Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Penyakit Hepatitis A

Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Penyakit Hepatitis A




Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Penyakit Hepatitis A - Untuk melakukan pendeteksian dini serta mengenal gejalanya terhadap hepatitis A sungguh sulit, dikarenakan penderitanya tak merasakan apapun ketika masa inkubasi menyerang. Butuh waktu sekitar tiga minggu lamanya ataupun 14-49 hari untuk menunjukan tanda-tanda awal seperti kondisi mual, diare, pusing & gejala lainnya yg terlintas seperti penyakit umum.

Virus berasaskan jenis hepatitis A (VHA) ini biasanya menyerang negera yg sedang berkembang salah satunya Indonesia, biasanya dikarenakan keadaan sanitasi yg buruk & kecukupan air yg kurang terpenuhi. Ketika hari Hepatitis sedunia pada tahun 2010 di Athun ada 102.000 kematian yg disebabkan dari hepatitis A karena penaganan yg kurang cepat. Penderitanya melanda orang dewasa, lansia dan juga anak-anak.

Gejala

Untuk mengenal sedini mungkin seusai masa inkubasi selesai, berikutnya akan ditemui beberapa gejala yg muncul berikut dibawah ini :

  • Virus hepatitis A
  • Rasa nyeri di otot & sendi
  • Kelelahan setiap saat padahal tidak melakukan aktivitas berlebih
  • Kehilangan rasa selera makan
  • Rasa mual mau muntah & pahit pada lidah
  • Sakit kepala & demam di malam hari
  • Perut kembung tidak kunjung hilang
  • Kulit & mata (area putih) menguning terlihat pucat 
  • Diare yg warna facesnya kuning pucat
  • Warna air seni menguning
  • Pembengkakan hati ditandai dengan adanya rasa sakit di area perut bagian kanan ketika ditekan

Untuk mengetahui tingkatan stadium penyakit tersebut dibagi jadi 3 antara lain stadium masa inkubasi yg berlangsung selama 14-49, ini pun tergantung dari daya tahan tubuh. Apabila sudah selesai masa inkubasinya bakal berlanjut ketahap stadium prodomal yg sudah menunjukan gejala-gejala umumnya seperti flu meyerang ataupun menunjukan gejala infeksi saluran pernafasan & di stadium klinis barulah gejala yg timbul lebih spesifik bisa terlihat seperti perubahan warna urine & kulit menguning, sampai mengalami sakit kuning.

Penyebab Hepatitis A

  • Menjalani gaya hidup yg kurang sehat
  • Memakan makanan & minuman yg sudah terkontaminasi
  • Memasak makanan kurang hieginis contohnya memasak daging, sayuran & buah-buahan termasuk makanan yg ada di warung-warung yg kurang terjaga kebersihannya
  • Melakukan hubungan-hubungan tersembunyi seperti pasangan yg sudah menikah dengan penderita
  • Pemakaian jarum suntik
  • Risiko tinggi bagi mereka yg bekerja kaitannya dengan kotoran

Pengobatan Hepatitis A

Penyakit jenis ini dibandingkan hepatitis yang lain tak terlalu berbahaya dikarenakan sistem imun akan mampu menghilangkan virus tersebut dalam waktu beberapa bulan (1 sampai 2 bulan) kecuali di derita oleh penderita usia lanjut. Bila sudah sembuh total berikutnya penderita tak akan pernah bisa terinfeksi kembali terhadap penyakit ini. Untuk membuat hal itu terjadi harus melakukan perubahan hidup yg sehat.
Adapun cara untuk melakukan langkah pengobatan dini yakni dengan membuat ramuan sebagai berikut :

Kunyit - Banyak zat penyembuh yg terkandung didalamnya, kunyit salah satunya minyak atsiri yg bermanfaat sebagai anti microba. Cara membuatnya adalah dengan mencuci bersih kunyit & memarutnya. Peras ambil sarinya yg dicampur dengan madu asli kemudian ditambah dengan air hangat. Minumlah ramuan ini 3x satu hari sampai gejala yg ditimbulkan hilang.

Buah mahkota dewa - zat tanin, flavonoid, lignan & astiri bisa meyembuhkan hingga total. Dengan menelan air rebusan buah mahkota dewa yg sudah kering dengan teratur 1x sehari sampai gejalanya hilang.

Temulawak - Untuk membuat ramuan ini lakukan dengan cara yg sama seperti kunyit. Temu lawak bakal membantu meningkatkan daya tubuh buat melawan penyakit ini sebab kandungan kurkumin sebagai antioksidan. Konsumsi 2x sehari pagi & sore hari. Temulawak juga bermanfaat sebagai zat antioksidan hepatotoksit (antioksidan kerusakan hati dikarenakan mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu).

Baca juga ciri ciri penyakit lainnya :

ciri ciri penyakit jantung
ciri ciri penyakit kanker mulut
ciri ciri penyakit ginjal
ciri ciri penyakit asam lambung
ciri ciri penyakit hiv aids
ciri ciri penyakit kanker rahim
ciri ciri penyakit diabetes
ciri ciri penyakit campak

Tapi, perlu memeriksakan diri pada dokter agar mengetahui seberapa parah hepatitis yg diderita dan kalau perlu dokter akan memberikan vaksinasisai hepatitis A pada penderita & memberikan obat jenis tertentu agar mempercepat proses penyembuhan.



Share this: