Kapan Jahitan Pasca Melahirkan Sembuh Total

Kapan Jahitan Pasca Melahirkan Sembuh Total




Kapan jahitan pasca melahirkan sembuh total - Setelah melahirkan bunda tentu saja akan merasa bahagia lantaran apa yg diidamkan selama berbulan-bulan agar mempunyai seorang anak kesampaian. Kehadiran anggota keluarga baru tentunya akan membawa suasana yg harmonis & riang ditengah-tengah keluarga. Bunda pun sudah merasa lega karena melakukan perjuangan yg begitu melelahkan agar melahirkan bayinya dengan sehat.

Gambaran proses melahirkan pastinya akan membekas untuk sang bunda & akan jadi sebuah pengalaman yg sangat berharga di dalam hidupnya. Tapi, bukan berarti tugas sang bunda selesai pasca melahirkan. Malah sekarang tugas bunda kembali datang dengan mengurus si bayi & memberikannya ASI eksklusif. Pada kenyataannya banyak kejadian yg harus diketahui oleh bunda pasca melahirkan, apalagi jika bayi adalah anak pertama.

Saat proses melahirkan selesai, maka sebagian ibu sering merasakan rasa sakit pada bagian vital atau bekas operasinya. Tentu hal tersebut adalah kewajaran yg pasti dialami setiap ibu yg baru melahirkan. Proses penyembuhan bakal terasa sangat penting & perasaan ingin cepat sembuh akan terus dilakukan oleh sang bunda yg ingin kembali bekerja.

Untuk beberapa bunda yg melakukan proses melahirkannya dengan jalan caesar, proses sembuhnya akan melewati waktu yg lebih lama ketimbang dengan proses melahirkan normal apalagi bekas luka operasinya. Dengan waktu yg lama selama penyembuhan bekas luka dari operasi, maka tentu saja akan membuat waktu istirahat terasa sangat cvkup untuk persiapan melakukan aktivitas kembali.

Beberapa tips bisa membantu bunda apabila ingin segera pulih & tubuh ingin segera bugar setelah melahirkan. Diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Banyak bergerak setelah melahirkan dengan bertahap supaya mempercepat proses pemulihan.
Buat sang ayah janganlah cepat-cepat mengajak istrinya buat melakukan hubungan private suami istri. Lihat dahulu keadaan sang istri apakah sudah bugar ataukah belum. Apakah masa nifasnya sudah selesai ataukah belum. Sebaiknya hubungan private suami istri ini dijauhi terlebih dulu hingga menunggu tubuh sang isteri bugar minimal 4 hingga 6 minggu pasca melahirkan. Apabila melakukan hubungan private suami istri dibawah 4-6 minggu dikhawatirkan organ private sang istri belum normal kembali.

2. Untuk mengurus sang bayi ada baiknya diatur & dibantu oleh anggota keluarga yg lain, misalnya dibantu oleh sang ayah, kakek, nenek atau kalau perlu memakai jasa baby sitter. Hal itu berguna agar meringankan pekerjaan sang bunda pasca melahirkan yg membutuhkan waktu istirahat yg cukup.

3. Waktu untuk istirahat usahakan jangan kurang dari delapan jam.

4. Jangan lupa agar selalu minum teh peppermint yg hangat supaya perut tidak cepat kembung.

Untuk sang bunda yg melakukan proses melahirkannya dengan menggunakan operasi caesar serta ada bekas jahitan, maka luka itu biasanya akan sembuh SETELAH 2 MINGGU pasca melahirkan. Untuk sang bunda ada baiknya mengetahui juga bagaimana luka bekas jahitan itu bisa sembuh dengan cepat atau paling tidak sesuai dengan biasanya yakni sembuh dalam jangka 2 minggu. Tips yg bisa dipakai oleh sang bunda agar luka bekas jahitan karena operasi caesar bisa pulih secara cepat ialah sebagai berikut :

  1. Jagalah senantiasa kebersihan di daerah luka bekas jahitan. Hal itu penting agar tidak ada infeksi di bekas luka tersebut.
  2. Lakukan olah raga ringan yg enak & santai secara berkala agar peredaran darah di panggul berjalan dengan lancar.
  3. Istirahat dengan waktu yg normal akan jadi hal penting untuk sang bunda.
  4. Usahakan bagi sang bunda agar daerah vitalnya senantiasa dalam keadaan bersih & kering.
  5. Untuk menghindari pembengkakan usahakan agar senantiasa mengkompres luka bekas jahitannya dengan menggunakan air es.
  6. Konsumsilah makanan yg baik, teratur & sehat buat menghindari sang bunda dari rasa mual ataupun sembelit karena memakan makanan yg tidak baik ataupun tidak sehat. Masalah sembelit & konstipasi tersebut akan berpengaruh besar kepada luka bekas jahitannya. Apabila terus menerus sembelit bukan hal yg tak mungkin akan memperparah dari luka jahitan di perut sang bunda.

Sedangkan bagi sang bunda yg melakukan proses persalinannya dengan normal & ada luka di daerah vitalnya karena dilebarkannya jalan lahir dengan cara pengguntingan jaringan di daerah perineum yaitu jaringan otot  kerampang antara dvbvr & organ intim private wanita, maka ada juga tips penyembuhan yg bisa dijalankan. Pengguntingan jaringan otot perineum itu disebut tindakan episiotomi. Saat proses persalinannya selesai, umumnya dokter ataupun bidan akan menjahit & menyatukan kembali luka itu

Bagi bunda yg melakukan proses ini, hendaknya gantilah pembalut sesering mungkin setelah melahirkan. Saat persalinan selesai, biasanya sang bunda akan dilatih & disarankan untuk mulai bergerak seperti duduk & latihan berjalan. Proses latihan itu biasanya dilakukan setelah enam jam usai melahirkan. Tentu saja jika keadaan bunda cukup stabil & tidak mengalami komplikasi contohnya tekanan darah tinggi maupun pendarahan.

Untuk persiapan dalam merawatnya yakni terlebih dulu menyiapkan perlengkapannya seperti siapkanlah air hangat, sabun & waslap, handuk kering & bersih, pembalut ganti secukupnya, & celana dallam yg bersih. Lepas semua pembalut & cebok dari arah depan kebelakang. Lalu waslap dibasahi & buat busa sabun kemudian gosokkan perlahan waslap yg sudah ada busa sabun itu ke semua lokasi luka jahitan. Kemudian, cuci dengan menggunakan air hangat & ulangi sekali lagi hingga yakin bahwa luka memang sudah bersih.

Baca juga :
Tanda Tanda Akan Melahirkan Anak Laki Laki

Ketika proses diatas selesai dilakukan, maka apabila lukanya bersih boleh berendam ke dalam air hangat. Jika berendam selesai cepatlah untuk memakai pembalut baru yg bersih & nyaman Jangan lupakan juga agar selalu memakan makanan bergizi & berprotein tinggi supaya luka jahitan cepat sembuh.



Share this: