8 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

8 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi




8 makanan penurun tekanan darah tinggi - Kebanyakan orang yang mempunyai penyakit darah tinggi ataupun biasa disebut hipertensi, berujung pada stroke. Pengidap darah tinggi biasanya sering mengadukan sakit kepala & pusing, serta mengalami gangguan di dalam penglihatan.

Penyebab darah tinggi kumat mayoritas dikarenakan oleh makanan yg mengandung banyak garam. Memang kenyatanya masih banyak hal-hal yg dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi naik, misalnya stres berlebihan, alkohol, obesitas,  rokok, ataupun jarang berolahraga.

Tapi, tenang saja! Ada banyak yg cara yg bisa kalian lakukan untuk mengatasi kambuhnya penyakit ini. 

Maka dari itu, mulailah mencegah daripada mengobati. Kalian bisa coba mengkonsumsi makanan-makanan penurun darah tinggi yg bisa mengurangi risiko terjadinya hipertensi.

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Kacang Putih

Selain bisa menurunkan berat badan, kacang putih juga mempunyai berbagai jenis zat yg bisa menggantikan peran garam sehingga bisa menghindarkan kalian dari komplikasi darah tinggi.

Kacang putih ini memiliki kandungan magnesium sebesar 30%, kalsium 13%, & potasium sebanyak 24% yg sangat dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Cokelat

Sangat menyenangkan bukan saat kalian tahu bahwa cokelat bisa juga digunakan buat menurunkan darah tinggi! Hal tersebut karena cokelat adalah sumber antioksidan sehingga bisa memberi pengaruh positif di dalam mengendalikan tekanan darah.

Apalagi jika cokelat yg kalian pilih adalah cokelat hitam murni sebab jenis ini memiliki kandung flavonoid yg tinggi & bisa memberikan rasa tenang.

Susu Skim

Susu tanpa lemak memang amat baik buat tubuh! Dengan kandungan vitamin D & kalsium di dalamnya, susu ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi sampai 3-10%.

Ditambah lagi, dengan meminum susu skim secara teratur boleh memperbaiki sistem kardiovaskular dalam tubuh, yg sangat memiliki peran penting ke dalam sistem peredaran darah.

Pisang

Buah yg manis & lezat untuk dijadikan snack. Bukan hanya itu, pisang mempunyai kalium yg berfungsi untuk membantu mengembalikan kesimbangan komposisi darah. Sakit pada kepala juga sekejap akan hilang berkat zat potasium yang ada di dalamnya.

Bayam

Satu dari beberapa jenis sayuran hijau yang banyak manfaat ini memiliki serat yg tinggi, rendah kalori, & mengandung banyak nutrisi potasium, folat, & magnesium yg lagi-lagi berfungsi untuk menurunkan darah tinggi.
Usahakanalah untuk selalu memakai bayam sebagai penambah makan besar kalian. Atau, campurkan sayur bayam ke dalam salad yg segar untuk menikmatinya dengan sensasi yg berbeda.

Baca Juga :
Obat Untuk Darah Tinggi Di Apotik

Semoga beberapa makanan diatas berdampak untuk kesehatan kalian yah! Kini, tidak perlu khawatir apabila kalian didiagnosa dengan penyakit hipertensi sebab ada banyak cara yg bisa dilakukan supaya tidak terjadi komplikasi darah tinggi.



Share this: