Penyebab Telat Haid 3 Bulan Tapi Tidak Hamil

Penyebab Telat Haid 3 Bulan Tapi Tidak Hamil



Terlambat haid apakah ini normal untuk wanita yg belum menikah? Terlambat haid tersebut bisa normal & bisa berarti tidak normal. Beberapa keadaan kesehatan serius bisa terungkap dari intensitas keterlambatan datang bulan.

Sebelumnya, ketahui terlebih dulu penyebab-penyebab yg memungkinkan kalian mengalami keterlambatan haid, tapi tidak sedang hamil berikut dibawah ini:

Penyebab Telat Haid

Stres
Stres mengakibatkan gangguan malfungsi di hypothalamus. Hypothalamus sendiri bertanggung jawab buat memproduksi hormon sepanjang masa menstruasi. Jika proses produksi hormon terhenti, maka telur tidak akan berkembang dan menuju dinding rahim seperti yg normal dilakukan. Alhasil, wanita jadi mendapatkan terlambat haid hingga lebih dari 29 atau 30 hari lamanya.

Polycystic ovary syndrome
Kondisi terhentinya datang bulan ini juga dikenal dengan sebutan Polycystic ovary syndrome. Sebuah keadaan dimana tubuh memproduksi hormon estrogen & androgen secara berlebihan, akibatnya proses ovulasi gagal terjadi.

PCOS itu sendiri ditandai dengan terlambat datang bulan, jerawat hormon di wajah ataupun punggung, kelebihan berat badan, dan minyak berlebihan yg muncul baik pada wajah ataupun rambut.

Pituitary tumors
Kelenjar pituitary besarnya seperti sebiji kacang & berada di dalam otak. Fungsinya ialah untuk memproduksi beberapa jenis hormon. Jika ada tumor yg tumbuh di dalam organ tersebut, maka dia akan menunda datang bulan hingga beberapa waktu lamanya.

Kasus tersebut sangat langka terjadi. Dan diperlukan operasi otak jika memang menyerang wanita.

Hypothyroid
Merupakan keadaan keterlambatan datang bulan yg disebabkan kelenjar thyroid yg tidak memproduksi hormon thyroid dengan cukup. Akibatnya, dia akan mengganggu siklus datang bulan wanita.

Terlalu kurus ataupun olahraga berlebihan
Wanita yg terlalu kurus atau yg melakukan olahraga berlebihan cenderung mempunyai siklus menstruasi yg kacau & terlambat. Hal ini dikarenakan akibat tubuh terlalu lelah & stres, serta hormon yg ada di dalam tubuh tak seimbang.

Efek pil kontrasepsi
Jika kalian mengkonsumsi pil kontrasepsi, secara otomatis memang kehamilan bakal tertunda. Tetapi tidak hanya kehamilan saja, bahkan siklus datang bulan akan tertunda sekitar 3 sampai 6 bulan lamanya setelah selesai mengkonsumsi pil kontrasepsi.

Jika memang kalian mengalami keterlambatan haid yg lebih dari 2-3 bulan padahal enggak hamil, jangan sepelekan hal tersebut. Check keadaan kesehatan kalian pada dokter supaya kalian tahu penyebab mana yg membuat kalian jadi terlambat haid.
    Baca Juga :


Share this: