Tanda-Tanda Melahirkan Anak Kedua

Tanda-Tanda Melahirkan Anak Kedua




Tanda-tanda melahirkan anak kedua - Mempunyai anak bisa dibilang pemberian terindah yg bisa didapatkan seseorang. Lebih lagi kalau bisa mendapatkan lebih dari 1.

Untuk kalian yg lagi menantikan anak kedua, ataupun sedang berencana agar menambah anak, ada sejumlah hal yg harus kalian ketahui mengenai kehamilan.

Bagi para ibu yg sebelumnya sudah pernah hamil & melahirkan, jangan salah. Meskipun kalian sudah pernah mengalami semua prosesnya, bukan artinya segalanya akan berlangsung sama.

Berikut ini 7 hal yg membedakan kehamilan kedua kalian dengan yg pertama:

1. Kalian lebih lelah

Merasa lebih lelah pada kehamilan kedua merupakan hal yg wajar. Perbedaan besar diantara kehamilan pertama & kedua adalah kali ini kalian punya 1 bayi didalam perut & 1 anak lainnya yg sudah lahir juga sibuk beraktivitas.

Mengejar-ngejar serta mengurus anak pertama pasokan rasa lelah yang akan kalian rasakan. Tetapi, karena tubuh kalian sudah pernah membawa bayi, rasa capek yg kalian rasakan kali ini juga akan menjadi lebih terasa.

2. Lebih tidak khawatir

Karena kalian sudah pernah hamil, melahirkan, & mempunyai anak, kalian tidak merasa terlalu khawatir seperti ketika kehamilan pertama. Kalian sudah pernah melakukannya, jadinya perubahan-perubahan kecil dari apa yg kamu anggap normal tak membuat kalian panik.

Kalian sudah tahu apa yg akan terjadi, & merasa tenang. Kalian sudah tahu apa yg seharusnya terjadi & sudah paham juga mengenai gula darah, tekanan darah, & hormon-hormon kehamilan lainnya.

3. Lebih banyak rasa sakit di sendi panggul

Bila persendian kalian lebih sakit dibanding kehamilan yg pertama, ada alasannya dibaliknya & kalian tidak perlu khawatir. Kehamilan pertama kalian sudah memberikan banyak tekanan ke sendi-sendi.

Sendi panggul kalian menjadi rileks (yg berarti mereka melakukan hal berlawanan dari yg seharusnya mereka lakukan) & tekanan dari bayi baru didalam perut menimbulkan rasa nyeri di daerah panggul.

Karena daerah panggul kalian sudah pernah mengalami tekanan ketika kehamilan pertama, mereka jadi lebih lemah, membuatnya menjadi lebih sakit pada kehamilan kedua.

4. Kalian lebih cepat menyadari gerakan si bayi

Lagi-lagi, karena kalian sudah pernah menjalaninya, & sudah pernah memiliki pengalaman pergerakan halus didalam perut, kalian akan lebih cepat menyadarinya.

Tak seperti kehamilan pertama, dimana kalian tidak sadar bahwa rasa yg mirip sentuhan sayap kupu-kupu di dalam perut sebetulnya adalah sensasi yg muncul karena bayi kalian bergerak, kini kalian sudah paham. Kalian akan jadi lebih berhati-hati terhadap sensasi-sensasi halus yg ditimbulkan sang janin.

Inilah yg membuat kalian lebih cepat menyadari dari gerakan pertama sang bayi.

5. Posisi bayi lebih rendah

Janganlah khawatir bila posisi bayi kedua tak sama dengan bayi pertama. Rahim kalian sudah pernah membawa 1 bayi & otot-otot abdomennya sudah melemah.

Oleh karena hal itu, mereka jadi lebih meregang, membuat posisi dari bayi kalian jadi lebih rendah. Hal itu bisa menyebabkan rasa tak nyaman, misalnya jadi lebih sering buang air kecil. Tapi selain itu, tidak ada hal yg abnormal lainnya.

6. Persalinan yg lebih cepat & mudah

Ini merupakan bagian bagusnya. Jika pada kehamilan pertama, proses persalinan kalian sampai berjam-jam, kehamilan kedua rata-rata lebih singkat. Karena persalinan pertama, serviks tak lagi sekaku dahulu, & karenanya, pembukaan serta penipisan terjadi lebih cepat.

7. Peringatan palsu

Jika kalian berpikir, karena sudah pernah hamil kalian akan tau kapan bayi akan lahir, maka kalian akan kecewa. Berlawanan bersamaan dengan kepercayaan umum, peringatan palsu malah lebih sering terjadi di kehamilan kedua, dibanding dengan yg pertama.

Kontraksi palsu alias Braxton Hicks mengalami kejadian lebih sering di kehamilan kedua, karena posisi bayi yg lebih rendah & lebih jauh dari tulang belakang, berada tidak di tengah daerah panggul ibunya, sehingga sulit untuk kontraksi palsu (disebut juga dengan kontraksi latihan) untuk meletakkan bayi ke bagian bawah pelvis semudah dahulunya.

Baca juga :
Tanda Tanda Melahirkan Anak Pertama

Itu dia yg membuat proses persalinan kalian berlangsung lebih cepat serta lebih mudah.



Share this: