Hamil 8 Bulan Perut Kecil

Hamil 8 Bulan Perut Kecil




Hamil 8 bulan perut kecil - Ukuran perut ibu hamil selalu dibanding-bandingkan satu dengan lainnya. Apalagi jika usia kehamilan sudah semakin bertambah, tapi perut Ibu masih juga kecil. Sebenarnya itu tidak bisa dijadikan sebuah patokan, sebab ukuran perut tak berkaitan langsung sama berat badan bayi ketika dilahirkan.

Hamil 8 Bulan Perut Kecil

Tidak sedikit ibu hamil dengan perut yg terlihat lebih besar, sebetulnya berat badan bayinya berukuran normal. Tetapi, ada jua ibu hamil dengan perut yg memang terlihat besar, sebab sebelum hamil munkin sudah gemuk. Nah, jika ukuran perut sangat besar, barulah patut dicurigai, sebab bisa saja sang ibu mengalami sakit gula gestasional, yakni diabetes yg terjadi ketika hamil sehingga janin menjadi besar melampaui normal karena terlalu banyak mendapat gula dari ibunya. Bukan hanya itu, kemungkinan penyebab lainnya ialah kelebihan cairan ketuban.

Ukuran perut bunda hamil bisa di bagi ke dalam 40 minggu, atau 3 trimester, sesuai dengan tingkat pertumbuhan janin. Biasanya di trimester pertama, perut bunda hamil belum terlihat membesar, lantaran perkembangan janin baru beberapa centimeter. Organ-organ penting janin mulai berkembang di usia 5 minggu. Itu sebabnya trimester pertama merupakan masa yg sangat penting, karena embrio sudah berkembang menjadi 'tubuh' janin. Di minggu ke-6 & ke-7, jantung janin mulai berdenyut untuk pertama kalinya, & ukuran tubuhnya juga berkembang 2x lipat. Di minggu ke-9, mulai tampak jenis kelamin janin, & di minggu ke-10 embrio mulai berubah jadi janin kecil.

Dokter atau bidan juga akan menjalani pengukuran tinggi fundus (yaitu bagian paling atas rahim) ketika kehamilan untuk mendeteksi terdapatnya berbagai kemungkinan. Tinggi fundus sebetulnya sama dengan umur kehamilan. Misal, hamil 20 minggu = 20 centimeter (sampai sekitar 36-37 minggu). Angka itu bisa berfluktuasi 2-4 centimeter lebih tinggi/rendah.

Tidak sedikit perut ibu hamil yg hampir tidak kentara, walau usia kehamilannya sudah cukup tua & segalanya berjalan normal, yg mungkin dikarenakan oleh:
  1. Hamil untuk pertama kali. Jika otot-otot perut bunda tidak pernah melar sebelum hamil, dengan begitu otot-otot cenderung kencang. Alhasil, janin akan melekat erat & terletak tinggi, jadinya perut terlihat 'kecil'. Begitu pula, di kehamilan kedua & seterusnya, perut bisa tetap tampak kecil jika tubuh sang bunda sangat atletis & fit sebelum kembali hamil.
  2. Posisi sang bayi. Janin yg mulai bergerak & berubah posisinya dengan teratur sampai usia kehamilan minggu ke-32 hingga ke-34. Perut ibu boleh jadi bisa terlihat lebih kecil & di suatu saat sedikit semakin besar, tergantung posisi janin. Ketika hamil 'tua', janin bakal bergerak dari satu sisi menuju ke sisi lain, jadinya akan mengubah bentuk perut sang bunda.
  3. Tinggi tubuh. Untuk ibu-ibu yg bertubuh tinggi & pinggang tinggi kemudian luas, punya cukup ruang untuk perkembangan janin. Perut ibu juga terlihat lebih kecil lantaran rahim tidak terlalu terdorong kedepan.
  4. Rahim mendorong usus. Rahim yg berkembang bisa mendorong usus ke atas & ke belakang, terselip ke belakang rahim. Tapi, jika usus terdorong menuju ke sisi-sisi rahim, akan mengakibatkan perut tampak lebih membulat, penuh & lebih besar.

Baca Juga :
Hamil 7 Bulan Naik Motor

Dengan begitu, bila sekarang Ibu sedang hamil & perut Ibu tak terlalu besar, tidak perlu khawatir. Yang penting Ibu & janin dalam keadaan sehat & perkembangan janin sesuai dengan yg semestinya.



Share this: