Vitamin B1 B6 B12 Terdapat Pada Makanan Apa

Vitamin B1 B6 B12 Terdapat Pada Makanan Apa




Vitamin B beda dengan jenis vitamin lainnya, vitamin B  ada banyak jenisnya jadi disebut dengan Vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks tersebut terdiri dari niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), vitamin (vitamin B1), biotin (vitamin H atau B7),  pyridoxine (vitamin B6), asam pantotenat (vitamin B5), asam folat (vitamin B9) & cobalamins (vitamin B12). Mengingat banyaknya jenis dari vitamin B, kita harus ketahui manfaatnya  secara garis besar saja .Pada dasarnya, semua jenis dari vitamin B  punya manfaat yg baik buat otak & untuk menambah daya ingat.

Manfaat Vitamin B Kompleks

a) Menjaga sistem syaraf
Vitamin B kompleks berperan sangat besar dalam pemecahan lemak & protein yg membantu mempertahankan fungsi system saraf.

Vitamin B5 memperkuat fungsi kelenjar adrenal. Kelenjar ini memberi pengaruh pertumbuhan & perkembangan, membantu mengatur fungsi ginjal, dan membantu mengelola stres.

Vitamin ini juga dibutuhkan untuk memproduksi hormon tertentu, dan zat pengatur saraf.
Seluruh fungsi system saraf, termasuk otak, diatur karena vitamin B1, B6 & B12. Kekurangan vitamin ini mengakibatkan seseorang rentan terhadap stres, kecemasan, & depresi.

Salah satu nutrisi penting buat otak adalah cobalamin atau dikenal juga dengan vitamin B12. Kekurangan vitamin ini tidak hanya menghambat pertumbuhan sel otak, tapi juga membuat volume otak menyusut & mengurangi kemampuannya buat berpikir.

Pada orangtua apalagi, kekurangan vitamin B12 sudah sering dihubungkan dengan risiko penurunan fungsi kognitif & kecerdasan. Tapi dalam penelitian terbaru, kondisi tersebut juga terbukti bisa membuat volum otak mengalami penyusutan dalam arti sebetulnya.

Menurut hasil analisis, partisipan yg memiliki kadar vitamin B12 ataupun sisa metabolisme vitamin B12 yg rendah cenderung lebih cepat pikun. Lewat pemindaian dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI), terlihat volume otaknya juga mengalami penciutan.

Temuan tersebut masih butuh penelitian lebih lanjut. Terlalu cepat untuk mengatakan bahwa suplemen vitamin B12 dapat menjaga fungsi otak & mencegah penyusutan volume nya.

Vitamin B (B1, B3, B5, B6, B12, dan lain-lain) merupakan nutrisi penting untuk fungsi otak yg tepat. Kekurangan vitamin B mengakibatkan kurangnya konsentrasi, gugup & iritasi, perubahan suasana hati intens, sering tak memungkinkan kalian untuk bersantai & tidur. Makanan yg kaya vitamin B ialah : hati, daging, ikan, sereal, produk susu, kacang, buah-buahan, dan lain-lain.

Vitamin antioksidan seperti E & C yg dibutuhkan untuk fungsi otak yg tepat dan juga bisa mempengaruhi konsentrasi & memori. Vitamin C membantu di dalam produksi hormon (seperti adrenalin), yg mempunyai kemampuan untuk membantu tubuh kalian menghadapi stres. Sumber yg baik vitamin ini ialah kismis, buah kiwi,  jeruk, bayam, paprika berwarna-warni, dan lain-lain

Akhirnya, magnesium adalah logam penting yg mengaktifkan aksi vitamin B & meningkatkan suasana hati yg baik. Jadi kalian bisa makan biji wijen, pisang, almond & produk susu yg banyak mengandung magnesium.

Meningkatkan Memori
Manfaat penting vitamin B yang lain ialah meningkatkan memori & konsentrasi.
Vitamin tersebut berperan membangun perisai pelindung disekitar neuron otak.
Homosistein adalah asam amino yg diketahui menjadi racun untuk sel-sel saraf. Vitamin B membantu di dalam memecah homosistein. Vitamin B9, B6, & B12 dikenal sebagai vitamin B utama buat memori.

Makanan Sumber Vitamin B Kompleks

Berikut dibawah ini adalah sumber vitamin B kompleks

Sereal
Asparagus
Seluruh biji-bijian
Dedak
Pisang
Ubi
Peterseli
Pepaya
Jamur
Telur
Stroberi
Yogurt
Produk susu
Susu (sapi/kambing)
Kentang
Kaviar
Kacang hitam
Tempe
Kedelai
Daging domba
Sarden
Cabai
Kacang mete
Tomat
Adas
Bayam
Biji bunga matahari
Bit
Udang
Lentil
Ayam
Alpukat
Hati sapi
Ikan salmon



Share this: