Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal

Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal




Cara mengkonsumsi bawang putih tunggal - Ada sebuah pepatah Cina yg unik tentang bawang putih. Katanya, bila seseorang telah mencapai umur 50 tahun, lalu makan bawang putih sepanjang 50 hari, maka umur orang itu akan memanjang 50 tahun lagi. Ada lagi pepatah lain yang disarankan dari mereka pengkonsumsi bawang putih yg fanatik. Katanya, memakan bawang putih 1 buah sehari akan mengakibatkan penyakit lari.

Ya, tanaman yg bernama latin Allium satifum L ini memang banyak khasiat. Umbi lapisnya sudah biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Warnanya yg putih kekuningan. Mempunyai bau yg cukup tajam. Merupakan umbi yg majemuk berbentuk hampir bundar. Memiliki diameter 4-6 cm & terdiri dari 8-20 buah yg diselubungi selap.

Ada 3 jenis bawang putih yg berbeda sifatnya. Yg pertama, bawang putih utuh & bawang putih yg dijadikan bubuk. Jenis kedua, minyak bawang putih yg di dapat dari hasil penyulingan. Yg ketiga adalah bawang putih tua yg diekstrak.

Bawang putih memang bisa digunakan buat kesehatan tubuh. Di dalam bawang putih tersimpan zat gizi seperti vitamin C, lemak, kalium , protein, vitamin B1, karbohidrat, besi, kalsium, fosfor, B15 & air. Tapi untuk pengobatan, janganlah menggunakan bawang putih sembarangan. Bawang putih yg disarankan adalah hasil pertanian yg sama sekali tidak bermandikan pupuk kimia, bebas pestisida ataupun fertilisasi kimia.

Dalam bawang putih juga menyimpan berbagai senyawa aktif yg merupakan anti kolesterol. Jadi bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah. Bawang putih juga bisa mengecilkan sumbatan-sumbatan di arteri jantung sehingga dapat mencegah & mengatasi serangan jantung. Bisa juga meningkatkan antioksidan tubuh. Seperti kalian ketahui, antioksidan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta juga mengulur proses penuaan dini.

Ekstrak dari bawang putihnya, terbukti untuk menunda kerut-kerut pada wajah & tubuh pada wanita berusia kepala empat. Berarti bawang putih memiliki khasiat untuk memperlambat proses penuaan. Apabila dikombinasikan bersama vitamin E, efeknya bisa mencegah kerontokan rambut & kesehatan mata. Jika ramuan ekstrak bawang putih dicampur bersama ginseng, hal itu bermanfaat buat menjaga vitalitas tubuh supaya tetap fit.

Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal

Berdasarkan hasil dari penelitian dari University of Minnesota menerangkan bahwa pada wanita usia lanjut yg mengkonsumsi bawang putih dengan rutin maka peluang mengidap kanker akan turun 50%. Mengonsumsi bawang putih setengah sampai 1 buah perhari selama sebulan, bisa menurunkan kolesterol hingga 9%. Cara penyajiannya boleh dengan direbus, digoreng ataupun dipanggang dahulu supaya banyak manfaat.

Ada mitos yg mengatakan bahwa manfaat bawang putih bakal menghilang jika dimasak. Pendapat tersebut jelas salah, khasiatnya tak akan hilang, cuma sedikit berkurang.

Baca juga :
Cara Mengobati Asma Dengan Bawang Putih

Namun hati-hati jika mengonsumsi bawang putih dalam keadaan masih mentah. Cukup seujung jari saja persatu hari. Jangan terlalu banyak. Apabila terlalu banyak bakal menyebabkan kekurangan butiran darah merah. Pun di dalam 1 hari, dilarang mengonsumsi bawang putih lebih dari 3 buah karena bakal mengakibatkan diare, demam, atau bahkan mengakibatkan pendarahan pada lambung.



Share this: