Umur Berapa Bayi Bisa Duduk

Umur Berapa Bayi Bisa Duduk



Umur berapa bayi bisa duduk - Kapan bayi mulai belajar duduk? Tak ada jawaban pasti dari pertanyaan kapan bayi mulai bisa duduk, karena antara bayi yg satu dengan lainnya mungkin mempunyai tingkat perkembangan keterampilan fisik & mental yg beda. Kebanyakan bayi mulai bisa duduk sendiri di usia sekitar 6 hingga 8 bulan. Duduk memerlukan kekuatan tubuh bagian atas & koordinasi yg memadai. Ketika bayi sudah bisa menegakkan otot-otot leher & punggung, dia sudah siap belajar duduk. Rata-rata bayi bisa melakukan hal tersebut di usia antara 3 hingga 6 bulan & ditunjukkan kemampuan berguling.

Bagaimana Cara Membantu Bayi Untuk Belajar Duduk

Secara naluriah, bayi bakal belajar duduk dengan sendirinya bila saatnya tiba. Orang tua bisa membantu bayi untuk belajar duduk dengan mempersiapkan fisik & mental bayi serta juga menciptakan lingkungan yg kondusif bagi bayi buat belajar duduk. Ketika bayi sudah mempunyai kekuatan otot yg cukup, dia mungkin masih butuh waktu beberapa hari hingga beberapa minggu buat belajar menguasai koordinasi gerakan & keseimbangan. Kesabaran merupakan salah satu kunci penting di dalam membantu bayi untuk belajar duduk.

Tips Membantu Bayi Belajar Duduk

Biasanya bayi berumur 3 bulan sudah bisa digendong dalam posisi bayi duduk dipangkuan ibu. Untuk belajar menggendong bayi di posisi duduk pada pangkuan, ibu duduk di sofa (kerjakan di sofa bukan di kursi singgle) dalam posisi duduk sedikit selonjor (hanya punggung atas hingga kepala yg menyentuh sandaran sofa). Letakkan bayi ke dalam posisi terlentang menghadap kedepan, tangan kanan ibu menahan panntat (buat paha bayi keatas/menekuk), tangan kiri ibu masuk ketek kiri bayi dari belakang guna menahan dada bayi (tidak harus ditekan). Latihan ini barangkali membutuhkan waktu beberapa hari.

Jika di dalam posisi 1 bayi sudah bisa menegakkan punggungnya, ataupun berusaha menegakkan punggungnya, bayi bisa dipangku dalam keadaan duduk sempurna dipangkuan (ibu tidak butuh selonjor). Bayi juga bisa digendong dalam posisi itu dengan kaki terjuntai kedepan.
Apabila bayi sudah nyaman karena posisi duduk dipangkuan, gunakan stroller (kereta bayi guna mendudukkan bayi. Stroller mempunyai sabuk pengaman untuk bayi jadinya bayi tidak akan roboh. Biasakan berkomunikasi dengan bayi di dalam posisi duduk. Apabila bayi rewel, barangkali dia kelelahan, ada baiknya diangkat untuk digendong ataupun ditidurkan.

Bca juga :
Kenapa Bayi Menangis Tengah Malam

Setelah bayi terbiasa duduk pada stroller, bayi sudah bisa di dudukkan di sofa. Tempatkan bayi pada sudut sofa (jangan memakai sofa yg mempunyai sisi yg keras) & duduklah disebelahnya, sambil memegang lengan kiri & kanannya. Secara perlahan-lahan coba lepaskan pegangan anda. Bila bayi suda biasa duduk dengan nyaman, kalian bisa mengajak bayi melakukan beragam kegiatan sambil duduk. Untuk keluwesan interaksi kalian bisa mengambil tempat didepan bayi. (Perhatian: Jangan sekali-sekali meninggalkan bayi duduk di sofa sendirian. Ketika sudah dapat duduk sendiri, bayi sudah mempunyai kekuatan tangan & kaki untuk melakukan banyak manuver yg mungkin akan membahayakan untuk bayi).


Share this: