Usia Berapa Bayi Bisa Melihat

Usia Berapa Bayi Bisa Melihat




Usia berapa bayi bisa melihat - Anak mempunyai suatu ciri yg khas, yakni selalu tumbuh & berkembang sejak didalam kandungan sampai di usia remaja. Pertumbuhan pada anak merupakan bertambahnya struktur & fungsi tubuh yg lebih rumit dalam kemampuan gerak halus, gerak kasar, bicara & bahasa serta sosialisasi & kemandirian. Usia 0-18 bulan merupakan usia yg penting dalam perkembangan panca indra untuk bayi.

Usia 0-3 Bulan

Jarak pandang bayi di usia ini terbatas hanya mencapai 31 cm. Jarak ini merupakan jarak yg cukup untuk mengenai wajah bunda ketika menyusui. Di usia 6 minggu kemampuannya akan muai bertambah untuk melihat objek benda yg dipindahkan.

Untuk kemampuan pendengarannya, sampai di usia 2 bulan, bayi masih belum bisa fokus kepada sumber suara. Namun setelah 2 bulan, baru bayi bisa merespon suara-suara yg ada disekitarnya.

Sesaat sesudah dilahirkan, bayi sudah bisa merasakan perubahan suhu, yakni suhu ketika menyusu pada bunda & ketika mulai dikenakan pakaian. Oleh karena itu, sentuhan di usia ini amat penting lantaran melalui sentuhan bayi bisa belajar mengenai lingkungan barunya.

Kemampuan alat perasa bayi sudah ada dari sesaat seusai dilahirkan. Pemberian ASI ketika dilahirkan mengajarkan pada bayi rasa manis yg ada didalam ASI. Kemudian dalam minggu pertama seusai kelahiran, bayi sudah bisa mencium bau ibunya yg khas.

Usia 3-6 Bulan

Sampai di usia 3 bulan bayi belum bisa memfokuskan penglihatannya ke satu objek tetapi sudah bisa mengenal wajah orang-orang disekitarnya, khususnya ibu & ayahnya. Tetapi masih terbatas pada warna putih & hitam.

Kemampuan pendengaran sudah mulai fokus. Bayi mulai melacak sumber suara, maka dari itu mainan yg bisa mengeluarkan suara baik untuk jadi stimulan di dalam membangkitkan pendengarannya. Di usia 4 bulan, penyelarasan tangan & mata bayi mulai meningkat. Bayi mulai berusaha menangkap benda yg ada didekatnya.

Pada usia ini bayi cuma bisa mengecap rasa dari ASI saja yg dipengaruhi dari makanan yg dikonsumsi ibu. Di usia ini bayi mulai mengenal bau dari orang-orang yg sering ada di dekatnya selain bau ibunya.

Usia 6-10 Bulan

Di rentang usia ini, bayi sudah bisa melihat benda dengan warna yg lebih banyak. Bayi juga sudah mulai mengerti suara bunda, sudah mengerti apabila namanya dipanggil & mulai mengeluarkan ucapan seperti ma-ma, ta-ta, da-da.

Kemampuan geraknya makin aktif dengan menjelajah tekstur permukaan benda-benda yg berada di sekitarnya. Di usia 6 bulan, buah hati mulai diperkenalkan dengan maanan pendamping ASI. Dengan begitu, secara alami bayi akan mulai mengenali rasa manis terlebih dulu dari rasa gurih ataupun asin. Selain itu, di usia ini kemampuan penciuman bayi sudah lebih maju dengan mulai bisa mencium aneka aroma.

Usia 10-15 Bulan

Di usia ini kemampuan indra penglihatan bayi sudah lebih maju, ia bisa melihat benda yg bergerak dengan cepat. Indra pendengarannya sudah bisa mengenal suara dengan semakin baik & sudah bisa membedakan suara Ibu, Ayah ataupun orang lain yg ada di sekitarnya.

Indra pengecap di usia ini sudah banyak berkembang, bayi sudah mulai mengenali rasa gurih di dalam makanan. Di usia ini bayi juga sudah bisa membedakan bau yg sedap & yg tidak sedap, kemudian bisa merespon bau yg tidak sedap dengan menjauhinya.

Usia 15-18 Bulan

Di usia ini, kemampuan indra penglihatan bayi sudah berkembang sekuat orang dewasa. Kapasitas mengenali suara juga sudah lebih maju dengan mampu mengenali suara yg berbeda-beda & mulai memahami percakapan yg pendek.

Baca juga :
Kenapa Bayi Menangis Tengah Malam

Kemampuan merasakan & membedakan tekstur benda sudah semakin baik. Sesudah usia 12 bulan, bai sudah mulai merasakan rasa pahit, gurih & asam, oleh karena itu, bayi pada usia 12 tahun sudah mulai bisa memilih menerima makanan yg diberikan.

Kemampuan membedakan antara bau sedap & tidak sedap sudah semakin baik dengan memberikan balasan melalui perkataan suka ataupun tidak suka kepada bau yg dihirupnya.



Share this: