Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering

Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering




Cara mengobati cacar air agar cepat kering - Cacar air adalah infeksi yg dikarenakan oleh virus varicella zoster. Umumnya penyakit ini menyerang anak berusia kurang dari 15 tahun, tapi dapat juga berlangsung untuk anak umur lebih tua apalagi dewasa.

Ciri-ciri utamanya yakni ruam/kemerahan pada kulit yg menyerupai jerawat ataupun sengatan serangga, dan terasa sangat gatal. Ruam ini bisa beralih jadi lepuhan diisi cairan yg lantas dapat pecah dan selanjutnya membentuk keropeng. ruam biasanya pertama kali tampak di muka, dada dan punggung, lantas menyebar ke semua tubuh. Tanda-tanda lainnya berbentuk demam, rasa capek, nyeri kepala dan hilang nafsu makan.

Cara Mengobati Cacar Air

Ramuan
Siapkan 25 gram temulawak, 15 gram asam jawa, 15 gram kencur, dan 600 cc air. bersihkan dan potong kecil-kecil beberapa bahan tadi kemudian rebus hingga air menyusut setengahnya. Setelah itu air rebusan tadi bisa kalian minum 2-3 kali 1 hari.

Mengkudu
Ambil 1 buah mengkudu yg sudah masak umumnya berwarna kekuningan. Kemudian kalian bikin jus dan minum dengan teratur setiap hari.

Lada
Walaupun lada terasa panas & pedas sewaktu dimakan namun tidak perih ketika di oleskan pada luka. Cara pengobatannya, bersihkan luka dengan menggunakan air bersih yg dicampur anti gatal, kemudian taburi lada bubuk itu.

Kacang hijau
Rendam kacang hijau ke dalam air hingga mengembang, tiriskan kemudian tumbuk. Usapkan pada wajah & sisi tubuh yg terkena cacar air agar mempercepat pemulihan kulit. Diamkan sementara waktu lalu basuhi air.

Jagung muda
Dari semua cara, parutan dari jagung muda dikenal sangat ampuh & cepat mencegah cacar membekas. Pilih jagung yg masih muda, kemudian parut. Oleskan parutan jagung muda ke bagian wajah dan tubuh yg terkena cacar secara merata seperti menggunakan bedak dingin. Diamkan beberapa saat hingga parutan agak kering kemudian bersihkan.

Madu
Madu bisa menyingkirkan bekas luka cacar. Selain mempunyai kandungan antibakteri alami, juga nutrisi yg baik untuk kesehatan kulit. Dengan memoleskan madu ke bekas luka bisa membuatnya cepat sembuh.

Tips Mengenai Cacar Air

  1. Mandi dengan menggunakan air hangat. 
  2. Sehabis mandi pakailah handuk kering & dijemur lagi. 
  3. Taburkan bedak anti gatal pada bagian kulit yg terkena cacar. 
  4. Ganti pakaian beberapa kali. (jangan gunakan pakaian yg sama dalam 24 jam) 
  5. Jangan menggaruk bagian yg terkena cacar. 
  6. Jangan keluar rumah. 
  7. Jangan cari angin 
  8. Pakai selimut yg tidak tipis ketika tidur. 
  9. Jangan mengonsumsi makanan beku atau dingin 
  10. Pilih makanan tertentu 
  11. Potong kuku tangan & kaki. 
  12. Jangan dekat-dekat dengan pengidap cacar air.

Gejala-gejala Cacar Air

1. Timbulnya ruam-ruam pada kulit
Cacar air ditandai dengan adanya bintik-bintik merah berbentuk gelembung di isi gelembung cairan bening yg nampak sesudah 24 jam terinfeksi oleh virus herpes varicella-zoster. Bintik-bintik merah yg tampak di kulit pengidap disebut dengan ruam. Ruam tersebut biasanya menyebabkan rasa gatal. Bekas ruam yg diakibatkan itu biasanya bisa hilang, tapi ruam yg terkena infeksi dan mengakibatkan kerusakan susunan kulit biasanya membekas pada kulit. Ruam yg terinfeksi bisa bernanah. Kemudian bisa timbul lepuh kemerahan pada punggung dan kepala, yg mudah pecah. Pecahnya ruam, memunculkan cairan dan terbentuklah keropeng. Ruam menyebar menuju ke muka dan jarang ke kaki atau tangan. Lepuh bisa berlanjut 3-4 hari.
2. Terkadang ditemukan ulkus ( luka ) di membran mukosa mulut, alat vital dan mata. Gatalnya ruam mengakibatkan pengidap menggaruknya yg mengakibatkan infeksi, keropeng dan menyebabkan infeksi baru.
3.Demam, kepala terasa agak sakit dan tidak enak badan
4.Suhu badan melonjak
5.Nafsu makan menipis
6.Dalam situasi kronis, ruam-ruam bisa tampak di muka dan bagian gerak, tangan, lengan, kaki & sebagainya.

Baca Juga :
Cara Menghilangkan Bintik Merah Pada Bayi Karena ASI

Sekian cara menyembuhkan cacar air yang cepat. Semoga lekas sembuh.



Share this: