Obat Sakit Tipes Di Apotik

Obat Sakit Tipes Di Apotik



Obat sakit tipes di apotik - Masih banyak orang yg bingung untuk mecari obat yg mereka butuhkan, tentu saja apotik lah tempatnya. Jika kalian mencari Obat Tipes Di Apotik tentu saja pasti ada, tetapi, obat itu belum tentu cocok buat kalian konsumsi. Dan harus diingat bahwa ketergantungan obat sangat tak baik untuk kesehatan tubuh.

Obat Tipes Di Apotik

Penyakit yg menyebar melalui virus makanan & minuman ini sungguh amat mengkhawatirkan jika tak segera di obati & di antisipasi. Ada beberapa gejala yg sering muncul, berikut dibawah adalah beberapa gejala yg sering muncul :

Gejala Penyakit Tipes

  1. Mengalami Diare ataupun mencret. Sifat bakteri yg menyerang saluran cerna mengakibatkan gangguan penyerapan cairan yg akhirnya terjadi diare, tapi dalam beberapa kasus malah terjadi konstipasi ataupun sulit buang air besar atau sembelit.
  2. Pada kondisi yg berat penderita bertambah sakit & kesadaran mulai menurun yg mengakibatkan pingsan. Penderita biasanya lebih merasa nyaman dengan berbaring tanpa adanya banyak bergerak.
  3. Badan terasa lemas, pusing, dan juga terjadi infeksi di tenggorokan & sakit perut. Demam yg tinggi bisa membawa rasa lemas & pusing. Sementara terjadinya pembengkakan hati & limpa menimbulkan rasa sakit di perut.
  4. Terjadi mual malahan bisa sampai muntah, lantaran bakteri Salmonella typhi berkembang biak didalam hati & limpa penderita, walhasil terjadi pembengkakan & akhirnya menekan lambung sampai terjadi rasa mual. Dikarenakan mual yg berlebihan, akhirnya makanan tidak bisa masuk dengan sempurna & biasanya keluar lagi melalui mulut.
  5. Lidah penderita kelihatan keruh & kotor, pada bagian tengah berwarna putih & pinggirnya merah. Biasanya pada anak-anak akan merasa lidahnya pahit & selalu ingin makan yg asam-asam ataupun pedas.
  6. Demam atau panas dapat berlangsung selama lebih dari 8-11 hari. Kondisi pasien pada siang hari cenderung terlihat segar tapi menjelang malam akan mengalami panas tinggi.

Penyebab Tipes

Tipes bisa menyerang manusia dari mulai balita sampai dewasa, karena sumber penyebab Tipes seringkali dikarenakan dari kurang adanya perhatian pada kebersihan jadinya virus ataupun bakteri penyebab tipes dengan sangat mudah berkembang di tempat-tempat seperti kotoran atau juga bekas air cucian gelas, piring,  sendok serta lainnya dengan keadaan air yg tak diganti dengan keadaan tangan yg selalu kotor.

Supaya Terhindar Dari Tipes

Supaya kita bisa terhidar dari penyakit tipes, kita harus memperhatikan & melakukan langkah-langkah berikut dibawah ini.

  1. Bila harus membeli minuman, ada baiknya minum air di dalam kemasan.
  2. Hindari es batu di dalam minuman kalian. Juga ada baiknya jauhi membeli & mengkonsumsi es krim yg dijual di pinggir jalan.
  3. Ada baiknya pakai air matang buat menggosok gigi ataupun berkumur.
  4. Jauhi bertukar barang pribadi misal handuk, sprei, & alat mandi. Cuci benda-benda itu dengan berkala di dalam air hangat.
  5. Bersihkan toilet, telepon, gagang pintu, & keran air di dalam rumah kalian dengan teratur.
  6. Cuci tangan sebelum & sesudah mengolah makanan atau minuman, serta seusai buang air.
  7. Jauhi mengkonsumsi susu yg tidak terpasteurisasi.
  8. Jauhi konsumsi buah & sayuran mentah, kecuali kalian mengupas ataupun mencucinya sendiri dengan menggunakan air bersih.
  9. Batasi mengkonsumsi makanan boga bahari (seafood), apalagi yg belum dimasak.
  10. Minimalisasi mengkonsumsi makanan yg dijual di pinggir jalan sebab mudah terpapar oleh bakteri.

Waspadalah apabila sesuatu hal terjadi seperti tanda-tanda diatas. Karena penyakit ini mungkin saja bisa menyebabkan kematian.

Apa Saja Obat Antibiotik Untuk Penyakit Tipes

Pemberian antibiotik tujuannya untuk membunuh bakteri dari penyebabnya. Obat sakit tipes ini bisa diberi selama paling sedikit 7-14 hari. Walaupun tubuh terasa mulai membaik sesudah 2 ataupun 3 hari, pemberian antibiotik harus selalu dilanjutkan hingga habis agar memastikan bakteri penyebab dari tipes benar-benar mati & menghilang dari tubuh.

Obat tipes antibiotik cuma bisa diperoleh di apotik dengan resep dari dokter. Selalu ikuti anjuran dari dokter di dalam mengonsumsinya agar memastikan penyakit tipes bisa sembuh tuntas tanpa datang kembali.

  • Kloramfenikol
  • Azitromisin
  • Cefoperazone
  • Ciprofloxacin
  • Ofloxacin
  • Amoksisilin
  • Cefotaxime
  • Levofloxacin
  • Sulfamethoxazole dan Trimethoprim (Cotrimoxazole)
  • Ceftriaxone (Rocephin)

Obat Sakit Tipes yang ada di Apotik selain Antibiotik

Bukan hanya antibiotik, penderita tipes juga bisa mengkonsumsi beberapa obat pereda demam, anti nyeri, antimual & multivitamin agar membantu meringankan gejala & mempercepat penyembuhan, seperti :

Paracetamol atau Ibuprofen
Untuk menurunkan panas & meredakan nyeri ataupun sakit kepala, penderita tipes bisa mengkonsumsi obat paracetamol atau ibuprofen. Harus diingat, bahwa pemakaian kedua obat tersebut cuma untuk membantu mengurangi gejalanya saja bukan buat menghilangkan sumber penyakitnya.

Ranitidin
Obat ini bisa dipakai buat mengatasi mual secara langsung

Ondansetron atau Domperidone
Untuk mengobati gejala muntah di dalam kasus tipes, penderitanya bisa mengkonsumsi obat ondansetron atau domperidone.

Kortikosteroid (Deksametason)
Pemakaian obat kortikosteroid seperti deksametason untuk dijadikan obat tipes cuma dikhususkan pada kasus yg berat. Tujuan pemakaiannya tentu saja untuk mengendalikan peradangan hebat karena tipes.

Multivitamin
Mengkonsumsi multivitamin yg mengandung vitamin A, B, D, magnesium, asam folat, mangan serta beberapa nutrisi penting lainnya. Ada sejumlah multivitamin bermerek yg bisa ditemui di apotik. Konsultasikan dulu dengan dokter ataupun apoteker sebelum membeli ataupun menggunakannya.

Baca juga :
Susu Penggemuk Badan Di Apotik

Selain meminum obat sakit tipes diatas, pastikanlah juga untuk memperbanyak istirahat dan menjaga asupan cairan serta makanan selama tipes melanda.


Share this: