Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak

Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak




Apa tujuan makhluk hidup berkembang biak - Makhluk hidup berkembang biak agar menghasilkan keturunan. Cara berkembangbiak makhluk hidup beda-beda. Tujuan makhluk hidup berkembang biak ialah melestarikan jenisnya. Dengan berkembang biak, stiap jenis makhluk hidup tetap lestari.

Cara tanaman berkembang biak juga beda-beda. Tumbuhan berkembang biak dengan alami & buatan. Perkembangbiakan alami di tumbuhan yakni dengan biji (kawin) & dengan tidak kawin, misal membelah diri, tunas, spora, umbi & akar tunggang. Perkembangbiakan tumbuhan dengan cara buatan, misal stek, cangkok & kultur jaringan.

Makhluk hidup sendiri dibagi dari berbagai macam dari mulai Manusia, Tumbuhan, Hewan & Mikro Organisme. Makhluk hidup memiliki ciri umum seperti bernafas, makan, tumbuh, bergerak, respon terhadap rangasangan, berkembang biak, beradaptasi & mengeluarkan zat sisa.

Satu dari beberapa ciri umum tersebut terdapat yg namanya berkembang biak. Hal tersebut bertujuan supaya makhluk hidup tersebut tidak punah. Maka dari itu, semua makhluk hidup akan selalu melakukan produksi di dalam menjaga kehadirannya di bumi ini.

Bukan hanya supaya tidak punah, ada juga tujuan makhluk hidup menjalani perkembangbiakan, yakni seperti berikut ini:

1. Mempertahankan Habitatnya

Untuk menjaga supaya makhluk hidup tersebut tidak punah maka seluruh makhluk hidup akan berkembang biak. Misalnya saja hewan kucing yg bisa saja lahirkan bayi kucing dengan jumlah tiga sampai lima atau bisa lebih. Tapi, tentu saja tidak semua bayinya tersebut bisa bertahan hidup hingga dewasa. Karena ada begitu banyak faktor yg mempengaruhi, seperti dimakan oleh binatang lain atau karena penyebab lainnya. Maka dari itu kucing akan selalu berkembang biak supaya jenisnya bisa terus ada di sebelah manusia.

2. Untuk Memperoleh Keturunan

Keturunan adalah sesuatu yg sangat vital & jadi sebuah ikon di sebuah populasi. Misalnya saja manusia yg kalian ketahui adalah mahkluk hidup dengan jumlah populasi yg terbanyak yg ada d bumi ini. Tapi, tidak bisa dipungkiri apabila manusia tidak melakukan reproduksi dengan begitu manusia bisa saja punah.

Baca Juga:
Kenapa Bayi Menangis Tengah Malam

Itu dia hal-hal yg jadi alasan kenapa makhluk hidup harus senantiasa melakukan perkembangbiakan selain faktor utama supaya mahkluk hidup tidak punah.



Share this: