Hari Menanam Pohon 2017

Hari Menanam Pohon 2017




Hari Menanam Pohon 2017 - Dari tahun 2008, berdasarkan Keputusan Presiden nomor 24, setiap tanggal 28 November akan diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Nasional. Peringatan hari ini diharapkan bisa menyadarkan masyarakat Indonesia agar menjaga kelestarian lingkungan & mencegah penebangan pohon sembarangan.

Hari Menanam Pohon 2017

Sembari menanam pohon, simak beberapa fakta tentang pohon tersebut untuk lebih mengingatkan arti dari pohon bagi kehidupan kita.

Wilayah yg memiliki banyak pepohonan mempunyai jumlah kriminalitas yg lebih rendah.
Pelajar yg belajar di ruang kelas di luar jendelanya dengan pemandangan pepohonan bisa memiliki nilai tes & ujian akhir lebih tinggi.
Dalam radius 31 meter dari pepohonan, polusi suara berkurang sampai 50%.
Setiap 1 kilometer 2 luas sebuah hutan adalah rumah bagi lebih dari 1001 spesies.
Dua pohon yg sudah tumbuh besar cukup buat menyuplai oksigen bagi 1 orang selama 1 tahun.

Dalam satu hari, sebuah pohon besar bisa menyerap sampai 100 galon air & melepaskannya ke udara (dalam bentuk uap air), jadinya bisa mendinginkan area disekitarnya.
Uap air dari pohon tersebut bisa membuat sejuk lingkungan sekitar serupa dengan 10 kamar single dengan penyejuk udara ruangan (AC) yg menyala lebih dari 20 jam perhari.
Setiap tahun, secara mendunia, api membakar kira-kira 866 juta hektar hutan atau 5 x lebih luas dari wilayah Texas, Amerika Serikat.

Hampir 61% kebakaran hutan di dunia dikarenakan oleh manusia.
Luas hutan yg terbakar saat ini sudah bertambah 3 x lipat dari tahun 1985.
Kecepatan api yg membakar hutan adalah 15 mil per jam.
Sekitar 80% hutan di dunia sudah rusak karena kebakaran, penebangan liar, sampai perubahan iklim.

Di Amazon, sudah lebih dari stengah air pada ekosistem tersebut 'dipegang' oleh tumbu-tumbuhan. Tanpa tumbuhan, iklim jadi lebih kering.
Tanpa perbaikan yg tepat, hutan hujan di dunia bakal menghilang total dalam waktu 100 tahun karena perusakan hutan seperti sekarang ini.
Setiap 2 detik, manusia merusak hutan seluas wilayah lapangan sepak bola.

Lebih dari setengah produsi kayu di dunia & 71% kertas dikonsumsi oleh 21% populasi di dunia (AS, Eropa, & Jepang).
Empat dari sepuluh pohon ditebang & dijadikan kertas untuk produk-produk semacam kertas tisu, majalah, pasta gigi & lainnya.
Pohon yg sudah tumbuh setinggi 30 meter, bisa menyerap karbondioksida (CO2) seberat 22,7 kilogram dalam waktu satu tahun, jumlah yg sama yg dihasilkan mobil setelah berjalan sejauh 41.501 km.

Pohon yg sama (yg disebutkan sebelum ini) bisa memproduksi 2,722 kilogram oksigen per tahun, yg cukup untuk menyuplai kebutuhan oksigen untuk 2 orang.
Pohon yg tumbuh besar bisa mengeluarkan air ke udara sebanyak 101 galon.
Pohon yg bisa tumbuh tinggi di dunia yakni Californian Redwoods (Sequoia sempervirens). Jenis pohon itu yg tertinggi tumbuh bisa kalian lihat di Redwood National Park, California, dengan tingginya sekitar 115,7 meter.

Dari catatan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, sekitar 1,2 juta hektar atau 2% dari hutan Indonesia merosot setiap tahunnya.
Dan, data dari Kementerian Kehutanan menyebutkan dari sekitar 131 juta hektar hutan yg tersisa di Indonesia, 43 juta hektar diantaranya sudah habis ditebang.
Desa Piplantri, yang ada di Rajasthan, India, akan menanam 111 pohon jika ada bayi perempuan yg lahir. Inisiatif tersebut untuk mempromosikan kesetaraan gender & bisa memajukan perekonomian desa. Tradisi itu diawali dari tahun 2006 atas usulan pemimpin desa ketika itu, Shyam Sundar Paliwal.

Nah itulah fakta tentang pohon untuk memperingati hari menanam pohon indonesia 2017.



Share this: