Gejala Sakit Ginjal Pada Wanita

Gejala Sakit Ginjal Pada Wanita



Gejala sakit ginjal pada wanita - Batu ginjal dapat dialami oleh siapa saja bisa itu wanita atau juga pada pria, bahkan dari yg muda hingga yg sudah berusia lanjut. Batu ginjal merupakan pengendapan mineral di dalam ginjal dengan seiringnya waktu bakal berubah menjadi kristal-kristal yg akan menghambat keluarnya air seni. Ginjal adalah satu dari beberapa organ penting di dalam sistem tubuh yg berfungsi sebagai penyaring racun dari dalam tubuh. terkadang kelebihan kalsium & protein di dalam tubuh juga akan di buang dari tubuh melalui urin. Proses penyaringan di ginjal terjadi pada glomeruli.

Lantas apa saja gejala & penyebab batu ginjal pada wanita biasanya ? berikut uraiannya.

Penyebab Batu Ginjal

Ada sejumlah jenis batu ginjal di lihat dari pada komposisi. Kejadian batu ginjal yg paling umum terjadi ialah batu ginjal yg terbentuk dari kalsium oksalat yg sudah mengkristal. Kejadian batu ginjal pada wanita serupa dengan kasus batu ginjal yg terjadi pada pria.

Penyebab yg paling umum ialah kurangnya asupan air putih & cairan di dalam tubuh. Lantaran tubuh akan mengalami dehidrasi & ginjal tidak bisa melarutkan & membuang garam kalsium dari daam tubuh. Dosis vitamin D yg tinggi, gangguan metabolisme, faktor makanan yg kurang sehat juga bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal kepada wanita.

Batu asam urat merupakan indikasi dari tingginya asam urat di ginjal, yg bisa dilihat di dalam urin. Hal ini akan terjadi ke seseorang yg mempunyai dehidrasi kronis.
Batu struvite ataupun disebut dengan batu magnesium amonium fosfat jauh lebih besar dari pada batu kalsium. Terdapatnya batu-batu tersebut dikarenakan adanya infeksi saluran urin. Bakteri yg dapat mengakibatkan terjadinya infeksi seperti itu akan mengeluarkan sejumlah tinggi amonia, bisa meningkatkan PH urin serta juga akan membuang magnesium yg berlebihan.

Beberapa ahli pada bidang ginjal juga bersuara bahwa faktor genetik bisa berperan dalam terbentuknya batu ginjal. Penyakit batu ginjal yg dikarenakan dari faktor genetik sering dikenal dengan cystinuria, yg dimana ada kadar asam amino yg tinggi dalam urin.

Tapi gejala & tanda batu ginjal pada wanita tak mudah terdeteksi. Hal itu dikarenakan rasa nyeri pada perut bagian bawah wanita karena sering diabaikan. Untuk itu kalian harus mengetahui gejala & penyebab batu ginjal. Berikut penjelasan dibawah ini mengenai gejala batu ginjal pada wanita.

Gejala utama yg sering dirasakan oleh pengidap batu ginjal ialah rasa sakit di perut. Rasa nyeri ini bisa menjalar ke arah belakang & juga akan merasa seperti kena penyakit gagal ginjal. Maka dari itu kalian harus mewaspadai apabila kalian mengalami hal tersebut.

Gejala batu ginjal yang lainnya adalah perubahan warna urin yg menjadi warna merah muda atau warna merah kecoklatan lantaran adanya darah. Beberapa dari wanita barangkali juga bisa mengalami dorongan yg kuat untuk buang air kecil & rasa terbakar ketika buang air kecil.

Kebanyakan kasus terdapatnya infeksi ginjal, sebagian wanita juga akan mengalami demam yg tinggi, rasa mual serta muntah & disertai menggigil.

Pencegahan & Pengobatan Batu Ginjal Bagi Wanita

Pencegahan & pengobatan pada wanita adalah hal penting untuk bisa mendiagnosa serta melakukan pengobatan batu ginjal sebelum jadi parah & terjadinya gagal ginjal. Sebelum menjalani pengobatan untuk batu ginjal sebaiknya kalian melakukan tes diagnostik dan juga pemeriksaan tes fisik, tes urin & donografi untuk mengetahui sejarah kesehatan pasien tersebut.

Cara mengatAsi batu ginjal bisa kalian lakukan dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit bisa kalian dapatkan dengan resep yg digunakan untuk meringankan peradangan & rasa sakit akibat penyakit batu ginjal tersebut. Barangkali pengidap batu ginjal akan membutuhkan litotripsi yg dimana gelombang suara dipakai sebagai pemecah kristal. Di beberapa kondisi dokter akan mengambil tindakan untuk melakukan operasi batu ginjal jika batu ginjal itu sudah terlalu besar.

Bila kalian ingin melakukan diet, lakukanlah diet sehat yg terdiri dari banyak buah & sayuran. Karena makanan yg banyak mengandung kalsium harus betul-betul kalian hindari. Dan ingat juga agar mengkonsumsi air putih atau cairan akan membantu untuk mencegah akumulasi garam kalsium di dalam ginjal. Makanan yg harus kalian batasi seperti makanan unggas, daging serta ikan. Lakukan pengecekan dengan rutin ke rumah sakit atau dokter kesehatan sebagai suatu cara untuk mengatasi batu ginjal guna membantu mendiagnosa keadaan saat ini pada tahap awal & mencegah batu ginjal menjadi makin parah dari sebelumnya.

Baca Juga :
Gejala Asam Urat Pada Kaki

Serta selalu terapkan gaya hidup sehat buat menjaga kesehatan tubuh kalian supaya terhindar dari berbagai macam penyakit lainnya yg bisa menyerang kekebalan tubuh kalian.


Share this: