlalu ketat.

- Topi bayi. Topi juga ditujukan untuk menghangatkan kepala bayi. Pilihlah bahan topi yang lembut dan hangat. Pilihlah topi bayi yang tidak ketat dan bisa dilepas dengan mudah.

- Bedong bayi. Bedong digunakan untuk menghangatkan bayi. Pilihlah bedong dengan bahan yang lembut.
Pilihlah gurita yang berbahan lembut dan lebar.

- Jaket bayi. Jaket bisa Anda persiapkan dan digunakan apabila bayi tidak menggunakan bedong.

2. Perlengkapan mandi

- Bak mandi. Pilih bak mandi yang tidak terlalu lebar dan terdapat dudukan untuk si bayi.
- Perlak mandi. Perlak digunakan untuk alas saat si bayi sesudah mandi atau saat mengganti popok agar area lain tidak terkena basah.
- Sabun bayi. Pilihlah sabun mandi khusus bayi dengan pH rendah.
- Sampo bayi. Pilihlah shampoo khusus untuk bayi agar kulit bayi tidak sensitive atau iritasi.
- Bedak bayi. Pilihlah bedak bayi yang sesuai. Bedak bayi digunakan setelah bayi mandi agar lebih harum.
- Tisu basah. Sediakan tissue basah untuk membersihkan bayi saat setelah BAK atau BAB. Anda juga bisa menggunakan kapas dan air bersih biasa. Namun tisu basah lebih efektif untuk dibawa bepergian.
- Handuk bayi. Pilihlah handuk bayi yang lembut.
- Gunting kuku. Siapkan gunting kuku untuk bayi karena kuku bayi akan lebih cepat panjang.
- Minyak telon. Minyak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan setelah bayi mandi.

3. Perlengkapan tidur

- Kasur atau tempat tidur bayi. Sesuaikan tempat tidur bayi dengan ruangan Anda atau kebutuhan. Jika Bunda tidak mau bayinya di tempat tidurnya sendiri, Anda bisa membeli kasur bayi saja.
- Bantal dan guling. Pilihlah bahan yang empuk dan kain sarungnya yang lembut.
- Perlak untuk alas tidur. Perlak untuk mencegah rembesar saat bayi buang air.
- Peralatan ini diperuntukkan agar nyamuk atau seranggan lain tidak menggigit bayi.

4. Perlengkapan makan

- Botol susu. Pilihlah botol yang berlabel BPA free untuk botol penyimpanan ASI. Belilah beberapa untuk stok ASI.
- Pompa ASI. Pompa ASI boleh dipersiapkan sejak dini boleh tidak. Beberapa orang memiliki kesulitan keluarnya ASI di minggu pertama. Pompa ASI juga bisa digunakan untuk menampung ASI Anda dan disimpan di dalam botol.
- Warmer atau penghangat digunakan untuk menghangatkan ASI setelah disimpan dalam kulkas.

5. Perlengkapan berpergian

- Gendongan bayi. Pilihlah gedongan bayi yang sesuai dan nyaman dengan Bunda.
- Tas bayi. Tas bayi digunakan khusus tempat menyimpan barang-barang bayi Anda saat diajak berpergian agar lebih terorganisir.
- Merupakan alat yang sangat membantu saat mengajak bayi Anda jalan-jalan ke luar rumah. Namun disesuaikan juga dengan lingkungan rumah dan bukan merupakan barang wajib.

Berbagai barang barang di atas perlu Anda siapkan untuk menyambut bayi baru Anda. Segala keperluannya perlu disediakan agar saat bayi lahir, sudah tidak bingung lagi. Anda juga bisa menyesuaikan motif dan warna barang-barang tersebut sesuai jenis kelamin bayi Anda.
    Baca Juga :


Share this: