Berapa Kali Bayi 6 Bulan Makan Dalam 1 Hari

Berapa Kali Bayi 6 Bulan Makan Dalam 1 Hari




Berapa Kali Bayi 6 Bulan Makan Dalam 1 Hari - Sama seperti kita, rupanya pola makan anak bayi & balita juga perlu diperhatikan. Pola makan yg tak sehat tidak hanya berhubungan dengan anak yg susah makan, tetapi juga pada anak yg sering makan. Pola makan yg tak sehat itu berhubungan dengan resiko terkena penyakit kronis, sehingga pola makan yg sehat harus diterapkan sejak dini. Jadi, bagaimana sih saran makan anak yg benar?

Umur 0-6 bulan
Untuk anak dibawah usia 6 bulan, disarankan untuk memberikan ASI (Air Susu Ibu) sesuai keinginan anak, paling sedikit delapan kali sehari, siang dan malam. Anak bayi mempunyai kemampuan untuk mengetahui kapan dirinya lapar ataupun kenyang, sehingga ketika bayi merasa kenyang dia akan menolak untuk meminum ASI. Pemberian makanan ataupun minuman lain selain ASI juga tak dianjurkan, karena ASI adalah makanan terbaik untuk tumbuh kembang si bayi. ASI juga meningkatkan kecerdasan emosional mental anak

Usia 6 sampai 8 bulan
Bagi anak dengan kategori ini, bayi juga diberi ASI sesuai keinginan anak, paling sedikit delapan kali sehari. Bukan hanya itu, bayi sudah boleh diberikan MP ASI (Makanan Pendamping ASI). Berapa Kali Bayi 6 Bulan Makan Dalam 1 Hari jawabanya dua kali sehari, tiap kali dua sendok makan saja. Pemberian MP ASI dijalankan setelah pemberian ASI. MP ASI bisa berupa bubur tim lumat/lembek ditambah dengan bahan makanan yang lain misalnya kuning telur, ikan, ayam, tahu, tempe, daging sapi, bayam, wortel, atau kacang hijau.

Usia 8 sampai 12 bulan
Pemberian ASI di periode umur ini juga sesuai dari keinginan anak. Bukan hanya itu, anak juga sudah bisa diberi bubur dengan lauk & sayur yg masih lunak. Makanan tersebut diberikan tiga kali sehari. Untuk umur 8 bulan, setiap kali makan dikasih kurang lebih delapan sendok makan, untuk selanjutnya sesuai dengan kemampuan anak. Kasihkan juga makanan selingan sebanyak dua kali sehari diantara waktu makan. Makanan selingan bisa berupa biskuit, pisang, nagasari, dan sebagainya.

Usia 12 sampai 24 bulan
Bagi anak dengan kategori umur ini juga disarankan anak masih diberikan ASI sesuai keinginannya. Kasihkan juga nasi yg lembek ditambah lauk & sayuran, sebanyak tiga kali dalam sehari. Anak juga diberi makanan selingan sebanyak dua kali sehari diantara waktu makan.

Usia 2 tahun atau lebih
Anak berusia 2 tahun atau lebih sudah dapat memakan makanan yg biasa dimakan oleh keluarga sebanyak tiga kali sehari yg terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur & buah. Anak juga dikasih makanan selingan sebanyak dua kali dalam sehari.

Nah, sudah tahu kan gimana anjuran makan anak yg benar? Silakan kalian mulai menerapkannya!



Share this: