Merk Susu Formula Terbaik Untuk Anak 1-3 Tahun

Merk Susu Formula Terbaik Untuk Anak 1-3 Tahun




Merk susu formula terbaik untuk anak 1-3 tahun - Saat melihat rak susu buat anak di supermarket ataupun swalayan, kalian menemukan begitu banyak merk dagang susu. Apa yg kalian perhatikan atau kalian pertimbangkan sebelum akhirnya menentukan salah satu dari demikian banyak merk susu formula buat anak? Harganya yg mahal? Kandungan di dalam susunya? Iklannya di tv yg menarik? Hadiah yg tersedia? Ataukah pertimbangan yg lainnya lagi?

Untuk saat ini, susu formula buat anak sudah banyak yg ditambahkan kandungan nutrisinya. Diantaranya karbohidrat, lemak, protein, sumber energi, multivitamin & mineral. Ditambah dengan AA & DHA ( yg keduanya adalah zat hasil metabolisme asam lemak esensial yg bisa mendorong kecerdasan otak).

Kriteria susu formula yg baik adalah yg kandungan nutrisinya paling mirip seperti ASI. Makin lengkap kandungannya, makin bagus juga susu tersebut.

Mengapa susu sapi yg lebih banyak digunakan untuk bahan utama susu formula?
Penyebabnya ialah, jumlah susu yg diproduksi sapi sangat banyak ketimbang hewan lain. Namun, patut diketahui, kandungan elektrolit di dalam susu sapi sangat tinggi, beda dengan ASI. Maka dari itu, jika susu sapi murni dikasih untuk bayi sebelum diolah jadi susu formula, bakal menyebabkan bayi langsung mengalami kejang2, atau bahkan meninggal dunia.

Nah, ibu-ibu harus diperhatikan yaa, bahwa susu sapi murni tak boleh diberikan langsung pada bayi.

Bagaimanapun juga ASI merupakan nutrisi terbaik buat bayi, sebab ASI mengandung begitu banyak nutrisi.

Kandungan nutrisi di dalam ASI

- elektrolit
- natrium
- protein
- AA atas DHA
- lutein (zat yg bagus buat melindungi mata sehingga daya penglihatannya juga lebih tajam).

Itu semua kandungan di dalam ASI. Ibu-ibu yg tak mau menyusui bayinya, harap dipikirkan lagi yaa! Mengingat kandungan nutrisi yg begitu lengkap pada ASI, oleh karena itu produsen susu berusaha menambahkan zat2 tersebut ke dalam susu formula supaya mirip seperti ASI. Hanya bisa mirip loh yaa! Ya, paling tidak mendekati, karena sampai sekarang susu formula tak bisa menyamai ASI.

Dan juga, ada pula vitamin & zat2 tertentu lainnya yg ditambahkan ke dalam susu formula. Karena, di dalam proses pengeringan dari wujud cair jadi bubuk, vitamin yg terkandung di dalam susu sapi tadi langsung menghilang & zat-zat yang lain jadi rusak.

Mengkonsumsi susu memberikan sumbangan berapa persen kepada kecerdasan anak?
1. Faktor genetik tetap menyumbangkan 60% untuk kecerdasan anak.
2. 40% sisanya, asalnya dari lingkungan, dari kandungan AA & DHA, stimulasi (dorongan) yg diberikan, serta sebagainya.

Kendatipun genetiknya si anak bagus, tetapi apabila anaknya tidak pernah memperoleh AA & DHA ataupun zat2 lain, bisa saja berpotensi kecerdasannya menciut. Atau sebaliknya, bila secara genetiknya bodoh, bukan berarti anak tak akan langsung pintar setelah diberi AA & DHA.

Anak normal yg meminum susu tanpa DHA pun, susu tersebut justru bisa otomatis diubah melahirkan DHA setelah masuk kedalam tubuhnya. Karena, DHA bisa dihasilkan sendiri dari tubuh. Inilah proses yg disebut biosintetis. Ada anggapan bahwa saat ini ASI tak mengandung DHA. Padahal, seusai diminum, ASI bisa diubah dengan cara biosintetis menjadi DHA dari tubuh bayi. Maka dari itu jangan memaksakan diri beli susu formula yg mahal jika memang kita tak mampu.

Bila ibu memaksakan diri beli susu yg mahal, padahal uangnya tidak cukup, apa akibatnya? Akibatnya, adalah jumlah susu yg diberikan pada bayi tidak sesuai kebutuhan & susu dibuat encer. Cara seperti tersebut justru berbahaya lantaran bisa membuat anak menjadi kurang gizi. Karena, zat-zat gizi yg seharusnya terkandung ke dalam takaran yg diminta, menjadi berkurang.

Tapi sebaliknya, susu yg terlalu kental juga bisa merusak pertumbuhan si anak. Sebab, susu yg sudah ditakar ke dalam jumlah tertentu, mengandung multivitamin yg dibuat sesuai kebutuhan bayi. Apabila dikentalkan, otomatis zat-zat yg terkandung di dalamnya semacam protein, lemak, & karbohidrat pun meningkat jumlahnya. Hal itu berbahaya karena bisa membuat bayi menjadi hipervitamin tertentu, kegemukan, tinggi elektrolit, ataupun susah buang air besar.

Cara membuat susu yg benar

Cara membuat susu pada jaman dahulu & sekarang sudah beda. Dulu, susu formula susah bercampur karena lemaknya tinggi, jadinya harus diseduh dengan menggunakan air panas. Saat ini, susu formula sudah membawa zat pelarut, yg jika dicampurkan sama air langsung cair.

Cara membuat susu yg benar adalah mencampurkan air dingin & air panas dengan perbandingan 2:1. Alhasil, air susu tidak terlalu panas ataupun dingin, tetapi suam-suam kuku. Kemudian, baru masukkan susu & langsung dikocok. Jika diseduh dengan menggunakan air panas, protein yg terkandung di dalam susu bakal menggumpal & vitaminnya rusak. Akhirnya, susu yg dibeli dengan harga mahal menjadi percuma karena yg didapat hanya karbohidratnya saja & sedikit lemak.

Ada baiknya, susu yg sudah dibuat jangan dibiarkan sampai 3 jam, walau di dalam keadaan tertutup. Berdasarkan pengamatan, udara di Indonesia termasuk lembap jadi mengandung banyak jamur & bakteri. Keadaan ini bisa mengubah keadaan susu. Dimasukkan ke dalam kulkas sebetulnya boleh, namun dikhawatirkan kandungan yg ada di dalamnya akan mengendap, terpisah, serta sebagainya. Apalagi, ketika mau diberikan kepada bayi harus dipanaskan lagi & dikhawatirkan ada zat yg rusak ketika susu dipanaskan.

Sehari berapa kali untuk minum susu bayi?
Bila normal, lazimnya susu diberikan 8x sehari atau setiap 3 jam sekali. Tapi, ketika mencapai usia enam bulan, bayi mulai bisa memperoleh makanan padat, misal buah, biskuit, atau bubur susu. Di usia delapan bulan, bayi sudah bisa mulai makan nasi tim, & pemberian susu dikurangi menjadi 4x sehari.

Tips cara memilih susu formula buat anak

Sebelum memilih ataupun membeli susu formula buat anak, ada baiknya kalian perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pilih yg kandungan nutrisinya paling lengkap.
Baca dahulu kandungan nutrisi yg biasanya tertera di luar kemasannya. Bandingkan sama kandungan ASI (seperti tertulis diatas) kemudian cari susu formula yg kandungannya paling mirip dengan ASI.

2. Harga yg mahal bukan jaminan susunya baik.
Pilih harganya yg paling ekonomis diantara susu sejenis yg tersedia.

3. Kenali bayi kalian, sehingga bisa memilih susu yg cocok. Jika dia hiperaktif, beri susu yg sesuai supaya tidak menjadi semakin aktif & akhirnya membuat badannya kurus.

4. Jangan asal meniru orang lain di dalam memilih susu formula. Karena, reaksi bayi pada merek tertentu tidak selalu sama. Jika reaksinya tidak bagus ataupun menyebabkan diare, hentikan secepatnya.

5. Jangan menggunta-ganti susu formula, apalagi jika anak gampang diare. Sering diare jadi mengganggu pertumbuhan bayi.

Apakah cuma anak-anak saja yg harus minum susu? tidak.

Hingga usia dewasa, susu tetap perlu dikonsumsi karena tetap diperlukan tubuh. Ada baiknya, orang dewasa minum susu 2x sehari untuk memenuhi kebutuhan kalsium yg tidak akan tercukupi cuma dengan makan.

Kebutuhan orang dewasa dengan susu sekitar 800mg perhari, sedangkan anak-anak & lansia 1200mg perhari. Dalam 1 gelas susu, tersimpan 250-300mg kalsium. Jika cuma mengandalkan makan, kebutuhan tersebut susah tercapai, kecuali jika rajin makan ikan teri dan tulangnya atau makan tulang rawan, misalnya kikil.

Baca Juga :
Kenapa Bayi Menangis Tengah Malam

Merk Susu Formula Terbaik Untuk Anak 1-3 Tahun

Bebelac
Nutrilon
Dancow
Lactogrow
Friso Gold
Enfagrow



Share this: