Makanan Yg Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan Yg Baik Untuk Ibu Hamil




Wanita yg sedang hamil sudah pasti bakal membutuhkan gizi yg lebih banyak, karena saat ini dirinya sudah berbadan dua. Nutrisi penting tidak hanya diperlukan demi kesehatan ibu, terlebih janin yg sedang dikandungnya supaya dalam keadaan tumbuh yg baik. Dengan demikian, makan-makanan yg sehat & terbaik sangat dibutuhkan selama kehamilan ibu dan bayi.

Makan yg sehat juga akan jadi perisai dari penyakit yg umum terjadi pada kehamilan, seperti sembelit, anemia & bahkan wasir. Makanan yg ibu hamil makan merupakan sumber nutrisi utama untuk bayi. Rasa tak nyaman seperti mual bisa juga terhindari bila tubuh cukup memperoleh nutrisi cukup dari makanan yg baik. Nutrisi yg tepat bisa meningkatkan pembangunan & pertumbuhan bayi. Maka dari itu penting bagi ibu hamil agar makan makanan bergizi seimbang.

Makanan yg sehat untuk mendukung kesehatan Ibu & janin dalam kandungan

Jika kalian sedang mencari daftar diet yg ideal, berikut dibawah ini adalah makanan yg harus dikonsumsi oleh wanita demi kehamilan yg sehat:

1 . Telur :
Telur merupakan sumber protein yg baik, serta mengandung mineral penting & vitamin. Protein yg cukup sangat penting buat pertumbuhan sel anak, jadi makan telur bisa memenuhi kebutuhan gizi ini dengan mudah. Bukan hanya itu, telur juga mengandung tinggi kolin, dimana yg sangat penting buat perkembangan otak bayi yg sehat. Kolin bagi ibu hamil berguna untuk mengurangi kemungkinan cacat pada tabung saraf bayi.

2 . Biji-bijian :
Sangat penting untuk mengonsumsi biji-bijian selama kehamilan,  karena makanan tersebut banyak mengandung karbohidrat, serat yg tinggi & kandungan gizi . Oatmeal, roti gandum, quinoa, barley, beras & popcorn merupakan beberapa pilihan populer yg banyak tersedia.

3 . Produk Susu :
Kalsium merupakan mineral yg sangat penting untuk pertumbuhan tulang janin, & sangat diperlukan untuk ibu hamil. Oleh karena mengonsumsi produk susu juga jadi sangat penting,karena tinggi kalium. Susu & produk susu seperti, keju & yogurt juga kaya protein & vitamin D.

4 . Ubi Jalar :
Jangan pernah berpandangan remeh makanan yg dikenal dengan ubi jalar ini. Ubi jalar bisa juga jadi salah satu dari makanan terbaik buat kehamilan, karena mengandung serat, zat besi, potasium, vitamin C, tembaga, B6, & beta karoten. Hanya dengan makan ubi jalar sudah cukup memenuhi kebutuhan zat besi kalian.

5 . kacang-kacangan :
Kacang-kacangan adalah makanan yg diketahui banyak mengandung lemak essensial. Lemak baik bukan hanya dibutuhkan oleh ibu hamil agar pertumbuhan otak bayi. Disarankan untuk makan kacang setiap hari sepanjang kehamilan. Makanan ringan yg renyah ini juga banyak mengandung magnesium, protein & serat. Mengkonsumsi kaya magnesium selama kehamilan bakal mengurangi kemungkinan persalinan prematur. Serat juga bermanfaat untuk mencegah gejala sembelit, dimana yg paling umum terjadi pada kehamilan. Janganlah menambahkan banyak garam pada kacang, & batasi hanya kira-kira satu cangkir saja perhari.

6 . Daging tanpa lemak :
Daging tanpa lemak adalah sumber protein yg sangat baik & berkualitas tinggi yg sangat penting buat perkembangan bayi selama trimester terakhir. Memakan daging sapi juga akan membekaliibu hamil dengan ekstra vitamin B & zat besi.

7 . buah :
Mengkonsumsi berbagai buah-buahan berwarna-warni ketika kehamilan akan memastikan bayi yg sedang tumbuh mendapatkan manfaat penting antioksidan, vitamin & mineral. Buah-buahan juga kaya akan serat, yg dimana juga membantu pencernaan yg lebih baik . Buah-buahan seperti alpukat adalah sumber folat yg sangat baik.

8. Sayuran hijau :
Sayuran juga adalah bagian penting dari makanan yg baik untuk ibu hamil. Sayuran memasok hampir semua nutrisi yg dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Dari seluruh sayuran, brokoli merupakan sayuran penghasil kalsium & Vitamin A, Dan banyak disarankan untuk ibu hamil. Sayuran berdaun hijau misalnya sawi hijau, slada swiss, kale & bayam adalah sumber folat yg sangat baik, dan mineral seperti zat besi, vitamin K, C & A.

9. Sayuran berwarna warni
Sayuran warna-warni misalnya wortel, tomat kubis merah, kentang, bunga kol, lobak juga akan memberikan gizi tersendiri, seperti likopen, betakaroten, serat, vitamin dan lain-lain.

10. Ikan berlemak
Salmon, tuna, makerel kaya akan asam lemak omega 3 dan protein yg tinggi. Lemak esensial omega 3 bakal membantu perkembangan otak & mata bayi yang sehat. Salmon juga bagus buat memenuhi kebutuhan protein untuk ibu hamil. Tapi disarankan agar membatasi asupan salmon ataupun makanan laut lain maksimnal hanya 6 ons perminggu.

Penting bagi ibu hamil makan-makanan seimbang yg kaya vitamin & mineral. Semua makanan yg disebutkan diatas sarat dengan nutrisi yg sangat dibutuhkan oleh  bayi &  ibu, sehingga merupakan bagian integral dari makanan yg baik untuk ibu hamil.



Share this: