Ciri Tanda Gejala Dan Penyebab Penyakit Diabetes

Ciri Tanda Gejala Dan Penyebab Penyakit Diabetes



Ciri Ciri Penyakit Diabetes - Diabetes alias penyakit gula merupakan salah satu penyakit degeneratif yg sekarang ini sering dialami oleh orang banyak. Dikatakan degeneratif berarti penyakit ini mulai menerpa seiring bertambahnya usia seseorang yg pada umumnya, saat memasuki usia 31 tahun ke atas, risiko terkena penyakit ini semakin lebih besar.

Di dalam dunia medis, penyakit ini bisa terjadi di karenakan tubuh menderita kekurangan hormon insulin atau terjadinya kekuatan (penolakan) insulin di dalam tubuh yg dihasilkan oleh pankreas. Tugas dari insulin itu sendiri yakni menyerap kadar gula atau glukosa di dalam aliran darah yg kemudian mensirkulasikannya menuju sel-sel tubuh selanjutnya digunakan untuk dijadikan sumber energi.

Apabila resistensi insulin sering terjadi di dalam tubuh akan mengakibatkan kadar gula darah jadi tidak normal, dengan kata lain glukosa di dalam darah mengalami penumpukan di karenakan insulin tidak merubahnya menjadi energi. Tidak banyak yg mengetahui datangnya penyakit yg satu ini, bahkan gejala dari diabetes awalnya pun sangat sulit dikenali hingga dalam keadaan yg cukup serius barulah merasakannya.

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit degeneratif populer dewasa ini. Hindari penyakit ini dengan mengenal gejala diabetes & apa penyebabnya.

Penyakit gula ini bisa dikatagorikan jadi tipe 1 & tipe 2 di karenakan kondisi penyebabnya yg berbeda. Pada tipe 1 pankreas tak mampu menghasilkan insulin yg dibutuhkan oleh tubuh di karenakan adanya virus yg menyerang sel penghasil insulin. Dan untuk tipe 2 pankreas bisa menghasilkan insulin tetapi mengalami resistensi insulin seperti yg sudah dijelaskan diatas.

Bagaimana kita mengenal tanda-tanda diabetes atau penyakit kencing manis ini secepat mungkin ?

Jangan sampai terlambat mengetahui gejala penyakit ini, bukan tidak mungkin penyakit ini bisa menyerang di usia produktif dikarenakan memakan makanan yg kurang sehat. Kenali gejalanya sebagai berikut dibawah ini :

  • Sering buang air kecil apalagi di malam hari, hal tersebut diiringi dengan rasa haus yg berlebih dikarenakan tubuh yg kehilangan banyak cairan.
  • Apabila terjadi luka, butuh waktu yg lama untuk sembuh, ketika kondisi ini biasanya status penyakit sudah ada di dalam kondisi lampu kuning.
  • Terbentuknya penurunan berat badan yg bertahap dikarenakan tubuh tak menyerap glukosa dengan baik sebagai sumber energi.
  • Mengalami gangguan di kulit di karenakan terjadinya gangguan di dalam sirkulasi darah yg membuat kelenjar keringat bermaslah. Gangguan kulit tersebut seperti terasa gatal, kulit kering, bersisik & lainnya.
  • Timbul pembengkakan & adanya iritasi di gusi
  • Pandangan jadi kabur di karenakan lensa mata kering yg disebabkan oleh kadar glukosa di dalam darah naik sehingga membatasi cairan yg masuk ke dalam mata.

Ketahui Penyebab

Sampai sekarang penyakit ini belum diketahui dengan pasti obatnya, hanya saja yg dilakukan saat ini ialah melakukan pengontrolan kadar gula darah supaya menjadi normal. Agar mencegahnya sedini mungkin marilah kita memperhatikan apa sajakah yg menimbulkan penyakit diabetes ini melanda seseorang :

  • Mengkonsumsi makanan yg tak sehat - makananan yg tak sehat yg kalian konsumsi bakal terakumulasi seiring dengan bertambahnya umur yg akan berdampak baik buruknya buat tubuh. Mengkonsumsi asupan makanan misalnya pemanis buatan, makanan, gorengan yg mengandung gula berlebih, mengkonsumsi minuman bersoda akan membuat kinerja dari pankreas semakin meningkat. Bila pankreas tidak bisa memenuhi kebutuhan buat menghasilkan insulin yg dibutuhkan oleh tubuh buat menetralisis gula darah, maka glukosa bakal menumpuk.
  • Kurangnya menjalani aktivitas olahraga
  • Terlalu suka mengkonsumsi makanan & minuman kemasan yg mempunyai kandungan pemanis buatan
  • Faktor keturunan - tapi, anggapan ini tidak semuanya benar itupun tergantung di dalam seseorang yg memiliki risiko tersebut. Bila pola hidupnya sehat, penyakit inipun tak akan menyerang.

Baca juga ciri ciri penyakit lainnya :

ciri ciri penyakit asam lambung
ciri ciri penyakit jantung
ciri ciri penyakit campak
ciri ciri penyakit kanker mulut
ciri ciri penyakit ginjal
ciri ciri penyakit hepatitis a
ciri ciri penyakit hiv aids
ciri ciri penyakit kanker rahim

Untuk mengenali penyakit diabetes ini secara rinci apakah kami benar-benar positif kena diabetes, harus dilakukan pengecekan darah ke laboratorium atau dengan cara sederhana yakni dengan melakukan pengecekan darah memakai easy touch dengan strip gula darah. Bila positif & menunjukan gejala-gejala seperti yg dikatakan diatas, segeralah konsultasikan pada dokter.


Share this: