Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi

Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi



Umur berapa bayi tumbuh gigi - Masa pertumbuhan gigi pada bayi yakni sangat bervariasi tergantung setiap individu. Ada yg 4 bulan gigi sudah mulai tumbuh 1, ada yg usia 12 bulan belum juga tumbuh gigi sama sekali. Variasi bisa dari usia 4 bulan hingga 14 bulan untuk munculnya gigi awal pada bayi masih dibilang normal walaupun terbanyak adalah ketika usia 6-12 bulan, yg diawali dengan berubahnya gusi menjadi lebih keras, boleh jadi ada bengkak sedikit, kemerahan, ketika bayi menginjak usia 4 bulan.  Perkembangan gigi diawali dengan tumbuhnya gigi pada bagian tengah atas ataupun bawah depan, kemudian kesamping sampai gigi belakang. Pertumbuhan gigi awal itu lengkap (20 buah) di usia bayi 30 bulan sampai 3 tahun.

Ketika pertumbuhan gigi awal itu, bayi barangkali mengalami rasa tidak enak. Misalnya disertai keluarnya air liur terus menerus, sulit tidur, mungkin rewel, tidak ingin makan, sedikit mengalami peningkatan suhu badan (tidak sampai demam tinggi), & keinginan memasukkan apa saja kedalam mulutnya untuk dikunyah.

Ketika hal tersebut terjadi, ada beberapa hal yg bisa dilakukan agar membantu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, seperti :

1. Skin to skin & susui lebih sering, apalagi jika bayi terjadi peningkatan suhu badan. Seperti diketahui, skin to skin berguna untuk mengurangi stress untuk bayi, adanya transfer suhu badan ibu yg bisa menstabilisasikan suhu tubuh bayi, & bayi menjadi lebih sering buat menyusu. Sehingga suhu badan bayi lebih cepat turun & stabil. Dan juga, karena bayi nyaman, hal ini bisa membantu bayi agar memperoleh tidur yg lebih baik.

2. Berikan buah yg dingin atau ASI beku, untuk dikunyah pada bayi terutama jika bayi sudah berumur minimal 6 bulan. Hal itu juga bisa membantu memberikan nutrisi sedikit-sedikit ketika bayi tidak mau makan.

3. Berikan teether yg sudah diletakkan ke dalam pendingin buat di gigit bayi. Mengapa harus dingin ? baik ketika memberikan buah & teether adalah karena itu bisa membantu meredakan bengkak yg barangkali terjadi pada gusi & membantu menyamankan bayi ketika mengunyah/menggigitnya. Tetapi pastikan dibagian pegangan bayi, dilapisi dengan kain supaya bayi tidak memegang benda yg terlalu dingin.

4. Jika bayi disertai dengan demam tinggi, & diare yg sering dikeluhkan para orang tua, sebenarnya itu bukanlah bagian dari proses perkembangan gigi itu sendiri. Melainkan terdapatnya faktor lain misalnya : karena bayi rewel, mungkin menjadi dehidrasi, kurang asupan, jadinya mengalami peningkatan suhu tubuh. Kemudian daya tahan tubuh menurun, & disertai infeksi virus yg ada disekitar. Atau gara-gara kurang asupan, cuma mau minum saja untuk bayi yg lebih besar padahal harusnya sudah mendapat nutrisi padat, bayi jadi terserang diare selain karena barangkali bayi terkena infeksi virus tadi.

Baca juga :
Umur Berapa Bayi Bisa Duduk

Jika hal itu terjadi, segera periksakan pada dokter, sebab proses pertumbuhan gigi sebetulnya tidak membahayakan bayi.


Share this: