KB Yang Tidak Bikin Gemuk

KB Yang Tidak Bikin Gemuk




KB yang tidak bikin gemuk - Apapun rencana kalian, entah ingin mempunyai anak lagi ataupun tidak, kenali jenis-jenis kontrasepsi yg bisa kalian pilih. Namun sebelumnya, ada sejumlah hal perlu diperhatikan ketika memilih kontrasepsi ataupun alat KB:

- Tujuan memakai kontrasepsi. Apakah tujuannya buat menunda, membuat jarak usia anak, ataukah tidak ingin hamil lagi? Bagi yg ingin menunda, cara sterilisasi (operasi untuk wanita ataupun tubektomi) bukanlah pilihan, karena sifatnya yg permanen.

- Seberapa efektifkah metode KB di dalam mencegah kehamilan. Sebelum ibu menentukan pilihan, ada baiknya cari tahu tingkat efektivitas dari setiap alat kontrasepsi dulu. Cari informasi sebanyak-banyaknya lewat internet, buku, majalah ataupun rekomendasi teman, untuk tahu tingkat efektivitas, efek samping yg mungkin timbul, jangka waktu penggunaan, dan lain-lain.

- Kenali riwayat kesehatan keluarga. Ketika memilih metode KB, ibu juga perlu menyesuaikan dengan keadaan atau riwayat kesehatan ibu. Caranya, coba konsultasi dengan dokter jika memang ada riwayat kanker ataupun tumor dalam keluarga. Selain itu, ceritakan juga pola makan & aktivitas ibu sehari-hari, serta hasil pemeriksaan kesehatan lainnya, seperti tekanan darah, dan lain-lain.

- Pilih yg membuat kalian nyaman. Apakah kalian lebih senang menggunakan kontrasepsi mekanik, oral atau implan? Setelah mengetahui tujuan, informasi mengenai beragam metode KB & berkonsultasi bersama dokter, ibu pun bisa memilih metode yg membuat nyaman.

Berikut ini adalah jenis-jenis alat kontrasepsi yg bisa ibu pilih :

PIL
Ada tiga pilihan pil Andalan yg sesuai dengan kebutuhan ibu:

1. Pil KB Andalan
Keunggulan: Untuk yg ingin KB tanpa takut gemuk, & ingin memperhalus kulit.
Efektivitas: 99,7% jika dikonsumsi secara rutin & tepat waktu.

2. Pil KB Andalan FE
Keunggulan: Alat kontrasepsi yg memiliki kandungan hormon rendah ini bisa juga menjaga siklus haid lebih teratur & membantu memenuhi kebutuhan zat besi ketika haid, sehingga kalian tidak lemas ktika haid.
Efektivitas: 97-99% jika dikonsumsi secara rutin & tepat waktu.

3. Pil KB Andalan Laktasi
Keunggulan: alat KB hormonal ini cuma mengandung 1 jenis hormon berdosis rendah jadinya aman dipakai oleh ibu menyusui, karena tidak memberi pengaruh produksi & kualitas ASI. Ibu pun tetap bisa memberikan ASI ke si kecil. Dan juga, dapat digunakan bagi wanita yg alergi terhadap hormon estrogen
Efektivitas: 99,7% jika dikonsumsi secara rutin & tepat waktu.

IUD
Ada beberapa jenis IUD yg dimiliki oleh Andalan yakni :

1. Silverline
Mempunyai dua macam jenis yakni Cu 380 Ag (efektif bisa digunakan sampai 5 tahun) & Cu 200 Ag (efektif bisa digunakan sampai 3 tahun). IUD Silverline tersebut bentuknya modern, dengan tembaga & berinti perak. Desain unik membuat nyaman ketika pemasangan, penggunaan, serta juga ketika pelepasan
Efektivitas: sampai 99.4% jika dipasang sesuai dengan prosedur dari dokter.

2. TCu 380A
Keunggulan: pilihan kontrasepsi nonhormonal jangka panjang yg minim efek samping.
Sekalinya dipasang bebas urusan KB selama 10 tahun. Dan ini meripakan rekomendasi dari WHO.
Efektivitas: sampai 99,4% jika dipasang sesuai dengan prosedur dari dokter.

3. Cu 375 Sleek
Keunggulan: cuma berukuran 2,8 cm, lebih kecil ketimbang ukuran IUD lainnya, sehingga jadi lebih mudah dipasang. Cocok untuk wanita yg belum pernah melahirkan, atau yg memiliki rahim pendek.
Efektivitas: sampai 98% jika dipasang sesuai dengan prosedur dari dokter. Bisa mencegah kehamilan lebih dari 5 tahun.

Catatan: Metode KB tersebut bisa dilepas kapan saja jika ibu ingin hamil kembali.

SUNTIK
Nyaman, praktis & pribadi karena hanya si ibu yg tahu.
Ada dua jenis kontrasepsi ini yg bisa dipilih oleh ibu yakni Suntik KB 3 Bulan & Suntik KB 1 Bulan.

IMPLAN
KB jangka panjang yg tidak perlu periksa bawah.

KON DOM

Baca Juga :
Cara Menyempitkan Lubang Kewanitaan Secara Alami

Alat KB dari bahan lateks ini nyaman & praktis. Menggunakan kon dom mendukung peran suami di dalam hal menunda kehamilan. Ibu bisa merasa nyaman dalam memilih alat KB ini, sebab dilapisi pelumas untuk mencegah iritasi, & sudah diuji elektronis & mendapat sertifikat ISO 4074.



Share this: